Rabu, 27 Agustus 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan      : SD....................................
Kelas/ Semester            : V/1 (Satu)
Tema                               :1     Benda-benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema                       : 1.1 Wujud Benda dan Cirinya
Alokasi Waktu                : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)
Pertemuan                     : 2 (dua)        
Waktu Pelaksanaan     :  …………..

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
BAHASA INDONESIA

Kompetensi Dasar
1.1           Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan  lingkungan alam
2.4. Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanandan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan enyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator
3.1.1 Menggali informasi dari bacaan tentang perubahan wujud benda yang terjad karena    kegiatan manusia
4.1.1Menyajikan hasil pengamatanmengenai bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam sertacara pencegahannya Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan bukutentang kegn atan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara pencegahannya

IPA
KompetensiDasar
1.1 Ber tambah keimanannyadengan menyadari hubunganketeraturan dan kompleksitas alam dan jagad rayaterhadap kebesaran Tuhanyang menciptakannya, serta mewujudkannya dalampengamalan ajaran agamayang dianutnya
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah(memiliki rasa ingin tahu;obyektif; jujur; teliti; cermat;tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; dan pedulilingkungan) dalam aktivitassehari-hari sebagai wujudimplementasi sikap dalammelakukan inkuiri ilmiah danberdiskusi
3.4  Mengidentifikasi perubahan yangterjadi di alam, hubungannyadengan penggunaan sumberdaya alam, dan pengaruhkegiatan manusia terhadapkeseimbangan lingkungan sekitar
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggun keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi
Indikator
3.4.1  Mendeskripsikan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas
4.7.1 Menyajikan hasil laporan pengamatan perubahan wujud benda

SBDP
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mener ima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.4 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.4 Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dankeseimbangan


Indikator
      3.4.1 Mengenal jenis-jenis karya kerajinan dari berbagai daerah di nusantara
3.4.2 Mengenal berbagai karakter topeng
      4.4.1 Melakukan studi pustakatentang kerajinan dari berbagaidaerah di Indonesia


C.    Tujuan Pembelajaran
1.  Dengan mengamati gambar serta menganalisis gambar dengan seksama,siswa dapatmemahami tema yang akan dipelajari dengan teliti.
2.  Dengan mengamati gambar dengan seksama,siswa dapat mengajukan pertanyaanberkaitan dengan tema yang sedang dipelajari dengan cermat dan teliti.
3.  Dengan melakukan percobaan untuk menguji perubahan wujud benda dengan sistematisdan penuh rasa ingin tahu,siswa dapat mengetahui dan menjelaskan wujud dan sifatbenda serta perubahan wujudnya dengan pemikiran logis dengan cermat dan teliti.
4.  Dengan melakukan percobaan secara mandiri,siswa dapat membuat laporanpengamatan sederhana secara sistematis dan komunikatif.
5.  Siswa dapat mempresentasikan hasil laporan pengamatan dengn sikap percaya diri.
6.  Dengan membaca teks bacaan,siswa dapat mengisi tabel isian kosa kata dan mencariarti kata kosa kata baku dan tidak baku dengan teliti.
7.  Dengan membaca teks dengan seksama,siswa dapat menuliskan kembali informasipenting dari bacaan dan memberikan pendapat yang logis tentang teks bacaan yangtelah dibaca dengan sikap penuh percaya diri.
8.  Dengan melakukan studi literatur,siswa dapat mengenal kerajinan khas topeng didaerah masing-masing dan mencatat hasil penemuan mereka dengan sistematis,sikap bangga dan mencintai karya seni sendiri.



D.   Materi Pembelajaran
1.    perubahan wujud benda
2.    Kosa Kata.
3.    Kerajinan daerah dan bahanya
E.   Metode Pembelajaran
1.    Metode :  ceramah,diskusi, tanya jawab,demonstrasi,penugasan
2.    Pendekatan  : saintifik
F.    Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                         :  es, kapur barus, mentega, bensin
2.    Alat                 :  gelas, kompor mini, spirtus
3.    Sumber belajar         :
-          Buku Siswa Kelas V Tema I,hal:……….
-          Buku Guru Kelas V Tema I,hal:………
G.   Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.    Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa.
2.    Siswa menyanyikan lagu “Balonku” bersama-sama.
3.    Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.    Siswa mengamati perubahan wujud yang terjadi pada es  . [Mengamati]
2.    Siswa berdiskusi dengan teman  sebangku tentang perubahan wujud benda . [mengamati, menalar]
3.    Siswa melengkapi tabel tentang perubahan wujud benda berdasarkan pengamatan.(Mengkomunikasikan )
4.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok ( Mengkonfirmasikan)
5.    Siswa memilih kalimat tentang pemanfaatan sumberdaya alam dalam tabel yang telah disediakan ( Mengkomunikasikan )
6.    Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Pak Bowo Pengrajin Wayang Golek”
7.    Selesai membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata baku dan tidak baku yang terdapat pada bacaan. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan]
8.    Siswa menuliskan informasi-informasi yang terdapat pada bacaan dan contoh-contoh yang berkaitan dengan perubahan wujud benda. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan]
9.    Siswa membentuk kelompok beranggotakan 3-4 orang dan berdiskusi untuk mengidentifikasi  perubahan alam di lingkungan tempat tinggalnya. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan]
10. Siswa menyajikan hasil pengamatan dan identifikasinya ke dalam tabel. [menalar, mengkomunikasikan]
11. Guru mengkonfirmasi dan mengapresisi jawaban siswa. [menalar, mengkomunikasikan)
12. Guru melakukanpenilaian yang berkaitan dengan hal-hal berikut ini.
13. Siswa bersama teman sebangku membahas hasil latihan. Guru melakukan konfirmasi. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan].
190 Menit
Penutup
1.    Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang perubahan alam, perubahan wujud benda, pecahan biasa, campuran, desimal dan persen.
2.    Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.    Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
10 Menit

H.   Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap             : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
b.    Penilaian Pengetahuan           : Tes tertulis
c.    Penilaian Keterampilan            : Unjuk kerja
2.    Bentuk Instrumen Penilaian


Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal



a.    Format Penilaian Unjuk kerja (pengamatan gambar)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Bahasa
Sikap
Ketrampilan
























Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal



a.    Format Penilaian Unjuk kerja (lapporan tertulis)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Bahasa
Sikap
Ketrampilan
























Nilai akhir =jumlah skor penilaian   X 100%
                              8
                  = ……………..
 

Daftar nilai
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai Akhir (NA)
Mengamati gambar
Laporan


1
Amir




2





3





4





5






  
............. ,

Kepala Sekolah                                                       Guru Kelas V



...............................................                .......................................
           NIP                                                                  .NIP.                                



Lampiran
Lembar Kerja Kelompok (lihat buku siswa tema 1,hal 17 - 20)
Diskusikan  mengenai sifat-sifat benda dan perubahan wujud benda.
Tuliskan hasilnya pada tabel berikut !


1.    Berdasarkan bacaan di atas, temukan kosakata-kosakata baku dan tidak baku,
Kemudian carilah artinya

2.  Setelah kamu baca dan pahami kosakata-kosakata baku dan tidak baku
tuliskan informasi-informasi yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan
dengan pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam. Tuliskan
pada kolom berikut!

2.    Amatilah lingkungan di sekitarmu. Temukan nama kerajinan yang ada di daerahmu.
Kenali dan kemukakan mengenai kerajinan tersebut!






 DOWNLOAD RPP:
DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar