Rabu, 27 Agustus 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD ......................................
Kelas/ Semester       : V/1 (Satu)
Tema                          : 1     Benda-benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema                  : 1.1  Wujud Benda dan Cirinya
Alokasi Waktu          : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)
Pertemuan Ke          : 6 (enam)
Waktu Pelaksanaan            :  ……………

A.  Kompetensi Inti (KI)
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.Kompetensi Dasar dan Indikator

PPKn
KompetenaiDasar

1.1    Menghargaisemangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.1    Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila

3.3    Memahami keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal  Ika di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat
4.3  Membantu masyarakat dalam melaksanakan suatu kegiatan di lingkungan rumah sekolah,dan masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa, dan sosial ekonomi


Indikator
3.3.1  Mengidentifikasi manfaat dan arti pentingnya kerja sama di rumah, sekolah, dan
masyarakat dalam kerangka kerukunan
4.3.1 Menjelaskan manfaat dan arti pentingnya kerja sama di rumah, sekolah, dan
  SBDP
KompetensiDasar

1.1    Mener ima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1    Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.4       Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas 
           daerah.
4.13   Membuat karya kerajinan dari bahan tali temali.

Indikator

            3.4.1 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif benda kerajinan
4.13.1 Membuat roncean bernuansa nusantara
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
1.1       Meresapi makna anugrah Tuhan yang Masa Esa berupa bahasa indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul, daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.1    Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.1      Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4. 1    Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan buku tentang tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata.
Indikator
3.1.1. Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia.
4.1.1     Membuat pertanyaan tentang perubahan alam berdasarkan teks.
4.1.2     Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia

IPS
Kompetensi Dasar
1.1.  Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika
        berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.4   Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan
    sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
    sekitar
4.7   Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan
    alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan
    tersebut tidak diatasi

Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula
4.7.1 Menyajikan hasil laporan pengamatan perubahan wujud
C.  Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati gambar serta menganalisis gambar dengan seksama siswa dapat menyebutkan tema yang akan dipelajari dengan teliti.
2.    Dengan mengamati gambar dengan seksama siswa dapat menjawab pertanyaan berkaitan dengan tema yang sedang dipelajari.
3.    Dengan memperhatikan teks bacaan siswa dapat menjelaskan proses perubahan wujud suatu benda dengan pemikiran yang logis dan penuh rasa ingin tahu.
4.    Dengan mempelajari teknik membuat karya seni ronce siswa terampil dalam mempraktekan teknik dasar membuat ronce dengan memperhatikan segi bahan, fungsi, proses pembuatan, kekuatan dan keindahan sehingga menghasilkan karya ronce secara mandiri dan kreatif.
5.    Dengan proses pengamatan secara seksama, siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan perubahan wujud benda, membedakan proses pemanasan, pendinginan dan penguapan secara logis dan tepat.
6.    Dengan proses pengamatan secara teliti siswa dapat menganalisis proses perubahan wujud serta menganalisa benda dan perubahannya secara mandiri.
7.    Dengan melakukan pengamatan siswa dapat melaporkan hasil pengamatan dalam bentuk essay dengan sistematis.
8.    Dengan membaca teks dengan seksama siswa dapat menuliskan kembali informasi penting dari bacaan dan memberikan pendapat yang logis tentang teks bacaan yang telah dibaca dengan sikap penuh percaya diri.
9.    Dengan membaca dan mencermati teks bacaan siswa dapat menyimpulkan permasalahan sosial dan lingkungan di dalamnya dengan pemikiran yang kritis.
10. Dengan membaca seksama siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks   bacaan dan menuliskan kembali informasi penting dari bacaan mandiri.
D. Materi Pembelajaran
1.    Perubahan wujud benda.
2.    Meronce
3.    Menulis laporan
4.    Kerja sama

E.  Metode Pembelajaran
1.    Metode :  diskusi, tanya jawab
2.    Pendekatan : saintifik  
F.Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                         : Buku, laptop, cd pembelajaran dan monitor LCD, gambar
2.    Alat                 :  telur, lilin, gula pasir, kayu, es, bahan ronce
3.    Sumber belajar         :
-          Buku Siswa Kelas V Tema I
-          Buku Guru Kelas V Tema I


G. Langkah – langkah Pembelajaran

Pendahuluan
1.    Siswa  berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2.    Guru menanyakan kehadiran siswa
3.    Guru mengkondisikan kelas dan memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran
4.    Siswa membaca seksama sebuah ilustrasi tentang membuat seni kerajinan ronce yang mereka pelajari sebelumnya
5.    Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada tema ini
10 menit
Kegiatan Inti
1.     Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan gambar pertanyaan-pertanyan pancingan seperti yang tertera dalam lembar yang telah disediakan : Coba sebutkan alat dan bahan apa yang diperlukan untuk membuat ronce! (menanya)
2.     Siswa diminta membaca teks bacaan secara seksama tentang tahapan membuat ronce (mengamati )
3.     Berdasarkan pemahaman mereka, siswa diminta berkreasi membuat karya seni atau kerajinan seni ronce. (mencoba)
4.     Siswa diminta untuk mengikuti prosedur pengerjaan ronce denagn benar (mencoba)
5.     Siswa diminta membaca ilustrasi bacaan yang telah disediakan. (mengamati )
6.     Siswa diminta memperhatikan gambar dan membedakan dengan seksama wujud dan sifat masing-masing benda. (mengamati,menalar)
7.     Siswa diminta berdiskusi dan menyampaikan pendapat tentang pemahaman mereka akan proses perubahan wujud suatu benda serta menganalisis apakah benda-benda tersebut mengalami perubahan wujud ke bentuk semula.(menalar,mengkomunikasikan)
8.     Guru memancing rasa ingin tahu siswa dengan pertanyaan: Apa yang terjadi pada keempat benda itu setelah mengalami proses pendinginan maupun pembakaran? Dapatkah benda-benda tersebut kembali ke bentuk semula? (menanya,mengkomunikasikan)
9.     Siswa diminta mencatat hasil pengamatan mereka dalam lembar catatan yang telah disediakan
10.  Siswa diminta berlatih dengan bimbingan dan penilaian guru, teman orangtua maupun anggota keluarga mereka (mencoba )
11.  Siswa diminta untuk mengamati bacaan yang berjudul “ Perubahan Wujud Benda” dengan seksama.(mengamati)
12.  Siswa diminta untuk membaca bersuara teks bacaan secara bergantian dengan memperhatikan kejelasan lafal, volume suara dan intonasi yang bervariasi. (mencoba)
13.  Siswa diminta berdiskusi dan memberikan pendapat tentang tentang informasi penting/pesan yang ada dalam bacaan tersebut.(menalar)
14.  Siswa diminta menganalisis beberapa macam benda disekita mereka dan purubahan wujud dan sifat benda-benda tersebut.

15.  Siswa melakukan percobaan tentang perubahan wujud benda dengan membakar lilin. (mencoba)
16.  Siswa mengamati setiap kejadian yang terjadi pada lilin. (mengamati)
17.  Siswa membuat laoran hasil percobaan secara tertulis.(mengkomunikasikan)
18.  Siswa diminta membaca bacaan tentang kegiatan manusia yang merusak lingkungan.
19.  Guru memancing siswa untuk mengkomunikasikan pemahamannya tentang sampah dan pengelolaannya dengan mengarahkan diskusi tentang kegiatan manusia yang merusak lingkungan
20.  siswa diminta memahami permasalahan penting dari teks bacaan dan mendiskusikan informasi penting yang mereka dapatkan. (menalar)
21.  Siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan dengan cermat dan teliti
22.  Siswa bersama teman sebangku membahas hasil latihan. Guru melakukan konfirmasi. [mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan].

190 menit

Penutup

1.    Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang  perubahan wujud benda, kegiatan manusia yang merusak lingkungan dan prosedur meronce
2.    Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.    Guru memberikan remidi dan pengayaan
4.    Guru memberikan penguatan materi  dengan memberikan Pekerjaan Rumah (PR )
5.    Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran



B.   Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap:
Sikap spiritual
Sikap Sosial  : Tanggung jawab, percaya diri, disiplin
b.    Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
c.    Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
2.    Bentuk Instrumen Penilaian

.....................,                   2014
            Kepala Sekolah                                                       Guru Kelas V


            ......................................                                                             .........................................
            NIP.                                                                            NIP.




Lampiran

a.    Penilaian Sikap Spiritual

        Rubrik  Observasi Sikap Spiritual

Kriteria
Sikap
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
4
3
2
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




Merasakan keberadaan da kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan





Lembar Penilaian Spiritual

Nama siswa

Aspek 1
Aspek 2
Aspek 3

Aspek 4

Aspe 5
Rata -rata

1

2

3


4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4


























































































Sikap sosial
Rubrik lembar penilaian Observasi Sikap Sosial
Berilah tanda centang pada kolom yang sesuai dengan sikap masing-masing anak



Nama
Sikap



Rata-rata
Tanggung jawab
Percaya diri
Disiplin
Belum tampak
Tampak
Menonjol
Belum tampak
tampak
Menonjol
Belum tampak
tampak
menonjol
1
2
3
1
2
3
1
2
3


































b.    Penilaian Pengetahuan
Jawablah pertanyaan di bawah ini!

1.    Melalui proses apa sajakah perubahan wujud benda dapat terjadi?
2.    Apa yang terjadi apabila lilin kita panaskan?
3.    Baju basah yang kita jemur di bawah sinar matahari lama kelamaan menjadi kering. Perubahan wujud apakah yang terjadi?
4.    Sebutkan permasalah sosial yang sering terjadi di lingkungan kita yang bisa menyebabkan bencana banjir!
5.    Tulislah  contoh-contoh kegiatan manusia yang dapat merusak lingkungan!

Kunci Jawaban

1.    Pembakaran, pemanasan, pendinginan, penguapan (alternatif jawaban)
2.    Akan meleleh/mencair
3.    Menguap
4.    Membuang sampah sembarangan , menebang pohon secara liar(alternatif jawaban)
5.    Pembangunan perumahan yang tidak terencana, penebangan pohon, pembakaran hutan,penambangan pasir,polusi (alternatif jawaban)

Skor Penilaian
Skor perolehan : 20  X 100

C.   Ketrampilan

1.Ceklis Penilaian Diskusi
Beri tanda üpada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu
Lakukan secara Jujur!
Kriteria Penilaian
Ya
Tidak
Apakah temanmu aktif dalam memberikan pendapat?
Apakah temanmu memiliki pengetahuan yang sesuai
dengan topik diskusi?
Apakah temanmu menghargai pendapat teman lainnya?
Apakah temanmu berbicara dengan suara jelas dan nyaring
serta intonasi yang bervariasi?
Ket. Ya nilai=1,    tidak nilai=0

Format penilaian ceklis
No
Nama
Kriteria yang dinilai
Nilai
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
















Rubrik Tugas Pengamatan Perubahan Wujud Benda
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang perubahan wujud benda
• Keterampilan mengamati
• Kemandirian dan manajemen waktu dalam mengerjakan tugas


Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Butuh Bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa menunjukkan pemahaman materi yang sangat baik dalam tahapan pengamatan
Siswa menunjukkan pemahaman materi yang baik dalam tahapan pengamatan
Siswa menunjukkan pemahaman materi dengan cukup baik dalam tahapan pengamatan
Siswa masih perlu menunjukkan pemahaman materi dalam thapan mpengamatan mereka
Siswa mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan dengan sangat baik, rinci, dan jelas
Siswa mampu bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan dengan rinci dan jelas
Siswa perlu bekerja secara lebih sistematis dan menambahkan beberapa perbaikan agar dapat mencatat hasil pengamatan dengan rinci dan jelas
Siswa sangat perlu bimbingan untuk bekerja secara lebih sistematis dan mencatat hasil pengamatan agar lebih rinci dan jelas
Pengamatan
Siswa dapat menganalisa proses perubahan wujud benda dengan sangat cermat dan tepat
Siswa dapat menganalisa proses perubahan wujud benda dengan baik
Siswa masih perlu belajar untuk menganalisa proses perubahan wujud benda dengan baik
Siswa belum mampu menganalisa proses perubahan wujud benda dengan baik
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)
siswa sangat mandiri mengerjakan tugas, dan mampu menyelesaikan sebelum waktu yang ditentukan
siswa bersikap mandiri mengerjakan tugas, dan selesai tepat waktu
siswa masih perlu diingatkan sesekali untuk bekerja secara mandiri dan menyelesaikan tugas tepat waktu
siswa masih perlu dibimbing dalam bekerja mandiri dan agar menyelesaikan tugas tepat pada waktu yang ditentukan

Lembar Penilaian


Nama siswa

Aspek 1
Aspek 2
Aspek 3

Rata-rata

1

2

3


4

1

2

3

4

1

2

3

4

























































b. Rubrik membuat Proyek Keterampilan dan Kesenian
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang keterampilan meronce
• Keterampilan dalam membuat ronce
• Kemandirian dalam membuat ronce

Membuat Ronce
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Tekhnik
(Pengetahuan)
Dan Keindahan (Estetika)
Keseluruhan desain keterampilan seni menggunakan teknik kerajinan, prinsip dan penggunaan material serta nilai kesenian dan keindahan yang tinggi
Hampir keseluruhan desain keterampilan seni menggunakan teknik kerajinan, prinsip dan penggunaan material serta nilai kesenian dan keindahan yang baik
Beberapa bagian pada desain keterampilan seni menggunakan teknik kerajinan, prinsip dan penggunaan material serta nilai kesenian dan keindahan yang cukup baik
Hanya sedikit bagian pada desain belum menunjukkan keterampilan seni yang menggunakan teknik kerajinan, prinsip dan penggunaan maaterial yang baik serta masih harus meningkatkan nilai kesenian dan keindahan dengan lebih baik lagi
Keteraturan dan kekonstanan bentuk sangat baik sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indah
Keteraturan dan kekonstanan bentuk baik sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indah
Keteraturan dan kekonstanan bentuk cukup sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indah
Keteraturan dan kekonstanan bentuk kurang sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indah
Kemandirian dan pengumpulan tugas
Menunjukkan kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan mengumpulkan tugas sebelum waktu yang ditentukan
Mandiri dalam pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
Menunjukkan kemandirian namun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat mengumpulkan tugas
Belum menunjukkan kemandirian dan sangat terlambat mengumpulkan tugas
Keterampilan
Sangat terampil dalam membuat
Keterampilan kesenian yang sesuai dengan tema
Terampil dalam membuat
Keterampilan kesenian yang sesuai dengan tema
Cukup terampil dalam membuat
Keterampilan kesenian yang sesuai dengan tema
Kurang terampil dalam membuat
Keterampilan kesenian yang sesuai dengan

Lembar Penilaian

Nama siswa

Aspek 1
Aspek 2
Aspek 3

Rata-rata

1

2

3


4

1

2

3

4

1

2

3

4

























































Rubrik Tulisan Essay
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang penulisan essay
• keterampilan membuat essay
• Kemandirian dan manajemen waktu dalam mengerjakan tugas

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Butuh Bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa menunjukkan pemahaman materi tulisan essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua tulisan essay
Siswa hanya menunjukkan beberapa pemahaman materi dalam tulisan essay
Siswa menunjukkan sedikit pemahaman materi pada tulisan essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada tulisan essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua tulisan essay
Siswa hanya mampu memberikan beberapa alasan yang tepat dalam tulisan essay
Siswa hanya mampu memberikan sedikit alasan yang tepat pada tulisan essay
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
Mandiri mengerjakan tugas dan selesai tepat waktu
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
Penggunaan Bahasa
Menggunakan kosa kata bahasa Indonesia yang baikdanbenar
Terdapat satu atau dua kesalahan dalam pengggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benar
Terdapat tiga atau empat kesalahan dalam pengggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benar
Terdapat lebih dari lima kesalahan dalam pengggunaan kosa kata bahasa Indonesia yan

Lembar Penilaian

Nama

Aspek 1
Aspek 2
Aspek 3

Rata-rata

1

2

3


4

1

2

3

4

1

2

3

4

























































Nilai akhir =jumlah skor penilaian   X 100%
                                16
                  = ……………..
   

Daftar nilai
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai Akhir (NA)
Sikap
Mengamati gambar
Soal pecahan
Laporan
1
Amir






2







3







4







5























































































                                                                                   


DOWNLOAD RPP:
DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar