Rabu, 27 Agustus 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN ...............................
Kelas/ Semester       : V/1 (Satu)
Tema                          : 1    Benda-benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema                  :1.1  Wujud Benda dan Cirinya
Alokasi Waktu          : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)
Pertemuan ke           : 3 (tiga)
Waktu Pelaksanaan            : …………

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
BAHASA INDONESIA
KompetensiDasar

1.1  Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
   2.4. Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggaliinformasidariteks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,kesehatan manusia,keseimbangan ekosisem serta alam dan pengaruh kegiatan.
4.1 Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan buku tentang tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata.
4.2  
Indikator
3.1.1 Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatanmanusia
4.2.1 Mengidentifikasi dari bacaan pengaruh penggunaan bahan kimia padalingkungkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan.

MATEMATIKA
KompetensiDasar

1.1   Menerima ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalm mengerjakan tugas
3.1   Memahami berbagai bentuk pecahan pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal serta melakukan perkalian dan pembagian.
4. 1   Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

Indikator
3.2.1 Mengenal arti perkalian pecahan
4.1.1 Melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan

PPKn
KompetensiDasar

1 .1 Me n g h a r g a i s ema n g a t kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat .
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.6  Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
4.6     Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antardaerah untu menumbuhkan keutuhan nasional
Indikator

3.6.1  Mengidentifikasi keperluan hidup anggota keluarga di rumah
4.6.1 Mendaftar asal daerah dari barang-barang yang digunakannya sehari-hari di rumah

C.   Tujuan Pembelajaran.
1.    Dengan eksplorasi, siswa mengidentifikasi kebutuhan anggota keluarga dan membuat daftar  asal barang dengan cermat dan teliti.
2.    Dengan diskusi, siswa membuat daftar barang kebutuhan yang berasal dari daerah lain secara demokratis dan komunikatif.
3.    Dengan studi pustaka, siswa menemukan informasi berkaitan dengan dan perubahan-perubahan alam yang disebabkan perilaku manusia.
4.    Dengan membaca, siswa menemukan contoh perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia.
5.    Dengan berlatih, siswa melakukan perkalian dalam bentuk pecahan.
D.   Materi Pembelajaran
1.    Pengaruh kegiatan manusia
2.    Pecahan biasa, campuran, persen dan desimal.
3.    Keperluan hidup anggota keluarga di rumah

E.   Metode Pembelajaran
1.    Metode           :  ceramah,diskusi, tanya jawab,demonstrasi,penugasan
2.    Pendekatan : saintifik
F.    Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
-           Gambar barang-barang yang digunakan sehari-hari dirumah, teks, kertas berpetak, kertas hvs.


2.    Sumber belajar         :
-          Buku Siswa Kelas V Tema I,hal :26 - 33.
-          Buku Guru Kelas V Tema I,

G.   Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.    Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa.
2.    Siswa menyanyikan lagu “bangun tidur kuterus mandi bersama-sama.
3.    Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.      siswa diminta membaca teks yang berjudul Lahar suburtekuras, kembalikan dengan pupuk organik.”(mengamati)
2.      Secara demintsrasi dan iteraktif, guru memberikan penjelasan mengenai perklaina pecahan dengan menggunakan kertas berpetak.
3.      Guru memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk bertanya dan membrikan tanggapan terhadap penjelasan guru. (menanya)
4.    Guru menunjukan beberapa siswa untuk mencoba mensimulasikan perkalian pecahan dengan menggunakan kertas berpetak (mengamati)
5.     Siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan secara mandiri. (mencoba)
6.    Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
7.    Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
8.    siswa diminta untuk mengamati dan mengidentifikasi tentang kebersihan air yang ada di rumah dan di lingkungan sekitar rumahnya (mengamati)
9.    Selesai melakukan pengamatan, siswa diminta untukmenuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia pada buku siswa.Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas denga orang tuanya. (mengamati)

190 Menit
Penutup
1.    Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang perubahan alam, perkalian  pecahan biasa.
2.    Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan bljar hari ini.
3.    Pemberian tugas rumah yang terdapat pada buku siswa
4.    Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
10 Menit

H.   Penilaian
1.     Teknik Penilaian
a.Penilaian Sikap                      : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b.Penilaian Pengetahuan       : Tes tertulis
c.Penilaian Keterampilan        : Unjuk kerja


2.     Bentuk Instrumen Penilaian

a.    Penilaian ketrampilan

Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal


a.    Format Penilaian Unjuk kerja (laporan tertulis)

No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Bahasa
Sikap
ketrampilan























• Rubrik Perkalian Pecahan
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan konsep perkalian pecahan
• Keterampilan mengguanakan konsep perkalian pecahan untuk mengerjakan soal
• Percaya diri, mandiri, dan rasa ingin tahu terhadap perkalian pecahan

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Melakukan seluruh prosedur
Seluruh lang­kah pengerjaan dilakukan
Sebagian besar langkah penger­jaan dilakukan
Sebagian kecil langkah pengerjaan dilakukan
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
Seluruh butir pertanyaan diisi
Sebagian besar pertanyaan diisi
Sebagian kecil pertanyaan diisi
Sama sekali tidak diisi
Isi jawaban sesuai pertanyaan
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
Sebagian besar jawaban benar sesuai pertan­yaan
Sebagian Kecil jawaban benar sesuai pertan­yaan
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan
Sikap
Percaya diri, mandiri, rasa ingin tahu
Percaya diri, se­sekali meminta bantuan guru, rasa ingin tahu
Tidak percaya diri, mengan­dalkan bimb­ingan guru
Menyontek

Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

b.    Format Penilaian Unjuk kerja (perkalian pecahan)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Sesuai prosedur
Jawaban lengkap
Isi sesuai
sikap
























Rubrik mencari tahu
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan cara membuat kesimpulan
Keterampilan membuat kesimpulan dengan benar, sistematis, dan jelas
Kecermatan dan ketelitian dalam membuat kesimpulan

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengetahuan:
Kesimpulan yang ditulis merep­resentasikan isi, menunjukkan pengetahuan penulis yang menyeluruh atas materi
Keseluruhan kes­impulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan in­formasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarik.
Keseluruhan kes­impulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca
Sebagian be­sar kesimpulan dibuat dengan baik dan dapat memberikan informasi sing­kat yang berguna bagi pembaca
Hanya sebagian kecil kesimpulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberi­kan informasi singkat yang ber­guna bagi pem­baca
Penggunaan Bahasa Indone­sia yang baik dan benar :
Bahasa Indone­sia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan kesimpulan
Bahasa Indone­sia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penu­lisan
Bahasa Indone­sia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluru­han penulisan
Bahasa Indone­sia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan
Bahasa Indone­sia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan
SIkap:
Kesimpulan dibuat dengan cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan ma­teri yang ditugas­kan
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki
Keterampilan Penulisan:
Ringkasan dibuat dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan ket­erampilan penu­lisan yang baik
Keseluruhan hasil penulisan ringkasan yang sistematis dan benar menunjuk­kan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas
Keseluruhan hasil penulisan ringkasan yang sistematis dan benar menunjuk­kan keterampilan penulisan yang baik
Sebagian besar hasil penulisan ringkasan yang sistematis dan benar menunjuk­kan keterampilan penulisan yang terus berkembang
Hanya seba­gian kecil ha­sil penulisan ringkasan yang sistematis dan benar menunjuk­kan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan


Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

c.    Format Penilaian Unjuk kerja (mencari tahu)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Bahasa
Sikap
Ketrampilan























Nilai akhir =jumlah skor penilaian   X 100%
                              41
                  = ……………..
   
Daftar nilai
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai Akhir (NA)
Laporan
Pecahan
Cari tahu


1
Amir





2






3






4






5







Lampiran

Setelah membaca teks bacaan berjudul “Kesuburan Lahan terkuras, kembalikan dengan pupuk Organik “. Jawablah pertanyaan berikut.
1.    Apa saja aktivitas manusia yang yang dapat mempengaruhi alam.
2.    Apakah arti kata eksploitasi.
3.    Bagaimana jika penggunaan pupuk kimia secara berlebihan ?jelaskan.


Jawablah pertanyaan dibawah ini.
1.         Apa yang akan terjadi jika kebutuhan masing masing anggota keluargamu ada yang tidak terpenuhi ?
2.         Bagaimana sikapmu jika ada kebutuhan mu yang belum terpenuhi oleh orang tuamu ?
3.         Menurutmu,apakah kasih sayang sesama anggota keluarga juga termasukkebutuhan?jelaskan.
Hitunglah hasil perkalian berikut .
1.         2/4 x 4/5 = ….
2.         3/4 x 6/8 = ….
3.         3/5 x 5/7 = ….
4.         2⅓  x 1 = ….
5.         3 x 2= ….
6.         2x 1 = ….
7.         3,02 x 0,3= ….
8.         1,12 x 0,4= ….
9.         2,20 x 1,3= ….
10.      3,o3 x  1,5= ….

C . Penilaian Keterampilan
1.    Amatilah lingkungan tempat tinggalmu ,kemudian amati pula perilaku para penduduknya .
Buatlah laporan sederhana tentang perilaku manusia terhadap perubahan alam.
2.    Bagaimanakah cara mencegah terjadinya kerusakan lingkungan ?     

KUNCI  JAWABAN

Bahasa Indonesia
1.    Penggundulan hutan,pembukaan lahan perkebunan,pembangunan
2.    perumahan,betonisasi dll.
3.    Eksploitasi adalah pengambilan dan pemanfaatan alam oleh manusia
4.    Tanah menjadi tandus,keasaman tanah berkurang,tanah menjadi jenuh.

PPKn
1.    Akan terjadi kekacauan dalam keluarga,dan ketidaktentraman,saling curiga dan saling mencari kesalahan antar anggota keluarga.
2.    Tidak merengek,menunggu dengan sabar sampai orang tua memenuhi.
3.    Kasih sayang juga termasuk kebutuhan yakni kebutuhan spiritual yang semestinya terjalin secara terus menerus sesama anggota keluarga.


Matematika                
1.    2/5
2.    9/16
3.    3/7
4.    2 4/5
5.    8 4/5


6.    3 16/25
7.    9,06
8.    0,448
9.    2,86
10. 4,545






DOWNLOAD RPP:
DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar