RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan
Pendidikan : SD
......................................
Kelas/
Semester : V/1 (Satu)
Tema :
1 Benda-benda
di Lingkungan Sekitar
Sub Tema : 1.1 Wujud
Benda dan Cirinya
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35
Menit)
Pertemuan Ke :
6 (enam)
Waktu Pelaksanaan : ……………
A. Kompetensi Inti (KI)
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
- Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.Kompetensi
Dasar dan Indikator
PPKn
KompetenaiDasar
1.1 Menghargaisemangat
kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam
kehidupan bermasyarakat
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung
jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf
yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan,
cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral
Pancasila
3.3
Memahami keanekaragaman sosial,
budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan
masyarakat
4.3
Membantu masyarakat dalam melaksanakan suatu kegiatan di lingkungan
rumah sekolah,dan masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa, dan sosial
ekonomi
Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi manfaat dan arti
pentingnya kerja sama di rumah, sekolah, dan
masyarakat dalam kerangka kerukunan
4.3.1 Menjelaskan
manfaat dan arti pentingnya kerja sama di rumah, sekolah, dan
SBDP
KompetensiDasar
1.1 Mener ima kekayaan dan
keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah
karya seni.
3.4
Memahami prosedur dan langkah
kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas
daerah.
4.13 Membuat karya kerajinan dari bahan tali
temali.
Indikator
3.4.1 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif benda
kerajinan
4.13.1 Membuat
roncean bernuansa nusantara
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
1.1 Meresapi makna anugrah Tuhan yang Masa Esa
berupa bahasa indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul, daripada
bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.1 Memiliki kepedulian dan
tanggung jawab terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.1
Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan
rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan
pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4. 1
Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan buku tentang
tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem,
serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata.
Indikator
3.1.1. Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang
alam dan pengaruh kegiatan manusia.
4.1.1
Membuat pertanyaan tentang perubahan alam berdasarkan teks.
4.1.2
Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam
dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia
IPS
Kompetensi Dasar
1.1. Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi
internal ketika
berhubungan dengan lembaga sosial, budaya,
ekonomi dan politik
3.4
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan
penggunaan
sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan
manusia terhadap keseimbangan lingkungan
sekitar
4.7
Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya
keseimbangan
alam akibat ulah manusia, serta memprediksi
apa yang akan terjadi jika permasalahan
tersebut tidak diatasi
Indikator
3.4.1 Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud
semula
4.7.1 Menyajikan
hasil laporan pengamatan perubahan wujud
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar
serta menganalisis gambar dengan seksama siswa dapat menyebutkan tema yang akan
dipelajari dengan teliti.
2. Dengan mengamati gambar
dengan seksama siswa dapat menjawab pertanyaan berkaitan dengan tema yang
sedang dipelajari.
3. Dengan memperhatikan teks
bacaan siswa dapat menjelaskan proses perubahan wujud suatu benda dengan
pemikiran yang logis dan penuh rasa ingin tahu.
4. Dengan mempelajari teknik
membuat karya seni ronce siswa terampil dalam mempraktekan teknik dasar membuat
ronce dengan memperhatikan segi bahan, fungsi, proses pembuatan, kekuatan dan
keindahan sehingga menghasilkan karya ronce secara mandiri dan kreatif.
5. Dengan proses pengamatan
secara seksama, siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan perubahan wujud benda,
membedakan proses pemanasan, pendinginan dan penguapan secara logis dan tepat.
6. Dengan proses pengamatan
secara teliti siswa dapat menganalisis proses perubahan wujud serta menganalisa
benda dan perubahannya secara mandiri.
7. Dengan melakukan
pengamatan siswa dapat melaporkan hasil pengamatan dalam bentuk essay dengan
sistematis.
8. Dengan membaca teks
dengan seksama siswa dapat menuliskan kembali informasi penting dari bacaan dan
memberikan pendapat yang logis tentang teks bacaan yang telah dibaca dengan
sikap penuh percaya diri.
9. Dengan membaca dan
mencermati teks bacaan siswa dapat menyimpulkan permasalahan sosial dan
lingkungan di dalamnya dengan pemikiran yang kritis.
10. Dengan membaca seksama
siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan dan menuliskan kembali informasi
penting dari bacaan mandiri.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Perubahan wujud benda.
2.
Meronce
3.
Menulis laporan
4.
Kerja sama
E. Metode Pembelajaran
1.
Metode : diskusi, tanya
jawab
2.
Pendekatan : saintifik
F.Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Buku, laptop, cd pembelajaran dan monitor LCD, gambar
2.
Alat : telur, lilin, gula pasir, kayu, es, bahan
ronce
3.
Sumber belajar :
-
Buku Siswa Kelas V Tema I
-
Buku Guru Kelas V Tema I
G. Langkah – langkah Pembelajaran
Pendahuluan
|
1.
Siswa berdoa bersama
dipimpin salah satu siswa
2.
Guru menanyakan kehadiran siswa
3.
Guru mengkondisikan kelas dan memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran
4.
Siswa membaca seksama sebuah ilustrasi tentang
membuat seni kerajinan ronce yang mereka pelajari sebelumnya
5.
Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai pada tema ini
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa
dengan memberikan gambar pertanyaan-pertanyan pancingan seperti yang tertera
dalam lembar yang telah disediakan : Coba sebutkan alat dan bahan apa yang
diperlukan untuk membuat ronce! (menanya)
2.
Siswa diminta membaca teks bacaan
secara seksama tentang tahapan membuat ronce (mengamati )
3.
Berdasarkan pemahaman mereka, siswa
diminta berkreasi membuat karya seni atau kerajinan seni ronce. (mencoba)
4.
Siswa diminta untuk mengikuti
prosedur pengerjaan ronce denagn benar (mencoba)
5.
Siswa diminta membaca ilustrasi bacaan
yang telah disediakan. (mengamati )
6.
Siswa diminta memperhatikan gambar
dan membedakan dengan seksama wujud dan sifat masing-masing benda. (mengamati,menalar)
7.
Siswa diminta berdiskusi dan
menyampaikan pendapat tentang pemahaman mereka akan proses perubahan wujud
suatu benda serta menganalisis apakah benda-benda tersebut mengalami
perubahan wujud ke bentuk semula.(menalar,mengkomunikasikan)
8.
Guru memancing rasa ingin tahu siswa
dengan pertanyaan: Apa yang
terjadi pada keempat benda itu setelah mengalami proses pendinginan maupun
pembakaran? Dapatkah benda-benda tersebut kembali ke bentuk semula? (menanya,mengkomunikasikan)
9.
Siswa diminta mencatat hasil
pengamatan mereka dalam lembar catatan yang telah disediakan
10. Siswa
diminta berlatih dengan bimbingan dan penilaian guru, teman orangtua maupun
anggota keluarga mereka (mencoba )
11. Siswa
diminta untuk mengamati bacaan yang berjudul “ Perubahan Wujud Benda” dengan
seksama.(mengamati)
12. Siswa
diminta untuk membaca bersuara teks bacaan secara bergantian dengan
memperhatikan kejelasan lafal, volume suara dan intonasi yang bervariasi. (mencoba)
13. Siswa
diminta berdiskusi dan memberikan pendapat tentang tentang informasi
penting/pesan yang ada dalam bacaan tersebut.(menalar)
14. Siswa
diminta menganalisis beberapa macam benda disekita mereka dan purubahan wujud
dan sifat benda-benda tersebut.
15. Siswa
melakukan percobaan tentang perubahan wujud benda dengan membakar lilin. (mencoba)
16. Siswa
mengamati setiap kejadian yang terjadi pada lilin. (mengamati)
17. Siswa
membuat laoran hasil percobaan secara tertulis.(mengkomunikasikan)
18. Siswa
diminta membaca bacaan tentang kegiatan manusia yang merusak lingkungan.
19. Guru
memancing siswa untuk mengkomunikasikan pemahamannya tentang sampah dan
pengelolaannya dengan mengarahkan diskusi tentang kegiatan manusia yang
merusak lingkungan
20. siswa
diminta memahami permasalahan penting dari teks bacaan dan mendiskusikan
informasi penting yang mereka dapatkan. (menalar)
21. Siswa diminta
menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan dengan cermat dan teliti
22. Siswa bersama teman sebangku membahas
hasil latihan. Guru melakukan konfirmasi. [mengamati,
menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan].
|
190 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang perubahan wujud benda, kegiatan manusia
yang merusak lingkungan dan prosedur meronce
2.
Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.
Guru memberikan remidi dan pengayaan
4.
Guru memberikan penguatan materi
dengan memberikan Pekerjaan Rumah (PR )
5.
Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran
|
B. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap:
Sikap
spiritual
Sikap
Sosial : Tanggung jawab, percaya diri,
disiplin
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
....................., 2014
Kepala Sekolah Guru
Kelas V
......................................
.........................................
NIP.
NIP.
Lampiran
a.
Penilaian Sikap Spiritual
Rubrik
Observasi Sikap Spiritual
Kriteria
|
Sikap
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak
pernah
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun
tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
||||
Merasakan keberadaan da kebesaran Tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuan
|
Lembar Penilaian Spiritual
Nama siswa
|
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Aspek 4
|
Aspe 5
|
Rata -rata
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Sikap sosial
Rubrik lembar
penilaian Observasi Sikap Sosial
Berilah tanda
centang pada kolom yang sesuai dengan sikap masing-masing anak
Nama
|
Sikap
|
Rata-rata
|
||||||||
Tanggung jawab
|
Percaya diri
|
Disiplin
|
||||||||
Belum tampak
|
Tampak
|
Menonjol
|
Belum tampak
|
tampak
|
Menonjol
|
Belum tampak
|
tampak
|
menonjol
|
||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
b.
Penilaian Pengetahuan
Jawablah
pertanyaan di bawah ini!
1.
Melalui proses apa sajakah perubahan wujud benda dapat terjadi?
2.
Apa yang terjadi apabila lilin kita panaskan?
3.
Baju basah yang kita jemur di bawah sinar matahari lama kelamaan
menjadi kering. Perubahan wujud apakah yang terjadi?
4.
Sebutkan permasalah sosial yang sering terjadi di lingkungan kita yang
bisa menyebabkan bencana banjir!
5.
Tulislah contoh-contoh
kegiatan manusia yang dapat merusak lingkungan!
Kunci Jawaban
1.
Pembakaran, pemanasan, pendinginan, penguapan (alternatif jawaban)
2.
Akan meleleh/mencair
3.
Menguap
4.
Membuang sampah sembarangan , menebang pohon secara liar(alternatif
jawaban)
5.
Pembangunan perumahan yang tidak terencana, penebangan pohon,
pembakaran hutan,penambangan pasir,polusi (alternatif jawaban)
Skor Penilaian
Skor perolehan : 20 X 100
C. Ketrampilan
1.Ceklis Penilaian Diskusi
Beri tanda üpada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan
penilaian terhadap Temanmu
Lakukan secara Jujur!
Kriteria
Penilaian
|
Ya
|
Tidak
|
Apakah
temanmu aktif dalam memberikan pendapat?
|
||
Apakah
temanmu memiliki pengetahuan yang sesuai
dengan topik
diskusi?
|
||
Apakah
temanmu menghargai pendapat teman lainnya?
|
||
Apakah
temanmu berbicara dengan suara jelas dan nyaring
serta
intonasi yang bervariasi?
|
Ket. Ya nilai=1, tidak nilai=0
Format penilaian ceklis
No
|
Nama
|
Kriteria yang
dinilai
|
Nilai
|
|||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
|||
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang perubahan wujud benda
• Keterampilan mengamati
• Kemandirian dan manajemen waktu dalam
mengerjakan tugas
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Butuh Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa menunjukkan
pemahaman materi yang sangat baik dalam tahapan pengamatan
|
Siswa menunjukkan
pemahaman materi yang baik dalam tahapan pengamatan
|
Siswa menunjukkan
pemahaman materi dengan cukup baik dalam tahapan pengamatan
|
Siswa masih perlu
menunjukkan pemahaman materi dalam thapan mpengamatan mereka
|
Siswa mampu
bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan dengan sangat baik,
rinci, dan jelas
|
Siswa mampu
bekerja secara sistematis dan mencatat hasil pengamatan dengan rinci dan
jelas
|
Siswa perlu
bekerja secara lebih sistematis dan menambahkan beberapa perbaikan agar dapat
mencatat hasil pengamatan dengan rinci dan jelas
|
Siswa sangat
perlu bimbingan untuk bekerja secara lebih sistematis dan mencatat hasil
pengamatan agar lebih rinci dan jelas
|
|
Pengamatan
|
Siswa dapat
menganalisa proses perubahan wujud benda dengan sangat cermat dan tepat
|
Siswa dapat
menganalisa proses perubahan wujud benda dengan baik
|
Siswa masih perlu
belajar untuk menganalisa proses perubahan wujud benda dengan baik
|
Siswa belum mampu
menganalisa proses perubahan wujud benda dengan baik
|
Kemandirian &
Manajemen Waktu
(attitude)
|
siswa sangat
mandiri mengerjakan tugas, dan mampu menyelesaikan sebelum waktu yang
ditentukan
|
siswa bersikap
mandiri mengerjakan tugas, dan selesai tepat waktu
|
siswa masih perlu
diingatkan sesekali untuk bekerja secara mandiri dan menyelesaikan tugas
tepat waktu
|
siswa masih perlu
dibimbing dalam bekerja mandiri dan agar menyelesaikan tugas tepat pada waktu
yang ditentukan
|
Lembar Penilaian
Nama siswa
|
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Rata-rata
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
b. Rubrik membuat
Proyek Keterampilan dan Kesenian
Kompetensi
yang dinilai:
• Pengetahuan tentang keterampilan meronce
• Keterampilan dalam membuat ronce
• Kemandirian dalam membuat ronce
Membuat Ronce
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Tekhnik
(Pengetahuan)
Dan Keindahan
(Estetika)
|
Keseluruhan
desain keterampilan seni menggunakan teknik kerajinan, prinsip dan penggunaan
material serta nilai kesenian dan keindahan yang tinggi
|
Hampir
keseluruhan desain keterampilan seni menggunakan teknik kerajinan, prinsip dan
penggunaan material serta nilai kesenian dan keindahan yang baik
|
Beberapa bagian
pada desain keterampilan seni menggunakan teknik kerajinan, prinsip dan
penggunaan material serta nilai kesenian dan keindahan yang cukup baik
|
Hanya sedikit
bagian pada desain belum menunjukkan keterampilan seni yang menggunakan
teknik kerajinan, prinsip dan penggunaan maaterial yang baik serta masih
harus meningkatkan nilai kesenian dan keindahan dengan lebih baik lagi
|
Keteraturan dan
kekonstanan bentuk sangat baik sesuai dengan proporsi dan komposisi desain
yang benar dan indah
|
Keteraturan dan
kekonstanan bentuk baik sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang
benar dan indah
|
Keteraturan dan
kekonstanan bentuk cukup sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang
benar dan indah
|
Keteraturan dan
kekonstanan bentuk kurang sesuai dengan proporsi dan komposisi desain yang
benar dan indah
|
|
Kemandirian dan
pengumpulan tugas
|
Menunjukkan
kemandirian penuh dalam pengerjaan tugas dan mengumpulkan tugas sebelum waktu
yang ditentukan
|
Mandiri dalam
pengerjaan tugas dan tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
|
Menunjukkan
kemandirian namun belum stabil dalam sebagian besar proses dan terlambat
mengumpulkan tugas
|
Belum menunjukkan
kemandirian dan sangat terlambat mengumpulkan tugas
|
Keterampilan
|
Sangat terampil
dalam membuat
Keterampilan
kesenian yang sesuai dengan tema
|
Terampil dalam
membuat
Keterampilan
kesenian yang sesuai dengan tema
|
Cukup terampil
dalam membuat
Keterampilan
kesenian yang sesuai dengan tema
|
Kurang terampil
dalam membuat
Keterampilan
kesenian yang sesuai dengan
|
Lembar
Penilaian
Nama siswa
|
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Rata-rata
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Rubrik
Tulisan Essay
Kompetensi
yang dinilai:
• Pengetahuan tentang penulisan essay
• keterampilan membuat essay
• Kemandirian dan manajemen waktu dalam
mengerjakan tugas
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Butuh Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa menunjukkan
pemahaman materi tulisan essay
|
Siswa menunjukkan
pemahaman materi dalam hampir semua tulisan essay
|
Siswa hanya
menunjukkan beberapa pemahaman materi dalam tulisan essay
|
Siswa menunjukkan
sedikit pemahaman materi pada tulisan essay
|
Siswa mampu
memberikan alasan yang tepat pada tulisan essay
|
Siswa mampu
memberikan alasan yang tepat hampir disemua tulisan essay
|
Siswa hanya mampu
memberikan beberapa alasan yang tepat dalam tulisan essay
|
Siswa hanya mampu
memberikan sedikit alasan yang tepat pada tulisan essay
|
|
Kemandirian &
Manajemen Waktu
(attitude)
|
Sangat mandiri
mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
|
Mandiri
mengerjakan tugas dan selesai tepat waktu
|
Masih perlu
diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
|
Tidak
menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
|
Penggunaan Bahasa
|
Menggunakan
kosa kata bahasa Indonesia yang baikdanbenar
|
Terdapat satu
atau dua kesalahan dalam pengggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan
benar
|
Terdapat
tiga atau empat kesalahan dalam pengggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang
baik dan benar
|
Terdapat
lebih dari lima kesalahan dalam pengggunaan kosa kata bahasa Indonesia yan
|
Lembar
Penilaian
Nama
|
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Rata-rata
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Nilai
akhir =jumlah skor penilaian
X 100%
16
= ……………..
|
Daftar nilai
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai Akhir (NA)
|
|||
Sikap
|
Mengamati gambar
|
Soal pecahan
|
Laporan
|
||||
1
|
Amir
|
||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
DOWNLOAD RPP:
DOWNLOAD:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar