Selasa, 18 November 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 3




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan               : SD........................................
Kelas/Semester                    : V/ 1
Tema                                      : 1      Benda-benda di lingkungan sekitar
Subtema                                : 1.3   Manusia dan lingkungan
Alokasi Waktu                       : 1 hari (6 x 35 menit)
Pertemuan ke                       : 3 (tiga)
Waktu Pelaksanaan             :  …………


A.        KOMPETENSI INTI (KI)

1.          Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR

1.1. Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4. Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator
3.4.1.   Mendeskripsikan kehidupan bernegara yang terdapat pada syair
4.4.1.   Menulis syair tentang kehidupan bernegara

PPKn
KOMPETENSI DASAR

1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional.

Indikator
3.6.1 Mengenal barang-barang kebutuhan dalam hidup bertetangga dan asal daerahnya
4.6.1 Membuat tabel barang-barang dari daerah lain yang terdapat di daerahnya.
4.6.2 Mengidentifikasi cara-cara memenuhi keperluan hidup bertetangga.


MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR

1.1 Menerima ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.

Indikator

3.2.1 Mengenal sebuah pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian dua buah pecahan
4.1.1 Menuliskan sebuah pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian dua buah pecahan  yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.
C.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.          Dengan menceritakan isi pantun, siswa dapat mengetahui makna sebuah syair secara logis dan tepat.
2.          Dengan menceritakan, siswa dapat mengetahui cara memenuhi keperluan hidup secara percaya diri.
3.          Dengan menceritakan, siswa dapat mendeskripsikan kehidupan bernegara yang terdapat pada syair secara logis dan tepat.
4.          Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat mengetahui cara menulis syair.
5.          Dengan mengamati, siswa dapat mengetahui cara menyelesaikan operasi bilangan pecahan secara mandiri, cermat, dan teliti.
6.          Dengan mengamati, siswa dapat memahami arti bilangan pecahan.
D.      MATERI PEMBELAJARAN
E.        
Bahasa Indonesia                : Menulis syair  dan mendiskripsikan tentang kehidupan bernegara
PPKn                                     : Mengenal dan membuat tabel barang-barang kebutuhan dalam hidup bertetangga dan asal daerahnya
Matematika                          : Mengenal dan menulis sebuah pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian dua buah pecahan.
                                           
F.       METODE PEMBELAJARAN
                        Pendekatan                           : Saintifik
                        Metode                  : Diskusi, ceramah, tanya jawab,demonstrasi dan eksperimen


G.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.                                                                                        Media/Alat dan bahan : Buku, teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan
 bernegara, Konsep pantun dan syair, Konsep bilangan pecahan.
2.    Sumber Belajar                     :  Buku guru kelas 5 tema 1
   Buku guru kelas 5 tema 1

G Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.           Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.          Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.          Menyapa siswa dengan menanyakan kabar mereka
4.          Melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melakukan kegiatan inti antara lain ,menanyakan materi yang lalu.
5.          Memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilakukan
6.          Menyampaikan manfaat pembelajaran
7.          Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan
8.           Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai
9.          Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan siswa baik secara individu maupun kelompok.


10 menit

Inti










  1. Diawal pembelajaran siswa diminta untuk membaca teks bacaan di buku siswa.(mengamati)
  2. Siswa diminta untuk menyimak penjelasan guru. .(mengamati)
  3. Siswa diminta untuk mengisi jawaban pada buku siswa tentang cara menulis syair.(mencoba)
  4. Guru menjelaskan tentang kebutuhan-kebutuhan hidup yang harus dipenuhi.
  5. Guru menjelaskan tentang barang-barang yang berasal dari daerah lain.
  6. Siswa dimijnta untuk menyebutkan beberapa contoh barang yang berasal dari daerah lain. (mencoba)
  7. Siswa diminta untuk mengidentifikasi barang tersebut seperti asal daerah dan bagaimana cara mendapatkannya .(mencoba,menalar)
  8. Siswa diminta untuk mengidentifikasi barang tersebut seperti asal daerrah dan bagaiman cara mendapatkannya. (mencoba)
  9. Siswa diminta untuk mengisi tabel pada buku siswa. (mencoba)
  10. Siswa diminta untuk menggali informasi dengan bertanya kepada orangtua atau guru. (mencoba)


  1. Siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan.
  2. Selesai mengisi tabel mengenai daftar kebutuhan dan cara memenuhinya, siswa diminta mengisi tabel tentang barang-barang kebutuhan yang berasal dari daerah lain. (mencoba)
  3. Keempat siswa tersebut diminta membacakan syair yang ada di teks siswa. (mencoba,mengkonfirmasikan)
  4. Siswa tersebut diminta membacakan syair dengan benar.
  5. Siswa diminta untuk mendeskripsikan keempat syair yang telah dibaca ke dalam kalimat 2 paragraf.
  6. Ketelitian dan kecermatan siswa dalam mencari informasi dari bacaan.
  7. Sikap mandiri dalam mengerjakan tugas.
  8. Siswa diminta untuk mengamati diagram pada teks bacaan di buku siswa secara mandiri.
  9. Guru menjelaskan tentang konsep bilangan pecahan desimal.
  10. Guru menjelaskan arti bilangan pecahan desimal.
  11. Guru menjelaskan bahwa suatu pecahan decimal dapat dinyatakan sebagai perkalian atau pembagian dua pecahan lain.
  12. Siswa diminta untuk melengkapi diagram dengan benar.
  13. Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan dengan benar.
  14. Guru menjelaskan kembali tentang syair.
  15. Siswa dimimnta mendeskripsikan syair yang telah dibaca.
  16. Siswa diminta mempresentasikan syair yang telah dijabarkan maknanya.
  17. Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas.
  18. Siswa diminta mempresentasikan secara mandiri dan percaya diri.

150 menit
Penutup
1.      Melakukan refleksi atau membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar hari ini dengan melibatkan peserta didik.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Melakukan tindak lanjut, menginformasikan pembelajaran berikutnya dan PR
5.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing ( untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
·       Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·       Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit

H.      Penilaian

1.       Teknik Penilaian                :
a.        Penilaian Sikap                              
b.       Penilaian Pengetahuan
c.        Penilaian Ketrampilan  

2.       Bentuk Instrumen Penilaian


Mengetahui
Kepala Sekolah



...................................................
NIP. ...................................
....................... , ............................2014
Guru Kelas V



...................................................
NIP. ...................................
 
Lampiran
Rubrik Penilaian
a. Rubrik Presentasi  

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1

Tata Bahasa
Pantun disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku

Terdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat tiga atau empat kesalahan da-lam tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
Terdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Sikap

Seluruh
anggota terlihat
bersungguhsungguh
dalammempersiapkan
presentasi siswa

Beberapa
anggota ter lihat bersung- guh-sungguh
dalam
mempersiapkan presentasi siswa
Siswa terlihat
bermainmain
namun
masih mau
memperlihatkan kerja keras mereka
sekalipun dalampenga wasan guru
Siswa terus
bermain-main
sekalipun sudah
berulang kali
diperingatkan
oleh guru.

Isi Pantun
Sampiran dan isi
pantun sesuai
Sebagian
sampiran dan isi
pantun sesuai
Sampiran dan
isi pantun agak
sesuai
Sampiran dan isis pantun tidak sesuai
Pantun
mengandung
pesan dan sangat
mudah dipahami
Pantun
mengandung
pesan dan mudah
dipahami

Pantun mengandung pesan tetapi sulit dipahami maknanya
Pantun tidak mengandung pesan
Keterampilan Berbicara
Pengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti

Pengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti

Pengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengar
Pengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

Skor maksimal :4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal

a.       Format Penilaian Unjuk kerja (presentasi)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Tata bahasa
Sikap
Isi pantun

Ketr.berbicara























b. Rubrik Essay  
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Butuh Bimbingan
4
3
2
1













Pengetahuan
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi dalam
semua jawaban
essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essay


Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essay
Siswa menunjukkan
pemahaman materi
hanya jawaban
essay

Siswa mampu
memberikan
alasan yang
tepat pada
semua jawaban
Siswa mampu
memberikan
alasan yang tepat
hampir disemua
jawaban
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawaban
Siswa mampu
memberikan alasan
pada beberapa
jawaban namun
kurang tepat
Kemandirian
dan Manajemen
Waktu
(attitude)

Sangat mandiri
mengerjakan
tugas bahkan
selesai sebelum
waktunya.
Mandiri
mengerjakan
tugas l dan
selesai tepat
waktu

Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas

Tidak
menyelesaikan
tugas tepat pada
waktunya

Keterampilan

Siswa mampu
memberikan
contoh - contoh
yang relevan
pada semua
jawaban.


Siswa mampu
memberikan
contoh - contoh
yang relevan
pada hampir
semua jawaban

Siswa mampu
memberikan
contoh - contoh
yang relevan
pada beberapa
jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan



Skor maksimal :4

                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal

b.Format Penilaian Unjuk kerja (essay)

No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Kemandirian
Ketrampilan




















c. Rubrik Pantun/Syair

Aspek
Baik  Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1

Pengetahhuan
Pantun disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat satu atau
dua kesalahan
dalam tata bahasa
Indonesia yang baik
dan baku

Terdapat tiga atau
empat kesalahan
dalam tata bahasa
Indonesia yang baik
dan baku
Terdapat lebih dari
empat kesalahan
dalam tata bahasa
Indonesia yang baik
dan baku
Sikap

Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
Beberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
Siswa terlihat
bermain-main
namun masih mau
memperlihatkankerja keras mereka
sekalipun dalam
pengawasan guru
Siswa terus bermainmain
sekalipun
sudah berulang kali
diperingatkan oleh
guru.


Isi Pantun / syair

Sampiran dan isi pantun sesuai

Sebagian sam piran dan isi pantun sesuai
Sampiran dan isi pantun agak sesuai

Sampiran dan isi pantun tidak sesuai

Pantun mengandung
pesan dan sangat
mudah dipahami

Pantun mengandung
pesan dan mudah
dipahami
Pantun mengandung
pesan tetapi sulit
dipahami maknanya
Pantun tidak
mengandung pesan
Keterampilan
Berbicara
Pengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti

Pengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
Pengucapan dialog
tidak begitu jelas tapi
masih bisa ditangkap
maksudnya oleh
pendengar
Pengucapan dialog
secara keseluruhan
betul-betul tidak
jelas, menggumam
dan tidak dapat
dimengerti

Skor maksimal :4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal


c.Format Penilaian Unjuk kerja (pantun/syair)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
Isi

Ketr. menyajikan


























Nilai akhir = Jumlah skor perolehan X 100%
                                                                   12
                                            =……….


Daftar Nilai

No
Nama Siswa
Skor Penilaian
Jumlah Skor
Nilai Akhir (NA)
Jumlah Skor A
Jumlah Skor B
Jumlaj Skor C
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15








Refleksi:
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


REMEDIAL
 Latihan 1
Apakah yang dimaksud dengan syair?
Latihan 2
Sebutkan bagian-bagian syair!
Latihan 3
Apa perbedaan syair dan pantun?
Latihan 4
Dari manakah asal telur asin?
Latihan 5
Apa persamaan pantun dan syair?


PENGAYAAN

Latihan 1
Sebutkan barang-barang yang berasal dari daerahmu!
Latihan 2
Sebutkan barang-barang yang bukan berasal dari daerahmu!
Latihan 3
Mengapa terjadi pertukaran barang antar daerah?
Latihan 4
Apa keuntungan melakukan pertukaran barang dengan daerah lain?
Latihan 5


DOWNLOAD: DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar