Rabu, 27 Agustus 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan         : SD N .................................
Kelas/ Semester               : V/1 (Satu)
Tema                                  : 1 Benda-benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema                         : 1.1 Wujud Benda dan Cirinya
Alokasi Waktu                  : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)
Pertemuan                       : 1 (pertama)
Waktu Pelaksanaan       : …………

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
1.1         Meresapi makna anugrah Tuhan yang Masa Esa berupa bahasa indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul, daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.1   Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.1Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1   Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan buku tentang tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
3.1.1Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia.
4.1.1 Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia

MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1   Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianut.
1.2   Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis, dan kreatif.
3.2  Memahami berbagai bentuk pecahan pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal serta melakukan perkalian dan pembagian.
4. 1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

Indikator
3.2.1    Menyelesaikan soal latihan pecahan  biasa , campuran, desimal
4.1.1    Mengenal bentuk pecahan biasa
4.1.2     Mengenal bentuk pecahan campuran
4.1.3     Mengenal bentuk pecahan desimal

IPS
Kompetensi Dasar
1.2   Menerima karunia Tuhan YME yang telah mencioptakan manusia dan lingkungan.
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
3.1Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.

 4.1Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia.
Indikator
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1.1 Menyusun laporan secara tertulisndalam bentukntabel hasil identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.

C.   Tujuan Pembelajaran.
1.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan cermat.
2.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat  membuat pertanyaan tentang perubahan alam berdasarkan teks dengan teliti.
3.    Dengan bimbingan guru, siswa mampu menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia dengan teliti.
4.    Setelah diskusi, siswa dapat  mengubah bentuk pecahan campuran dengan menjadi benuk pecahan biasa dengan percaya diri.
5.    Setelah diskusi, siswa dapat  mengubah  pecahan biasa menjadi bentuk pecahan desimal dengan cermat.
6.    Dengan membaca buku, siswa dapat  membedakan bentuk pecahan biasa, campuran, desimal dan persen dengan teliti.
7.    Dengan latihan, siswa dapat  menyelesaikan soal latihan pecahan biasa dengan teliti.
8.    Dengan latihan, siswa dapat  mengerjakan soal latihan pecahan campuran dengan teliti.
9.    Dengan diskusi, siswa dapat  menyelesaikan soal latihan pecahan desimal dengan cermat.
10. Dengan tanya jawab, siswa dapat  mengidentifikasi aktivitas kehidupan manusia dalam lingkup sosial dengan percaya diri.
11. Dengan diskusi, siswa dapat  memberi contoh perubahan kehidupan dalam lingkup sosial dengan cermat.
12. Setelah diskusi, siswa dapat  melaporkan secara lisan hasil pengamatan tentang aktivitaskehidupan manusia penuh percaya diri.

D.   Materi Pembelajaran
1.    Perubahan wujud benda.
2.    Pecahan biasa, campuran, persen dan desimal.
3.    Kosakata baku dan tidak baku.

E.   Metode Pembelajaran
1.    Metode           :  ceramah,diskusi, tanya jawab,penugasan,
2.    Pendekatan : saintifik

F.    Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                         : Gambar orang membuang sampah di sungai,
2.    Alat                 :  LCD, teks lagu “Desaku”
3.    Sumber belajar         : Buku  guru dan Siswa Kelas V Tema I,


G.   Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam.
2.    Salah satu siswa memimpin temen-temannya berdoa.
3.    Siswa menyanyikan lagu “Desaku” bersama-sama.
4.    Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
5.    Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi pelajaran.
6.    Guru menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik dengan mengikuti pembelajaran.
7.    Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan pada pembelajaran,  yaitu dengan berdiskusi, tanya jawab, kerja individu maupun kelompok.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.    Siswa mengamati gambar yang menunjukkan perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan. (mengamati)
2.    Siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang gambar tersebut.(mengamati, menalar)
3.    Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa sesuai hasil pengamatan.(mengkomunikasikan)
4.    Guru melakukan penilaian menggunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui ketercapaian siswa.
5.    Siswa melakukan pengamatan dan mengidentifikasi perubahan-perubahan yang terjadi di alam akibat ulah manusia yang memiliki dampak bagi kehidupan manusia.(mengamati)
6.    Siswa menyajikan hasil pengamatan dan identifikasinya ke dalam tabel.(mengamati dan menalar)
7.    Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa melalui kegiatan diskusi kelas. [menalar, mengkomunikasikan)
8.    Siswa membaca teks “Aneh kenapa bisa begitu” secara bergantian (mengamati dan mencoba)
9.    Selesai membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata baku dan tidak baku yang terdapat pada bacaan. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan]
10. Siswa menuliskan informasi-informasi yang terdapat pada bacaan dan contoh-contoh yang berkaitan dengan perubahan wujud benda. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan]
11. Siswa membentuk kelompok beranggotakan 4-5 orang dan berdiskusi untuk mengidentifikasi  perubahan alam di lingkungan tempat tinggalnya. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan]
12. Guru melakukanpenilaian yang berkaitan dengan hal-hal berikut ini.
13. Melalui ilustrasi pembagian roti dan  jeruk, guru menjelaskan konsep pecahan biasa dan campuran. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan. [mengamati, menanya, menalar, mengkomunikasikan]
14. Siswa berlatih menyelesaikan soal latihan untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran, dan sebaliknya. [mengamati, mencoba, menalar]
15. Siswa bersama teman sebangku membahas hasil latihan. Guru melakukan konfirmasi. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan]
16. Siswa bersama teman sebangku membahas hasil latihan. Guru melakukan konfirmasi. [mengamati, menanya, menalar, mengkomunikasikan]
17. Siswa dengan bimbingan guru memahami bentuk pecahan biasa yang diubah menjadi bentuk desimal. Siswa diberi kesempatan melakukan tanya jawab kemudian mengerjakan latihan. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan]
18. Siswa bersama teman sebangku membahas hasil latihan. Guru melakukan konfirmasi. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan].
190 Menit
Penutup
1.    Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang perubahan alam, perubahan wujud benda, pecahan biasa, campuran, desimal dan persen.
2.    Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.    Guru memberikan tes secara lisan dan tertulis.
4.    Hasil kerja siswa dikumpulkan sebagai bahan portofolio.
5.    Guru memberi arahan tentang kegiatan berikutnya dan memberikan tugas untuk pengayaan.
6.    Salah satu siswa memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran
10 Menit


H.   Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap: Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b.    Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
2.    Bentuk Instrumen Penilaian

           Penilaian Sikap

                Mengetahui
                Kepala Sekolah




               ............................................
               NIP.
.              ................... ,                        2014
               Guru kelas V




             ...........................................
                NIP.




         a.instrumen penilaian sikap


     Belum tampak nilai=1, tampak nilai=2,  menonjol nilai= 3




Format penilaian sikap
No
Nama
Skor aspek
Nilai
Rasa ingin tahu
Percaya diri
Peduli lingk. Dan budaya

























Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal


a.    Format Penilaian Unjuk kerja (menulis berdasarkan gb)

No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Isi
Bahasa
Sikap
Ketrampilan

























Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (menyelesaikan soal pecahan)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Melak.seluruh prosedur
Jawaban lengkap
Jawaban sesuai
Sikap
























Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (laporan)

No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Bahasa
Sikap
Ketr.penulisan





















Nilai akhir =jumlah skor penilaian   X 100%
                                16
                  = ……………..





Daftar nilai

No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai Akhir (NA)
Sikap
Mengamati gambar
Soal pecahan
Laporan
1
Amir






2







3







4







5













DOWNLOAD RPP:
DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar