Selasa, 18 November 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan      : SD............................
Kelas/Semester           : V/ 1
Tema                           : 1      Benda-benda di lingkungan sekitar
Subtema                      : 1.3   Manusia dan lingkungan
Alokasi Waktu             : 1 hari (6 x 35 menit)
Pertemuan ke               : 4 (empat)
Waktu Pelaksanaan      :  …………



A.         KOMPETENSI INTI (KI)

1.     Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR

1.1. Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4. Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator
3.4.1 Mengenal bencana alam melalui pantun
4.4.1 Menjelaskan fungsi sampiran dan isi pantun
4.4.2 Mendeskripsikan bencana alam yang terdapat pada pantun menceritakan fungsi sampiran dan isi pantun
4.4.3 Membuat pantun berdasarkan teks tentang bencana alam

MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR

1.1 Menerima ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,  disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan   tugas
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

Indikator
3.2.1 Mengenal pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian dua buah pecahan dalam desimal dan persen  
4.1.1 Menyelasaikan soal cerita berkaitan dengan pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

IPS
KOMPETENSI DASAR

1.1  Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika  berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
3.1   Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas  antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1   Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
.
 Indikator
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia sebagai dampak adanya perubahan kehidupan yang berkelnajutanya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
4.1.1 Mempresentasikan laporan hasil pengamatan tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional


C.        TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan menceritakan isi pantun, siswa dapat mengetahui makna sebuah pantun secara logis dan tepat.
2.     Dengan menceritakan siswa dapat mengetahui fungsi isi dan sampiran secara cermat, mandiri, dan percaya diri.
3.     Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengetahui perilaku yang  menjaga kerukunan hidup secara cermat dan teliti.
4.     Dengan membaca teks bacaan siswa dapat mengetahui perilaku yang dilakukan manusia untuk menjaga lingkungannya secara cermat dan teliti.
5.     Dengan menceritakan, siswa dapat mendeskripsikan isi pantun bertema secara mandiri dan percaya diri.
6.     Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat mengetahui cara menulis pantun secara cermat dan teliti.
7.     Dengan mengamati, siswa dapat mengetahui cara menyelesaikan operasi bilangan pecahan secara mandiri, cermat, dan teliti.
8.     Dengan mengamati, siswa dapat memahami arti bilangan pecahan secara cermat dan teliti.

D.       MATERI PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia  : Mengenal bencana alam melalui pantun
Menulis dan menjelaskan fungsi sampiran dan isi pantun

Matematika                       :Mengenal pecahan sebagai hasil perkalian atau pembagian dua buah pecahan dalam desimal dan persen 

                                 
IPS                                        : Mengenal aktivitas kehidupan manusia sebagai dampak adanya  perubahan kehidupan


E.        METODE PEMBELAJARAN
                        Pendekatan                             : Saintifik
                        Metode                   : Diskusi, ceramah, tanya jawab,demonstrasi  

F.        MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.                                                                                         Media/Alat dan bahan                   : Buku, teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, konsep pantun dan syair, konsep bilangan pecahan.
2.     Sumber Belajar                       :  Buku guru kelas 5  tema 1,
                   Buku guru kelas 5  tema 1
                                      


G.       LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.           Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.          Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.          Menyapa siswa dengan menanyakan kabar mereka
4.          Melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melakukan kegiatan inti antara lain, menanyakan materi yang lalu.
5.          Memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilakukan
6.          Menyampaikan manfaat pembelajaran
7.          Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan
8.           Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai
9.          Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan siswa baik secara individu maupun kelompok.

10 menit

Inti

1.          Diawal pembelajaran siswa diminta untuk membaca teks bacaan di buku siswa. (mengamati)
2.          Guru menjelaskan kembali pentingnya menjaga kerukunan hidup dalam masyarakat.
3.          Siswa diminta untuk mendiskusikan perilaku yang harus dilakukan dan tidak dilakukan dalam berhubungan dengan sesame manusia.
4.          Siswa diminta untun menyimak penjelasan guru (mengamati)
5.          Siswa diminta untuk menulis hasil pengamatannya  pada buku siswa.(mencoba)
6.          Siswa diminta membaca dan mencermati  pantun tentang menjaga hutan. (mengamati)
7.          Siswa melanjutkan kegiatan menulis sampiran dan isi pantun pada soal laithan.(mencoba)
8.          Selesai menuliskan sampiran dan isi pantun, siswa diminta untuk menuliskan isii cerita pantun. (mencoba)
9.          Siswa secara mandiri dan hening membaca dua bacaan pada buku siswa mengenai tanah longsor dan upaya menjaga lingkungan. (mengamati)
10.       Setelah memahami isi bacaan, secara mandiri siswa diminta untuk membuat pantun berdasarkanbacaan yang sudah dibacanya. (Mencoba
11.       Siswa diminta menjelaskan tentang arti pantun. .(menngkonfirmasikan)
12.       Siswa diminta amembuat pantun berdasarkan teks bacaan. .(mencoba)
13.       Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa. .(menngkonfirmasikan)
14.       Siswa diminta untuk menulis kamlimat menggunakan bahasa Indonesia yang baikdan benar. .(mencoba)
15.       Siswa diminta menyelesaikan soal-soal ceritaberkaitan dengan bentuk pecahan. .(mencoba,menalar)
16.       Guru menjelaskan tentang konsep bilangan pecahandesimal.(menngkonfirmasikan)
17.       Guru menjelaskan arti bilangan pecahan decimal
18.       Guru menjelaskan bahwa suatu pecahan decimaldapat dipecahkan dengan berbagai kemungkinan.
19.       Siswa diminta untuk mengamati penjelasan guru
20.       Guru mencontohkan cara menyelesaikan soalpecahan desimal.(mencoba)
21.       Siswa diminta untuk mengamati cara menyelesaikan soal tersebut. .(mengamati)
22.       Siswa diminta untuk melengkapi diagram dengan benar.


190 menit

Penutup

1.      Melakukan refleksi atau membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar hari ini dengan melibatkan peserta didik.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Melakukan tindak lanjut, menginformasikan pembelajaran berikutnya dan PR
5.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
·       Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·       Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah selesai kegiatan berdoa, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan

15 menit


H.       Penilaian
1.        Teknik Penilaian   :
a.        Penilaian Sikap                
b.        Penilaian Pengetahuan    
c.        Penilaian Ketrampil



2.        Bentuk Instrumen Penilaian
Rubrik Penilaian
a. Rubrik Presentasi
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1

Tata Bahasa
Pantun disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat satu atau Dua kesalahan
dalam tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
Terdapat tiga atau empat kesalahan
dalam tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
Terdapat lebih dari empat kesalahan
dalam tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku

Sikap
Seluruh anggota
terlihat bersungguhsungguhdalam
mempersiapkn
presentasi siswa
Beberapa anggota terlihat
bersungguhsungguh  dalam mempersiap kan presentasi siswa
Siswa terlihat
bermain-main
namun masih mau memper- lihatkan kerja keras mereka
sekalipun dalam
pengawasan guru
Siswa terus bermainmain
sekalipun
sudah berulang kali diperingat kan oleh
guru.


Isi Pantun

Sampiran dan isi
pantun sesuai.

Sebagian sampiran
dan isi pantun
sesuai
Sampiran dan isi pantun agak sesuai
Sampiran dan isis
pantun tidak sesuai
Pantun mengandung pesan dan sangat mudah dipahami
Pantun mengandung pesan dan mudah dipahami
Pantun mengandung
pesan tetapi sulit dipahami maknanya
Pantun tidak
mengandung pesan
Keterampilan
berbicara
Pengucapan dialog
secara keseluruhan
jelas, tidak
menggumam dan
dapat dimengerti
Pengucapan dialog
di beberapa bagian
jelas dan dapat
dimengerti
Pengucapan dialog
tidak begitu jelas tapi
masih bisa ditangkap
maksudnya oleh
pendengar
Pengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti

Jumlah Skor            : 4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal



Format Penilaian Unjuk kerja
Penilaian menceritakan hasil diskusi tentang pengalaman masa kecil
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Tata Bhs
Sikap
Isi Pantun
Ket. Berbhs
















b. Rubrik Essay
Kompetensi yang dinilai:
• Pegetahuan materi dalam essay
• Keterampilan memberikan contoh-contoh yang relevan pada semua
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Butuh Bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawaban
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawaban
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawaban
Siswa mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya

Keterampilan
Siswa mampu memberikan contoh–contoh yang relevan pada semua jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada hampir semua jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada beberapa jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan

Jumlah Skor            :   4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal


Format Penilaian Unjuk kerja: essay
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Penget.
Kemandirian
Ketr.















c. Rubrik Pantun/Syair
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang pantun/syair
• Keterampilan dalam mampresentasikan pantun/syair
• Bersungguh-sungguh dalam mempresentasikan pantun/syair


Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Tata bahasa
Pantun disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Sikap
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
Beberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
Siswa terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan guru
Siswa terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Isi Pantun/ Syair
Sampiran dan isi pantun sesuai
Sebagian sampiran dan isi pantun sesuai
Sampiran dan isi pantun agak sesuai
Sampiran dan isis pantun tidak sesuai
Pantun mengandung pesan dan sangat mudah dipahami





Pantun mengandung pesan dan mudah dipahami
Pantun mengandung pesan tetapi sulit dipahami maknanya
Pantun tidak mengandung pesan

Keterampilan berbicara

Pengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti

Pengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti

Pengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengar

Pengucapan dialog secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti



Jumlah Skor            : 4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal
               
Format Penilaian Unjuk kerja : pantun / syair
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Tata bahasa
Sikap
Isi
Ketr.berbicara















d. Rubrik Daftar Kosa Kata Baru

Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang semua definisi kosakata-kosakata
• Keterampilan menulis kata dalam kalimat yang baik dan benar
• Kemandirian dalam mengerjakan tugas

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1

Pengetahuan

Mampu menuliskan definisi semua kata dengan arti yang benar, mudah dimengerti dan detil


Mampu menuliskan definisi hampir semua kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti dan detil

Mampu menuliskan definisi beberapa kata dengan arti yang benar, dapat dimengerti namun kurang detil

Mampu menuliskan definisi beberapa kata dengan arti yang kurang tepat, sulit dimengerti dan kurang detil
Penggunaan Bahasa Indonesia
Seluruh definisi dan kalimat ditulis dengan menggunakan ejaan & tata bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa ada kesalahan
Definisi dan kalimat ditulis menggunakan ejaan & tata bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan 1-2 kesalahan
Definisi dan kalimat ditulis menggunakan ejaan & tata bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan 3 kesalahan
Terdapat lebih dari 3 kesalahan dalam penulisan definisi dan kalimat
Kemandirian dan pengumpulan tugas
Menunjukkan kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan mengumpulkan tugas sebelum waktu yang ditentukan
Mandiri dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
Menunjukkan kemandirian namun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat mengumpulkan tugas
Belum menunjukkan kemandirian dan sangat terlambat mengumpulkan tugas
Keterampilan
Mampu menuliskan semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengerti
Mampu menuliskan hampir semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengerti
Mampu menuliskan beberapa kata kedalam kalimat dengan benar namun kurang tepat dan sulit dimengerti
Mampu menuliskan beberapa kata kedalam kalimat namun kurang benar dan tepat serta tidak dapat dimengerti


Jumlah Skor                    : 4   

                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksima

Format Penilaian Unjuk kerja: kosa kata baru
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Aspek 1
Aspek 2
Aspek 3
Aspek 4















e. Rubrik Membuat Peta Pikiran (mind map)
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang isi mind map
• Keterampilan dalam membuat mind map dengan baik dan benar
• Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam membuat mind map


Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengetahuan:
Isi mind map lengkap, menunjukkan pengetahuan penulis yang baik atas materi yang disajikan
Mind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi. Beberapa gambar dan keterangan lain yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca
Mind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi
Mind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami sebagian besar materi
Mind map yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami beberapa bagian dari materi
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan mind map
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam mind map
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam mind map
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam mind map
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari mind map
SIkap:
Mind map dibuat dengan mandiri, cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskan
Mind map dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreaktvitas untuk menjelaskan materi
Keseluruhan mind map dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Sebagian besar mind map dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Hanya beberapa bagian mind map dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Keterampilan Penulisan:
Mind map dibuat dengan benar, sistematis, dan menarik menunjukkan keterampilan pembuatan mind map yang baik
Keseluruhan mind map yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat mind map yang tinggi dari pembuatnya
Keseluruhan mind map yang menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat mind map yang baik dari pembuatnya
Sebagian besar mind map yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat mind map yang terus berkembang dari pembuatnya
Bagian-bagian mind map yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat mind map yang dapat terus ditingkatkan







Jumlah Skor            : 4

                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal
               
Format Penilaian Unjuk kerja : peta pikiran
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Isi
Bahasa
Sikap
Ketramp.
















Rekap nilai:

Nilai akhir = Jumlah skor perolehan X 100%
                                                                   20
                                            =……….



Daftar Nilai

No
Nama Siswa
Skor Penilaian
Jumlah Skor
Nilai Akhir (NA)
A
B
C

D

E


1








2








3








4








5








6








7








8








9










Refleksi:

* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

REMEDIAL
Latihan 1 :               Sebutkan perilaku yang menjaga hubungan dalam bermasyarakat!
Latihan 2                 :               Jelaskan perilaku yang dapat merusak lingkungan!
Latihan 3                 :               Sebutkan benda-benda yang dapat merusak lingkungan!
Latihan 4                 :               Mengapa lingkungan sangat penting bagi manusia?
Latihan 5                 :               Mengapa kita harus menjaga hubungan baik dengan sesama?


PENGAYAAN

Latihan 1                 :               Jelaskan kaitan antara manusia sebagai mahluk sosial dengan lingkungannya!
Latihan 2                 :               Mengapa lingkungan dapat mempengaruhi perekonomian seseorang?
Latihan 3                 :               Apa yang dimaksud denagn sampiran?
Latihan 4                 :               Sebutkan jenis-jenis pantun!
Latihan 5                 :               Bagaimana cara melestarikan hutan?

Mengetahui                                                                 , …………………….
Kepala sekolah                                                            Guru kelas V



..................................................                                  .......................................................
NIP.                                                                            NIP.

 DOWNLOAD:
DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar