RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD............................
Kelas/Semester :
V/ 1
Tema :
1 Benda-benda di lingkungan sekitar
Subtema :
1.3 Manusia dan lingkungan
Alokasi Waktu : 1 hari (6 x 35
menit)
Pertemuan ke : 4 (empat)
Waktu Pelaksanaan :
…………
A.
KOMPETENSI
INTI (KI)
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah
air.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
1.1. Meresapi
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan
lingkungan alam
2.4. Memiliki
kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan
keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan
berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4
Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta
kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
3.4.1 Mengenal
bencana alam melalui pantun
4.4.1 Menjelaskan
fungsi sampiran dan isi pantun
4.4.2 Mendeskripsikan
bencana alam yang terdapat pada pantun menceritakan fungsi sampiran dan isi
pantun
4.4.3 Membuat
pantun berdasarkan teks tentang bencana alam
MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung
jawab dalam mengerjakan tugas
3.2 Memahami
berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat
mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan
dan pembagian
4.1 Mengurai
sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai
kemungkinan jawaban
Indikator
3.2.1 Mengenal
pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian dua buah pecahan dalam desimal
dan persen
4.1.1 Menyelasaikan
soal cerita berkaitan dengan pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian dua
buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai
kemungkinan jawaban
IPS
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika
dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan
dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
3.1 Memahami
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan
keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam
lingkup nasional
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam
ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam
kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumber-sumber yang tersedia
.
Indikator
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia sebagai dampak
adanya perubahan kehidupan yang berkelnajutanya di bidang sosial, ekonomi,
pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
4.1.1 Mempresentasikan laporan hasil pengamatan tentang
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang
dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan menceritakan isi pantun, siswa
dapat mengetahui makna sebuah pantun secara logis dan
tepat.
2.
Dengan menceritakan siswa dapat
mengetahui fungsi isi dan sampiran secara cermat, mandiri, dan
percaya diri.
3.
Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat
mengetahui perilaku yang menjaga kerukunan hidup
secara cermat dan teliti.
4.
Dengan membaca teks bacaan siswa dapat
mengetahui perilaku yang dilakukan manusia untuk
menjaga lingkungannya secara cermat dan teliti.
5.
Dengan menceritakan, siswa dapat
mendeskripsikan isi pantun bertema secara mandiri dan percaya diri.
6.
Dengan menggali informasi dari teks
bacaan, siswa dapat mengetahui cara menulis pantun secara
cermat dan teliti.
7.
Dengan mengamati, siswa dapat
mengetahui cara menyelesaikan operasi bilangan pecahan secara
mandiri, cermat, dan teliti.
8.
Dengan mengamati, siswa dapat memahami
arti bilangan pecahan secara cermat dan teliti.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia : Mengenal
bencana alam melalui pantun
Menulis dan
menjelaskan fungsi sampiran dan isi pantun
Matematika :Mengenal pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian
dua buah pecahan dalam desimal dan persen
IPS : Mengenal aktivitas
kehidupan manusia sebagai dampak adanya
perubahan kehidupan
E.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Diskusi, ceramah, tanya jawab,demonstrasi
F.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media/Alat
dan bahan : Buku, teks bacaan tentang
kehidupan berkebangsaan dan bernegara, konsep pantun dan syair, konsep bilangan
pecahan.
2. Sumber Belajar :
Buku guru kelas
5 tema 1,
Buku guru kelas 5 tema 1
G.
LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Menyapa siswa
dengan menanyakan kabar mereka
4.
Melakukan
apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melakukan kegiatan inti antara lain, menanyakan materi yang
lalu.
5.
Memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti
pembelajaran yang akan dilakukan
6.
Menyampaikan
manfaat pembelajaran
7.
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan
8.
Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai
9.
Guru
menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan siswa baik secara individu
maupun kelompok.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Diawal pembelajaran siswa diminta untuk
membaca teks bacaan di buku siswa. (mengamati)
2.
Guru menjelaskan kembali pentingnya menjaga
kerukunan hidup dalam masyarakat.
3.
Siswa diminta untuk mendiskusikan perilaku
yang harus dilakukan dan tidak dilakukan dalam berhubungan dengan sesame
manusia.
4.
Siswa diminta untun menyimak penjelasan
guru (mengamati)
5.
Siswa diminta untuk menulis hasil
pengamatannya pada buku siswa.(mencoba)
6.
Siswa diminta membaca dan mencermati pantun tentang menjaga hutan. (mengamati)
7.
Siswa melanjutkan kegiatan menulis sampiran
dan isi pantun pada soal laithan.(mencoba)
8.
Selesai menuliskan sampiran dan isi pantun,
siswa diminta untuk menuliskan isii cerita pantun. (mencoba)
9.
Siswa secara mandiri dan hening membaca dua bacaan pada buku siswa mengenai tanah
longsor dan upaya menjaga lingkungan. (mengamati)
10.
Setelah memahami isi bacaan, secara mandiri
siswa diminta untuk membuat pantun berdasarkanbacaan yang sudah dibacanya. (Mencoba
11.
Siswa diminta menjelaskan tentang arti
pantun. .(menngkonfirmasikan)
12.
Siswa diminta amembuat pantun berdasarkan
teks bacaan. .(mencoba)
13.
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan
yang ada pada buku siswa. .(menngkonfirmasikan)
14.
Siswa diminta untuk menulis kamlimat
menggunakan bahasa Indonesia yang baikdan benar. .(mencoba)
15.
Siswa diminta menyelesaikan soal-soal
ceritaberkaitan dengan bentuk pecahan. .(mencoba,menalar)
16.
Guru menjelaskan tentang konsep bilangan
pecahandesimal.(menngkonfirmasikan)
17.
Guru menjelaskan arti bilangan pecahan decimal
18.
Guru menjelaskan bahwa suatu pecahan decimaldapat
dipecahkan dengan berbagai kemungkinan.
19.
Siswa diminta untuk mengamati penjelasan
guru
20.
Guru mencontohkan cara menyelesaikan
soalpecahan desimal.(mencoba)
21.
Siswa diminta untuk mengamati cara menyelesaikan soal tersebut.
.(mengamati)
22.
Siswa diminta untuk melengkapi diagram
dengan benar.
|
190 menit
|
Penutup
|
1.
Melakukan refleksi
atau membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar hari ini dengan melibatkan
peserta didik.
2.
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
3.
Melakukan
penilaian hasil belajar
4.
Melakukan tindak
lanjut, menginformasikan pembelajaran berikutnya dan PR
5.
Mengajak semua
siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
·
Mengamati sikap
siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·
Apabila ada
siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah
selesai kegiatan berdoa, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa
lebih disempurnakan
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian :
a.
Penilaian
Sikap
b.
Penilaian
Pengetahuan
c.
Penilaian
Ketrampil
2.
Bentuk
Instrumen Penilaian
Rubrik Penilaian
a. Rubrik Presentasi
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Tata Bahasa
|
Pantun disampaikan dengan menggunakan tata
bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat satu atau Dua kesalahan
dalam tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat tiga atau empat kesalahan
dalam tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat lebih dari empat kesalahan
dalam tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
|
Sikap
|
Seluruh anggota
terlihat
bersungguhsungguhdalam
mempersiapkn
presentasi siswa
|
Beberapa anggota terlihat
bersungguhsungguh dalam mempersiap kan presentasi siswa
|
Siswa terlihat
bermain-main
namun masih mau memper- lihatkan kerja
keras mereka
sekalipun dalam
pengawasan guru
|
Siswa terus bermainmain
sekalipun
sudah berulang kali diperingat kan
oleh
guru.
|
Isi Pantun
|
Sampiran dan isi
pantun sesuai.
|
Sebagian sampiran
dan isi pantun
sesuai
|
Sampiran dan isi pantun agak sesuai
|
Sampiran dan isis
pantun tidak sesuai
|
Pantun mengandung pesan dan sangat
mudah dipahami
|
Pantun mengandung pesan dan mudah
dipahami
|
Pantun mengandung
pesan tetapi sulit dipahami
maknanya
|
Pantun tidak
mengandung pesan
|
|
Keterampilan
berbicara
|
Pengucapan dialog
secara keseluruhan
jelas, tidak
menggumam dan
dapat dimengerti
|
Pengucapan dialog
di beberapa bagian
jelas dan dapat
dimengerti
|
Pengucapan dialog
tidak begitu jelas tapi
masih bisa ditangkap
maksudnya oleh
pendengar
|
Pengucapan dialog secara keseluruhan
betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti
|
Jumlah Skor : 4
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
Format Penilaian Unjuk kerja
Penilaian menceritakan hasil diskusi
tentang pengalaman masa kecil
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
|||
Tata Bhs
|
Sikap
|
Isi Pantun
|
Ket. Berbhs
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Rubrik Essay
Kompetensi yang dinilai:
• Pegetahuan materi dalam essay
• Keterampilan memberikan contoh-contoh
yang relevan pada semua
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Butuh
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essay
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essay
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essay
|
Siswa
menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
|
Siswa
mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawaban
|
Siswa
mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawaban
|
Siswa
mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawaban
|
Siswa
mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat
|
|
Kemandirian
& Manajemen Waktu
(attitude)
|
Sangat
mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
|
Mandiri
mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
|
Masih
perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
|
Tidak
menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
|
Keterampilan
|
Siswa
mampu memberikan contoh–contoh yang relevan pada semua jawaban
|
Siswa
mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada hampir semua jawaban
|
Siswa
mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada beberapa jawaban
|
Siswa
mampu memberikan contoh - contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan
|
Jumlah Skor :
4
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
Format Penilaian Unjuk kerja: essay
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
||
Penget.
|
Kemandirian
|
Ketr.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Rubrik Pantun/Syair
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang pantun/syair
• Keterampilan dalam mampresentasikan
pantun/syair
• Bersungguh-sungguh dalam
mempresentasikan pantun/syair
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Tata
bahasa
|
Pantun
disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat
satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat
tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Terdapat
lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
|
Sikap
|
Seluruh
anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
|
Beberapa
anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
|
Siswa
terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka
sekalipun dalam pengawasan guru
|
Siswa
terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
|
Isi
Pantun/ Syair
|
Sampiran
dan isi pantun sesuai
|
Sebagian
sampiran dan isi pantun sesuai
|
Sampiran
dan isi pantun agak sesuai
|
Sampiran
dan isis pantun tidak sesuai
|
Pantun
mengandung pesan dan sangat mudah dipahami
|
Pantun
mengandung pesan dan mudah dipahami
|
Pantun
mengandung pesan tetapi sulit dipahami maknanya
|
Pantun
tidak mengandung pesan
|
|
Keterampilan
berbicara
|
Pengucapan
dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
|
Pengucapan
dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
|
Pengucapan
dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengar
|
Pengucapan
dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat
dimengerti
|
Jumlah Skor : 4
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
Format Penilaian Unjuk kerja : pantun / syair
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
|||
Tata bahasa
|
Sikap
|
Isi
|
Ketr.berbicara
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Rubrik Daftar Kosa Kata Baru
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang semua definisi
kosakata-kosakata
• Keterampilan menulis kata dalam
kalimat yang baik dan benar
• Kemandirian dalam mengerjakan tugas
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Mampu
menuliskan definisi semua kata dengan arti yang benar, mudah dimengerti dan
detil
|
Mampu
menuliskan definisi hampir semua kata dengan arti yang benar, dapat
dimengerti dan detil
|
Mampu
menuliskan definisi beberapa kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti
namun kurang detil
|
Mampu
menuliskan definisi beberapa kata dengan arti yang kurang tepat, sulit
dimengerti dan kurang detil
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia
|
Seluruh
definisi dan kalimat ditulis dengan menggunakan ejaan & tata bahasa
Indonesia yang baik dan benar tanpa ada kesalahan
|
Definisi
dan kalimat ditulis menggunakan ejaan & tata bahasa Indonesia yang baik
dan benar dengan 1-2 kesalahan
|
Definisi
dan kalimat ditulis menggunakan ejaan & tata bahasa Indonesia yang baik
dan benar dengan 3 kesalahan
|
Terdapat
lebih dari 3 kesalahan dalam penulisan definisi dan kalimat
|
Kemandirian
dan pengumpulan tugas
|
Menunjukkan
kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan mengumpulkan tugas sebelum waktu
yang ditentukan
|
Mandiri
dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
|
Menunjukkan
kemandirian namun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat
mengumpulkan tugas
|
Belum
menunjukkan kemandirian dan sangat terlambat mengumpulkan tugas
|
Keterampilan
|
Mampu
menuliskan semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah
dimengerti
|
Mampu
menuliskan hampir semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta
mudah dimengerti
|
Mampu
menuliskan beberapa kata kedalam kalimat dengan benar namun kurang tepat dan
sulit dimengerti
|
Mampu
menuliskan beberapa kata kedalam kalimat namun kurang benar dan tepat serta
tidak dapat dimengerti
|
Jumlah Skor : 4
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksima
Format Penilaian Unjuk kerja: kosa kata baru
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
|||
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Aspek 4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Rubrik Membuat Peta Pikiran (mind
map)
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang isi mind map
• Keterampilan dalam membuat mind
map dengan baik dan benar
• Kecermatan, ketelitian, dan
kemandirian dalam membuat mind map
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Isi
dan Pengetahuan:
Isi mind
map lengkap, menunjukkan pengetahuan penulis yang baik atas materi yang
disajikan
|
Mind
map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca
memahami keseluruhan materi. Beberapa gambar dan keterangan lain yang
diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca
|
Mind
map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca
memahami keseluruhan materi
|
Mind
map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca
memahami sebagian besar materi
|
Mind
map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca
memahami beberapa bagian dari materi
|
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan mind map
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan
keseluruhan kalimat dalam mind map
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat
dalam mind map
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar
kalimat dalam mind map
|
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari mind
map
|
|
SIkap:
Mind
map dibuat dengan mandiri, cermat dan teliti, sesuai dengan
tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskan
|
Mind
map dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti,
diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreaktvitas untuk
menjelaskan materi
|
Keseluruhan
mind map dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti,
diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
|
Sebagian
besar mind map dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti,
diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
|
Hanya
beberapa bagian mind map dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan
teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
|
|
Keterampilan
Penulisan:
Mind
map dibuat dengan benar, sistematis, dan menarik
menunjukkan keterampilan pembuatan mind map yang baik
|
Keseluruhan
mind map yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan
keterampilan membuat mind map yang tinggi dari pembuatnya
|
Keseluruhan
mind map yang menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan
membuat mind map yang baik dari pembuatnya
|
Sebagian
besar mind map yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar,
menunjukkan keterampilan membuat mind map yang terus berkembang dari
pembuatnya
|
Bagian-bagian
mind map yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan
keterampilan membuat mind map yang dapat terus ditingkatkan
|
|
Jumlah Skor : 4
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
Format Penilaian Unjuk kerja : peta pikiran
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
|||
Isi
|
Bahasa
|
Sikap
|
Ketramp.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rekap nilai:
Nilai
akhir = Jumlah skor perolehan X 100%
20
=……….
Daftar Nilai
No
|
Nama Siswa
|
Skor Penilaian
|
Jumlah Skor
|
Nilai Akhir (NA)
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi:
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
REMEDIAL
Latihan 1 : Sebutkan perilaku yang menjaga
hubungan dalam bermasyarakat!
Latihan 2 : Jelaskan
perilaku yang dapat merusak lingkungan!
Latihan 3 : Sebutkan
benda-benda yang dapat merusak lingkungan!
Latihan 4 : Mengapa
lingkungan sangat penting bagi manusia?
Latihan 5 : Mengapa
kita harus menjaga hubungan baik dengan sesama?
PENGAYAAN
Latihan 1 : Jelaskan kaitan antara manusia
sebagai mahluk sosial dengan lingkungannya!
Latihan 2 : Mengapa
lingkungan dapat mempengaruhi perekonomian seseorang?
Latihan 3 : Apa
yang dimaksud denagn sampiran?
Latihan 4 : Sebutkan
jenis-jenis pantun!
Latihan 5 : Bagaimana
cara melestarikan hutan?
Mengetahui
, …………………….
|
Kepala sekolah
Guru kelas V
|
|
|
|
..................................................
.......................................................
|
NIP. NIP.
|
DOWNLOAD:
DOWNLOAD:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar