Rabu, 27 Agustus 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan : SD ......................
Kelas/ Semester       : V/ 1(Satu)
Tema                          : 1     Benda –benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema                  : 1.1 Wujud Benda dan Cirinya
Alokasi Waktu          : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)
Pertemuan ke           :  4 (empat)
Waktu Pelaksanaan            :  ……………..

A.  Kompetensi Inti (KI)

1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
PPKn
1.1    Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.1    Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.6 Memahami perlunya saling   memenuhi keperluan hidup.
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk  menumbuhkan kebutuhan nasional

Indikator
3.6.1 Mengidentifikasi kebutuhan hidup bertetangga
4.6.1Mendaftar asal daerah dari barang-barang yang digunakannya seharihari di    rumah

BAHASA INDONESIA
KompetensiDasar

1.1 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4. Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1  Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1  Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia,keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator
3.1.1 Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
4.1.1 Menuliskan contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melaluipengamatan,misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan

IPS
KompetensiDasar

1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
2.2    Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1    Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi,pendidikan dan budayadalam lingkup nasional.
 4.1  Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan    manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi,pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumbersumber yang tersedia

Indikator

3.1.1  Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial,ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis tentang  mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar-ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi,pendidikan dan budayadalam lingkup nasional

MATEMATIKA
KompetensiDasar

    1.1     Menerima ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.2    Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa,campuran, desimal dan persen)dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.8  Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan,pengurangan, perkalian, dan  pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam decimal dan persen dengan berbagai  kemungkinan jawaban

Indikator
3.2.1 Mengenal operasi perkalianberbagai bentuk pecahan
4.8.1     Melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan.
C Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati gambar, siswa dapatmenemukan contoh perubahan lingkungan yang disebabkan perilaku manusia dengan cermat dan teliti.
2.    Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi dampak negatif    penggunaan pestisida.
3.    Dengan studi pustaka, siswadapat menemukan informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam secara mandiri, cermat, dan teliti.
4.    Dengan eskplorasi, siswa dapat mengidentifikasi perilaku-perilaku manusia yang menyebabkan perubahan alam secara cermat dan teliti.
5.    Dengan diskusi,  siswa dapatmengidentifikasi perubahan – perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu dengan demokrasi dan komunikatif.
6.    Dengan membaca, siswa dapatmenemukan contoh-contoh budaya Indonesia yang mulai luntur dengan cermat dan teliti.
7.    Dengan berlatih, siswa dapatmelakukan operasi perkalian pecahan desimal secara mandiri,cermat,  dan teliti.

D. Materi Pembelajaran

1. Keperluan hidup antar daerah untuk  menumbuhkan kebutuhan nasional
2. Kosakata baku dan tidak baku
3. Operasi perkalian  berbagai bentuk pecahan

E. Metode Pembelajaran

      1. Metode : diskusi, tanya jawab, tugas.
      2. Pendekatan: Saintifik

F. Media,alat dan sumber pembelajaran
     1. Media               : LCD, Gambar orang membuang sampah di sungai,gambar orang menebang pohon sembarangan.
     2. Alat                    : Alat-alat tulis
     3. Sumber belajar : Buku Guru kelas V semester 1,BukuSiswakelas v semester 1, Modul Pelatihan Kurikulum 2103.

G. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan
1.    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam.
2.    Salah satu siswa memimpin temen-temannya berdoa.
3.    Siswa menyanyikan lagu “Desaku” bersama-sama.
4.    Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
5.    Guru menyampaikan manfaat mempelajari materi pelajaran.
6.    Guru menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik dengan mengikuti pembelajaran.
7.    Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan pada pembelajaran,  yaitu dengan berdiskusi, tanya jawab, kerja individu maupun kelompok.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.    Siswa mengamati gambar orang membuang sampah di sungai.(mengamati)
2.    Siswa diskusi dengan teman tentang gambar orang membuang sampah di sungai. (menalar)
3.    Siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati. (mengkomunikasi)

4.    Guru mengkonfirmasi dan  mengapresiasi  jawaban-jawaban siswa (mengkomunikasi)
5.    Siswa di minta membaca teks yang berjudul “Dampak Negatif Penggunaan Pestisida”Secara bergantian (mencoba)
6.    Selesai membaca siswa menulis kosa kata baku dan tidak baku yang terdapat pada bacaan. (mengamati,menanya, mencoba,menalar,mengkomunikasikan)
7.    Siswa menuliskan informasi-informasi  yang terdapat pada bacaan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa. (mengamati,menanya, mencoba,menalar,mengkomunikasikan)
8.    Siswa diminta mengerjakan  soal secara mandiri(mencoba)
9.    Guru memandu siswa yang mengalami kesulitan.(mengamati, mengkomunikasikan)
10. Siswa berdiskusi mengidentifikasi kegiatan-kigiatan masyarakat di sekitar tempat tinggal yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan. (mengkomunikasikan)
11. Siswa mengamati gambar berkaitan perilaku orang pada gambar dengan keseimbangan alam. (mengamati, menanya, mengkomunikasi, menalar)
12. Guru melakukanpenilaian yang berkaitan dengan hal-hal berikut ini.
13. Guru melanjutkan materi tentang perubahan pada perilaku manusia dari waktu ke waktu  yang menyangkut aspek soaial, ekonomi, pendidikan, dan budaya. (mengkomunikasikan, menanya, menalar)
14. Siswa diminta mengamati kehidupan  tentang kebutuhan-kebutuhan hidup bertetangga di daerah tempat tinggalnya.
15. Guru melanjutkan materi yang berhubungan dengan kehidupan bertetangga tentang perbandingan bahan-bahan dalam membuat adonan makanan.
16. Guru memberikan penjelasan cara melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan. (mengkomunikasikan, menalar, menanya, mencoba)
17. Siswa berlatih menyelesaikan soal latihan untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran, dan sebaliknya. [mengamati, mencoba, menalar]
18. Siswa bersama teman sebangku membahas hasil latihan. Guru melakukan konfirmasi. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan
190 Menit
Penutup
1.    Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang perubahan alam, perubahan wujud benda, pecahan biasa, campuran, desimal dan persen.
2.    Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.    Guru memberikan tes secara lisan dan tertulis.
4.    Hasil kerja siswa dikumpulkan sebagai bahan portofolio.
5.    Guru memberi arahan tentang kegiatan berikutnya dan memberikan tugas untuk pengayaan.
6.    Salah satu siswa memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran
10 Menit


H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
     a. Penilaian Sikap
     b. Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
     c. Penilaian Ketrampilan: Unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen Penilaian
     a. Penilaian sikap                 

                                                                                          ....................,                     2014
              Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas V




             ...........................................                                                           .........................................
             NIP.                                                                                              NIP.


 
Lampiran


            d. Penilaian Ketrampilan : menyelesaikan soal latihan pecahan
                       
                
                
                 Lembar penilaian
            OBSERVASI PENILAIAN KETRAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN
Kelas /semester                   : 5/1
Tanggal Pengamatan                     :
Subtema                               : Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran : 4


No
Nama
Aspek yang dinialai
Jml Skor
Rata-rata
A
B
C
D
1







2







3

















           Ket:
                 A: Melakukan seluruh prosedur
                 B: Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
                 C: Isi Jawaban sesuai pernyataan
                 D: Sikap


DOWNLOAD RPP:
DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar