Selasa, 18 November 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
( RPP )
Satuan Pendidikan: SD   ..................
Kelas/ Semester: 5 / 1 (Satu)
Tema/ Subtema /PB: 1. Benda-benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema: 1.2. Perubahan Wujud Benda
Alokasi Waktu: 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)
Pertemuan ke: 3 (tiga)
Waktu Pelaksanaan:  ……….


KOMPETENSI INTI (KI)

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PKn

KOMPETENSI DASAR

1.1. Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku     bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.6. Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup 
4.6. Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk      menumbuhkan keutuhan nasional

Indikator
3.6.1. Mengenal kebutuhan hidup bermasyarakat
4.6.1. Membuat tabel barang-barang dari daerahnya yang dikirim ke daerah lain.
  
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR

1.1. Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4. Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana          alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,   kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator
3.1.1 Mengenal salah satu contoh perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan (kerusakan terumbu karang).
4.1.1 Menuliskan informasi dan data dari bacaan tentang perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia.

MATEMATIKA
KOMPETENS DASAR

1.1 Menerima ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,      disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.2.   Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1. Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

Indikator
3.2.1 Mengenal operasi pembagian berbagai bentuk pecahan
4.1.1     Melakukan operasi pembagian berbagai bentuk pecahan

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan mengamati beberapa gambar siswa dapat mengindentifikasi kebutuhan masyarakat secara cermat dan teliti.
2.    Dengan menggali informasi siswa dapat menjabarkan asper, contoh, dan cara memenuhi kebutuhan manusia secara logis dan tepat.
3.    Dengan berdiskusi siswa dapat mengumpulkan data tentang, nama barang, wujud barang dan daerah tujuan dengan demokratis dan komunikatif.
4.    Dengan menggali informasi dari bacaan siswa dapat menemukan informasi dan data mengenai aktivitas manusia yang mempengaruhi alam secara logis, tepat, dan sistematis.
5.    Dengan melakukan soal – soal latihan, siswa mampu melakukan pembagian dalam pecahan secara mandiri, cermat, dan teliti.

C.   MATERI PEMBELAJARAN
PKn                : Mengenal kebutuhan hidup bermasyarakat
Membuat tabel barang-barang dari daerahnya yang dikirim ke  daerah  lain      
Bahasa Indonesia  :   Mengenal salah satu contoh perubahan alam yang terjadi karena
    kegiatan manusia    melalui bacaan (kerusakan terumbu karang).
 Menuliskan informasi dan data dari bacaan tentang perubahan alam             yang terjadi karena kegiatan manusia.
Matematika          : Mengenal dan melakukan operasi pembagian berbagai bentuk     pecahan


D.   METODE PEMBELAJARAN
                Pendekatan              : Saintifik
                Metode                       : Diskusi, ceramah, tanya jawab,demonstrasi dan eksperimen

E.   MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.                                                                                                Media/Alat dan bahan :    Buku, teks bacaan tentang kerusakan terumbu karang, teks  bacaan tentang kebutuhan masyarakat
2.                                                                                      Sumber Belajar       :  Buku guru kls v tema 1
Buku siswa kls v tema 1
                               
F.    LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran
2.    Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.    Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan yang berkaitan dengan materi pembelajaran serta mengaitkan dengan kegiatan pembelajaran sebelumnya.
4.    Menginformasikan kemampuan yang harus dicapai siswa
10 menit
Inti

·           Siswa diminta untuk mengamati gambar – gambar yang terdapat pada buku siswa. (Mengamati)
·           Guru meminta siswa mengidentifikasikan gambar-gambar mana sajakah yang menunjukkan kebutuhan masyarakat.(mengamati)
·            Siswa membaca teks bacaan dan guru memberikan pemahaman kepada siswa tentang kebutuhan masyarakat.(mengamati)

·           Setelah siswa paham tentang kebutuhan masyarakat, mintalah siswa untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat di daerah tempat tinggal siswa. (mencoba)
·           Hasil explorasi dituangkan ke dalam tabel yang menjelaskan tentang; aspek, contoh kebutuhan (fisik/nonfisik), dan cara memenuhi. (menalar)
·           Guru meminta siswa untuk menjawab soal essay yang terdapat dalam buku siswa tentang kegiatan mengeksplorasi.(mencoba)
·           Setelah siswa paham bahwa setiap daerah tidak dapat memenuhi sendiri kebutuhan untuk masyarakatnya. Mintalah siswa untuk membuat daftar nama barang-barang daerahnya yang dikirim ke daerah lain.(mencoba)
·           Siswa diminta untuk mencatat nama barang, wujudnya, serta daerah tujuannya.(mencoba)
·           Siswa juga diminta untuk membuat kesimpulan.(mencoba)
·           Guru membimbing siswa untuk berdiskusi bersama                     temannya, tentang bagaimanakah cara mengemas barang agar tidak merubah wujud benda. (mencoba,menalar)
·           Guru mengarahkan siswa untuk membuat sebuah kesimpulan.(mencoba)
·           Siswa membaca dan mencermati teks yang terdapat pada buku siswa dengan seksama.(mengamati)
·           Guru menstimulus kecermatan siswa dengan menanyakan hal - hal penting yang mereka temukan dalam bacaan itu. (menanya)
·           Guru kemudian meminta siswa untuk mencari informasi dan data mengenai aktvitas manusiayang me mpengaruhi alam.(mencoba)
·            Guru meminta siswa untuk mencermati soal cerita Matematika yang terdapat pada buku siswa. (mengamati)
·           Guru membimbing siswa dalam mencoba menjawab soal tersebut. (mencoba)
·           Guru memberikan pemahaman kepada siswa bahwa seperti halnya perkalian pecahan desimal pembagian pecahan desimal pun dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mengubah ke bentuk pecahan biasa atau dengan cara langsung.
·           Meminta siswa untuk mencoba menjawab secara mandiri soal–soal, pecahan desimal yang terdapat pada buku siswa. (mencoba)


185 menit

Penutup

1.         Guru dan siswa melakukan refleksi pada pembelajaran yang telah dilakukan, dengan mengadakan tanya jawab .
2.         Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan dan mencatat hasil pembelajaran pada buku siswa .
3.         Siswa diberi kesempatan bertanya  tentang materi pelajaran yang belum dipahami .
4.         Guru memberi pesan agar kita selalu bersukur terhadap Tuhan Yang maha Esa
5.         Guru memberi salam penutup dan memimpin doa penutup sesuai dengan agama/ kepercayaan masing- masing.

15 menit

 G.   Penilaian
1.      Teknik Penilaian   :
a.    Penilaian Sikap              
b.    Penilaian Pengetahuan           
c.    Penilaian Ketrampilan  

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
(terlampir)

Mengetahui                                                        
Kepala sekolah                                                            Guru kelas V





..................................................                                .......................................................
NIP.                                                                            NIP.



Lampiran

Rubrik Penilaian

a. Rubrik Tabel Explorasi Kebutuhan Masyarakat

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengetahuan


Isi tabel sangat lengkap dan infomatif yang berisi tentang aspek, contoh kebutuhan (fisik/nonfisik), dan cara memenuhinya

Isi tabel cukup lengkap dan infomatif yang berisi tentang asp ek, contoh kebutuhan (fisik/ nonfisik), dan cara memenuhinya

Isi tabel kurang lengkap dan infomatif yang berisi tentang beberapa aspek, contoh kebutuhan (fisik/ nonfisik), dan cara memenuhinya

Isi tabel kurang lengkap dan infomatif yang berisi hanya beberapa aspek, contoh kebutuhan (fisik/ nonfisik), dan cara memenuhinya

Penggunaan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam tabel dan kolom pertanyaan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam tabel dan kolom pertanyaan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam tabel dan kolom pertanyaan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari tabel dan kolom pertanyaan

Sikap

Tabel dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreativitas untuk menjelaskan materi

Keseluruhan tabel dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan

Sebagian tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan

Hanya beberapa bagian tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan

Keterampilan Penulisan

Keseluruhan Tabel yang sangat menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat Tabel yang tinggi dari pembuatnya

Keseluruhan tabel yang menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat Tabel yang baik dari pembuatnya

Sebagian besar tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel yang terus berkembang dari pembuatnya

Bagian-bagian tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel yang dapat terus ditingkatkan

Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (tabel eksplorasi)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Bahasa
Sikap
Ketr.penulisan



















































b. Rubrik Tabel Hasil Diskusi
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1

Isi dan Pengetahuan
Isi tabel sangat lengkap terdiri dari nama barang, wujud barang, dan daerah tujuan


Isi tabel lengkap terdiri dari nama barang, wujud barang, dan daerah tujuan
Isi tabel kurang lengkap terdiri dari hanya beberapa nama barang, wujud barang, dan daerah tujuan


Isi tabel kurang lengkap hanya terdiri dari sedikit nama barang, wujud barang, dan daerah tujuan



Sikap
Tabel dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreativitas untuk menjelaskan materi


Keseluruhan Tabel dibuat dengan mandiri lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan


Sebagian Tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan


Hanya beberapa bagian Tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan


Keterampilan Penulisan
Hanya beberapa bagian Tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan


Keseluruhan Tabel yang menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat Tabel yang baik dari pembuatnya


Sebagian besar Tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat Tabel yang terus berkembang dari pembuatnya


Bagian-bagian Tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat Tabel yang dapat terus ditingkatkan



Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal


a.    Format Penilaian Unjuk kerja (tabel diskusi)

No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
sikap
ketrampilan




















c. Rubrik Matematika
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Butuh Bimbingan
4
3
2
1

Pengetahuan


Dalam menjawab semua soal siswa sangat teliti terutama dalam pembagian pecahan


Dalam menjawab semua soal siswa cukup teliti terutama dalam pembagian pecahan


Dalam menjawab semua soal siswa kurang teliti terutama dalam pembagian pecahan

Dalam menjawab semua soal siswa tidak teliti terutama dalam pembagian pecahan

Mekanisme

Tidak terdapat kesalahan dalam semua hasil penghitungan



Terdapat 1 -2 kesalahan dalam hasil penghitungan




Terdapat 2 - 3 kesalahan dalam hasil penghitungan


Hanya terdapat 1 soal yang benar dalam hasil penghitungan

Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)


Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya


Mandiri mengerjakan tugas dan selesai tepat waktu



Masih perlu bimbingan untuk menyelesaikan tugas

Tidak dapat menyelesaikan tugas dan masih perlu bimbingan

Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (matematika)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Mekanisme
Kemandirian





















Nilai akhir = Jumlah skor perolehan X 100%
                                                   12
                                    =………

Daftar Nilai

No
Nama Siswa
Skor Penilaian
Jumlah Skor
Nilai Akhir (NA)
Jumlah Skor A
Jumlah Skor B
Jumlaj Skor C
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15








Refleksi:
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


REMEDIAL
1. Apa yang dimaksud dengan kebutuhan masyarakat?
2. Kebutuhan masyarakat dibedakan ke dalam dua jenis, jelaskan apa saja!
3. Dibagi ke dalam Aspek – aspek apa sajakah kebutuhan masyarakat itu?
4. Apakah yang akan dilakukan jika suatu daerah tidak dapat memenuhi kebutuhan
masyarakatnya?
5. Siapakah yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan masyarakat di setiap daerah?

PENGAYAAN
1. Menurutmu apakah yang harus diperhatikan dalam pengiriman barang kebutuhan
    daerah lain agar barang tidak berubah wujud?
2. Jika kebutuhan masyarakat dipegunungan adalah ikan laut, menurutmu bagaimanakah
    caranya agar masyarakat tersebut dapat menikmati ikan dari laut?
3. Apa sajakah penyebab dari kerusakan terumbu karang yang kamu ketahui?
4. Sebutkan cara – cara yang merusak alam dalam menangkap ikan!
5. Buatlah sebuah soal cerita matematika yang menggunakan pembagian pecahan
    desimal!




LAMPIRAN MATERI



 Ayo Amati


Amatilah gambar-gambar berikut!
Identifikasikan gambar-gambar yang menunjukkan kebutuhan masyarakat dengan memberikan tanda ().

                       

       
Kebutuhan masyarakat dibedakan menjadi dua jenis, yakni:
1. Kebutuhan fisik/material, misalnya jalan, jembatan, posyandu, taman atau ruang terbuka hijau, dan lain-lain
2. Kebutuhan nonfisik/non material, misalnya rasa aman, nyaman, rukun, keselamatan, dan lain-lain.
Kedua kebutuhan ini saling terkait. Misalnya untuk mewujudkan kenyamanan dan keselamatan dalam berjalan dibutuhkan bangunan fisik jalan yang memadai
 



Ayo Eksplorasi
Sekarang coba identifikasikan kebutuhan masyarakat di daerah tempat tinggalmu!


DOWNLOAD:
DOWNLOAD:

2 komentar: