RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD ......................
Kelas/ Semester : V/ 1(Satu)
Tema : 1 Benda
–benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema : 1.1 Wujud Benda dan Cirinya
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35
Menit)
Pertemuan ke :
4 (empat)
Waktu Pelaksanaan :
……………..
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan
ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.1 Menunjukkan
perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI
dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.6 Memahami
perlunya saling memenuhi keperluan
hidup.
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan
hidup antar daerah untuk menumbuhkan
kebutuhan nasional
Indikator
3.6.1 Mengidentifikasi kebutuhan hidup
bertetangga
4.6.1Mendaftar asal
daerah dari barang-barang yang digunakannya seharihari di rumah
BAHASA INDONESIA
KompetensiDasar
1.1 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas
keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4. Memiliki kepedulian, tanggung jawab,
dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta
kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku
tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem,
serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia,keseimbangan
ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
3.1.1 Menjelaskan isi
informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
4.1.1 Menuliskan contoh pengaruh penggunaan
bahan kimia pada lingkungan melaluipengamatan,misalnya penggunaan pupuk dan
pestisida secara berlebihan
IPS
KompetensiDasar
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika
berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang,
konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan
sosial, ekonomi,pendidikan dan budayadalam lingkup nasional.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan
perubahan kehidupan manusia dalam
ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam
kehidupan sosial, ekonomi,pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumbersumber yang tersedia
Indikator
3.1.1
Mengenal
aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang
sosial,ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis
tentang mengenai aktivitas dan perubahan
kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar-ruang dan waktu serta dan
keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi,pendidikan dan budayadalam
lingkup nasional
MATEMATIKA
KompetensiDasar
1.1 Menerima ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan
tugas
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan
biasa,campuran, desimal dan persen)dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi
bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.8 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil
penjumlahan,pengurangan, perkalian, dan
pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam decimal dan persen
dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator
3.2.1 Mengenal operasi perkalianberbagai bentuk
pecahan
4.8.1
Melakukan operasi perkalian berbagai
bentuk pecahan.
C Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan mengamati gambar, siswa dapatmenemukan
contoh perubahan lingkungan yang disebabkan perilaku manusia dengan cermat dan
teliti.
2.
Dengan membaca, siswa dapat
mengidentifikasi dampak negatif
penggunaan pestisida.
3.
Dengan studi pustaka, siswadapat menemukan
informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran,
artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam secara mandiri,
cermat, dan teliti.
4.
Dengan eskplorasi, siswa dapat
mengidentifikasi perilaku-perilaku manusia yang menyebabkan perubahan alam
secara cermat dan teliti.
5.
Dengan diskusi, siswa dapatmengidentifikasi
perubahan – perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu dengan demokrasi dan
komunikatif.
6.
Dengan membaca, siswa dapatmenemukan
contoh-contoh budaya Indonesia yang mulai luntur dengan cermat dan teliti.
7.
Dengan berlatih, siswa dapatmelakukan
operasi perkalian pecahan desimal secara mandiri,cermat, dan teliti.
D. Materi Pembelajaran
1. Keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan kebutuhan nasional
2. Kosakata baku dan tidak
baku
3. Operasi perkalian berbagai bentuk pecahan
E. Metode Pembelajaran
1. Metode : diskusi, tanya jawab, tugas.
2. Pendekatan: Saintifik
F. Media,alat dan sumber pembelajaran
1. Media : LCD,
Gambar orang membuang sampah di sungai,gambar orang menebang pohon sembarangan.
2. Alat : Alat-alat tulis
3. Sumber belajar : Buku Guru kelas V semester 1,BukuSiswakelas v semester 1, Modul
Pelatihan Kurikulum 2103.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
|
1.
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan
memberi salam.
2.
Salah satu siswa memimpin temen-temannya berdoa.
3.
Siswa menyanyikan lagu “Desaku”
bersama-sama.
4.
Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
5.
Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi pelajaran.
6.
Guru menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik
dengan mengikuti pembelajaran.
7.
Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan pada
pembelajaran, yaitu dengan berdiskusi,
tanya jawab, kerja individu maupun kelompok.
|
10
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa
mengamati gambar orang membuang sampah di sungai.(mengamati)
2.
Siswa diskusi
dengan teman tentang gambar orang membuang sampah di sungai. (menalar)
3.
Siswa diminta
menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati.
(mengkomunikasi)
4.
Guru
mengkonfirmasi dan mengapresiasi jawaban-jawaban siswa (mengkomunikasi)
5.
Siswa di
minta membaca teks yang berjudul “Dampak Negatif Penggunaan Pestisida”Secara
bergantian (mencoba)
6.
Selesai
membaca siswa menulis kosa kata baku dan tidak baku yang terdapat pada
bacaan. (mengamati,menanya, mencoba,menalar,mengkomunikasikan)
7.
Siswa
menuliskan informasi-informasi yang
terdapat pada bacaan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa.
(mengamati,menanya, mencoba,menalar,mengkomunikasikan)
8.
Siswa diminta
mengerjakan soal secara
mandiri(mencoba)
9.
Guru memandu
siswa yang mengalami kesulitan.(mengamati, mengkomunikasikan)
10. Siswa berdiskusi mengidentifikasi
kegiatan-kigiatan masyarakat di sekitar tempat tinggal yang dapat
mempengaruhi keseimbangan lingkungan. (mengkomunikasikan)
11. Siswa mengamati gambar berkaitan
perilaku orang pada gambar dengan keseimbangan alam. (mengamati, menanya,
mengkomunikasi, menalar)
12.
Guru melakukanpenilaian yang berkaitan dengan hal-hal berikut
ini.
13. Guru melanjutkan materi tentang
perubahan pada perilaku manusia dari waktu ke waktu yang menyangkut aspek soaial, ekonomi,
pendidikan, dan budaya. (mengkomunikasikan, menanya, menalar)
14. Siswa diminta mengamati
kehidupan tentang kebutuhan-kebutuhan
hidup bertetangga di daerah tempat tinggalnya.
15. Guru melanjutkan materi yang
berhubungan dengan kehidupan bertetangga tentang perbandingan bahan-bahan
dalam membuat adonan makanan.
16. Guru memberikan penjelasan cara
melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan. (mengkomunikasikan,
menalar, menanya, mencoba)
17.
Siswa berlatih menyelesaikan soal latihan untuk mengubah pecahan
biasa menjadi pecahan campuran, dan sebaliknya. [mengamati, mencoba, menalar]
18.
Siswa bersama teman sebangku membahas hasil latihan. Guru
melakukan konfirmasi. [mengamati,
menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan
|
190
Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang perubahan alam,
perubahan wujud benda, pecahan biasa, campuran, desimal dan persen.
2.
Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.
Guru memberikan tes secara lisan dan tertulis.
4.
Hasil kerja siswa dikumpulkan sebagai bahan portofolio.
5.
Guru memberi arahan tentang kegiatan berikutnya dan memberikan
tugas untuk pengayaan.
6.
Salah satu siswa memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran
|
10
Menit
|
H. Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian Sikap
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes tertulis
c. Penilaian
Ketrampilan: Unjuk kerja
2. Bentuk
Instrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
...................., 2014
Kepala Sekolah Guru Kelas V
...........................................
.........................................
NIP. NIP.
Lampiran
d.
Penilaian Ketrampilan : menyelesaikan soal latihan pecahan
Lembar
penilaian
OBSERVASI PENILAIAN KETRAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN
Kelas /semester :
5/1
Tanggal Pengamatan :
Subtema :
Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran : 4
No
|
Nama
|
Aspek
yang dinialai
|
Jml
Skor
|
Rata-rata
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
A:
Melakukan seluruh prosedur
B:
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
C:
Isi Jawaban sesuai pernyataan
D:
Sikap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar