Selasa, 18 November 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 6



RECANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
                                                               
Satuan Pendidikan:  SD N ........................
Kelas/Semester: V/I ( satu )
Tema:1   Benda-benda di lingkungan sekitar
Subtema:  1.3 Manusia dan lingkungan
Alokasi Waktu: 1 x Pertemuan(6 x 35 menit)
Pertemuan ke: 6 (enam)
Hari,tanggal:   …………
           
    
A  KOMPETENSI INTI (KI)
1.        Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.        Memiliki perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati ( mendengar, melihat, membaca )  dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelasdanlogisdan sistematis, dalamkarya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilakuanak beriman dan berakhlak mulia

B  KOMPETENSI  DASAR DAN INDIKATOR.
PPKN
KOMPETENSIDASAR
1.2     Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.4     Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan di masyarakat
3.6  Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
4.6     Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
Indikator
3.6.1   Mengenal budaya dan produk unggulan di daerah tempat tinggal.
3.6.2   Mengenal budaya dan produk unggulan di daerah lain.
4.6.1   Mengembangkan sikap menghargai budaya dan produk dari daerah lain
4.6.2   Mempresentasikan produk dan budaya unggulan di daerah tempat tinggal


IPS
KOMPETENSIDASAR
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotong royong, tanggung jawab dalam berpartisipasi penanggu­langan permasalahan lingkungan hidup
3.1        Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
Indikator
3.1.1   Mengenal gejala alam mutakhir dari media
4.1.1   Mengidentifikasi gejala alam mutakhir dari berbagai media
4.1.2   Berdiskusi pola hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya
SBdP
KompetensiDasar
1.1    Menerima kekayaan dan ker­agaman karya seni daerah se­bagai anugerah Tuhan.
2.3        Menunjukkan perilaku disiplin,tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.1    Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.1    Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi
Indikator
         3.1.1 Mengenal gambar ilustrasi
4.1.1 Menggambar ilustrasi suasana lingkungan sekitar tentang kegiatan manusia sehari-hari dengan proporsi dan komposisi yang baik.

C  TUJUAN  PEMBELAJARAN
1.        Sisswa dapat menceritakan tentang produk dan budaya unggulan daerah dengan percaya diri.
2.        Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengetahui hubungan manusia dan lingkungannya dengan cermat dan teliti.
3.        Dengan membaca teks bacaan siswa dapat menjelaskan cara menjaga lingkungan secara logis dan tepat.



4.        Dengan mengamati, siswa dapat mengetahui cara membuat gambari lustrasi secara kreatif.
5.        Dengan mengamati, siswa dapat mengetahui produk daerah dan kebudayaan daerah dengan penuh rasa ingin tahu.

D. MATERI PEMBELAJARAN
- Lingkungan dan Pelestarian Lingkungan alam
- Produk daerah dan Kebudanyaandaerah                                                                                            
- Caramembuat gambar ilustrasi secara kreatif

E. METODE PEMBELAJARAN                                                                                                                                
Metode   : Ceramah,,Tanyajawab,Mengamati,Diskusi,Penugasan.
Pendekatan             : Saintifik

F.  MEDIA,ALATDAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media dan alat:teksbacaantentanglingkungan,TeksbacaantentangpelesatrianAlam
Sumber belajar :Buku guru kelas v tema 1,
                                Buku guru kelas v tema 1

G.LANGKAH-LANGKAH  KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
1.        Guru mengajak siswa berdo`a dengan khusukmenurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.        Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka, bagaimana perasaan mereka hari ini.
3.        Guru melakukan appersepsi dengan menanyakan materi yang lalu.
4.        Melakukan tanya jawab tentang isi cerita yang telah dsajikan.
5.        Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.



6.        Guru menjelaskan kegiatan yang akan mereka lakukan hari ini yaitu membaca bacaan tentang lingkungan,mendiskusikan tentang kerusakan alam.

10 Menit

2

Kegiatan Inti

1.        Diawal pembelajaran siswa diminta untukmengamatigambar pada buku siswa.(mengamati)
2.        Guru dapat membawa beberapa gambar tentang lingkungan dan pencemaran lingkungan.
3.        Guru menjelaskan kembali pentingnya menjaga lingkungan.
4.        Siswa diminta untuk menyimak penjelasan guru.
5.        Siswa diminta untuk menulis hasil pengamatannya pada buku siswa. (mencoba)
6.        Siswa diminta untuk mendeskripsikan gejala alam yang terjadi.( mengkonfirmasikan)
7.        Siswa diminta untuk mendiskusikan kerusakan alam karena kegiatan manusia.(mencoba,menalar)
8.        Setelah selesai kegiatan diskusi kelompok, siswa diminta untuk membaca teks bacan pada buku siswa.(mengnkonfirmasikan)
9.        Siswa diminta mencari informasi di majalah, koran, atau internet. (mencoba)
10.     Siswa dibimbing dalam menulis informasi agar menggunakan kalimat yang benar. (mencoba)
11.     Siswa diminta membuat ringkasan bacaan sebanyak dua paragraf. (mencoba,menalar)
12.     Siswa diminta berdiskusi tentang perilaku orang-orang di sekitarnya dalam berhubungan antarsesamanya dan dengan linglkungan sekitarnya. (mencoba,menalar)
13.     Siswa diminta mengamati gambar dan menjelaskan kegiatan yng sedang terjadi pada gambar tersebut. (mengamati)
14.     Siswa dijelaskan tentang kegiatan yang akan mereka lakukan yaitu wawancara.


15.     Siswa menyiapkan daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada narasumber.
16.     Siswa diminta untuk membuat daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada narasumber. (mencoba)
17.     Siswa dilatih untuk melakukan wawancara bersama pasangannya.
18.     Siswa diminta melakukan wawancara secara bergantian. (mencoba)
19.     Bimbing siswa dalam memahami cara membuat laporan reportase.
20.     Siswa diminta mengulang kembali pembelajaran sebelumnya yaitu kebudayaan daerah
21.     Siswa diminta menemukan kesenian atau produk budaya di lingkungan sekitar tempat tinggal (mencoba)
22.     Siswa diminta mendeskripsikan kesenian atau produk budaya tersebut (mencoba,menalar)
23.     Siswa juga dapat menggali informasi melalui majalah, koran atau internet. (mencoba)
24.     Siswa diminta untuk melengkapi tabel pada buku siswa. (mencoba)
25.     Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil “Produk Budaya Daerah” secara mandiri dan percaya diri. (mencoba)
26.     Siswa diminta untuk mengidentifikasikan perilaku yang menghargai kebudayaan daerah dan kebudayaan daerah lain. (mencoba)
27.     Siswa diminta untuk menulis kegiatan-kegiatan yang dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan
28.     Siswa dibimbing untuk menggunakan pemahamannya tentang persatuan dan kesatuandalam kehidupan dan dalam menyelesaikan percobaan ini.






180 Menit
3
Penutupan
1.      Melakukan refleksi atau membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar hari ini dengan melibatkan peserta didik.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Melakukan tindak lanjut, menginformasikan pembelajaran berikutnya dan PR
5.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing ( untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
·       Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·       Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan


H.PENILAIAN
1.        Penilaian sikap
2.        Ketrampilan                            : berbicara
3.        Pengetahuan                           : tes tertulis

  Mengetahui
  Kepala Sekolah SDN



……………….....
   NIP:
.............,……………   2014

                Guru Kelas V


…………………….
NIP  :


LAMPIRAN
Rubrik Presentasi
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang materi yang akan di presentasikan
• Keterampilan dalam berbicara
• Sungguh-sungguh dalam presentasi

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Tata bahasa
Presentasi disampaikan dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat satu atau dua kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat tiga atau empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Terdapat lebih dari empat kesalahan dalam tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Sikap
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
Beberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi siswa
Siswa terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan gr
Siswa terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Isi Pantun
Pengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
Pengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
Pengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya olehpndngar
Pengucapan dialog secara keseluruhan betulbetul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti
Keterampilan berbicara
Pengucapan dialog secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
Pengucapan dialog di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
Pengucapan dialog tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pndengr
Pengucapan dialog secara keseluruhan betulbetul tidak jelas,menggumam dan tidak dapat dimengerti
  
Skor maksimal :4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal

a.        Format Penilaian Unjuk kerja (presentasi)
b.         
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Tata bahasa
Isi
Sikap
Ketrampilan berbicara

























a.        Rubrik Essay
kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang materi pada essay
• Keterampilan memberikan contoh-contoh yang relevan
• kemandirian dalam mengerjakan essay

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Butuh Bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawaban
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawaban
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawaban
Siswa mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat
Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya

Keterampilan

Siswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada semua jawaban

Siswa mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada hampir semua jawaban

Siswa mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada beberapa jawaban

Siswa mampu memberikan contoh - contoh pada beberapa jawaban namun kurang relevan

Skor maksimal :4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal

a.        Format Penilaian Unjuk kerja (essay)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
kemandirian
Ketrampilan



















c. Rubrik Membuat Iklan
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang membuat iklan yang baik
• Keterampilan dalam penggunaan bahasa dan pemilihan gambar
• Kerjasama dan tanggung jawab dalam membuat iklan
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1

Ketepatan isi :
Gambar dan tulisan pada iklan sesuai dan sejalan dengan topik dan tujuan pembuatannya
Keseluruhan gambar dan kalimat dalam iklan sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan iklan
Sebagian besar gambar dan kalimat dalam iklan sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan iklan
Hanya sebagian dari gambar dan kal dalam iklan sesuai dgn topik dan tuj pembuatan iklan



Keseluruhan gambar dan kalimat dalam iklan masih nelum sesuai dengan topik dan tujuan pembuatan iklan
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar  
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam iklan yang dibuat
Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kreatif dan sangat efektif digunakan dalam iklan yang dibuat
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam iklan
Hampir keseluruhan kalimat dalam iklan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Hanya sebagian kalimat dalam iklan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
SIkap:
Iklan dibuat secara dengan bekerja sama baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas
Iklan dibuat secara dengan bekerja sama, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikan
Iklan dibuat sebagian besar dengan bekerja sama, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas yang diberikan
Iklan dibuat secara kurang bekerja sama baik dan benar serta masih perlu pengawasan dalam pemenuhan tugas yang diberikan
Iklan dibuat secara kurang bekerja sama baik dan benar serta masih perlu sering diingatkan dan pengawasan penuh dalam pemenuhan tugas yang diberikan
Keterampilan membuat iklan:
Teknik gambar (kompisisi bentuk dan pilihan warna) dan pilihan kata dan kalimat tepat dan efisien
Komposisi bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam Iklan secara keseluruhan sangat tepat, kreatif dan menarik sesuai dengan tujuan pembuatan iklan
Komposisi bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam Iklan sebagian besar sudah tepat, kreatif dan menarik sesuai dengan tujuan pembuatan iklan
Komposisi bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam Iklan hanya sebagian yang sudah tepat, kreatif dan menarik sesuai dengan tujuan pembuatan iklan
Komposisi bentuk, pilihan warna dan pilihan kata dalam Iklan masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar sesuai dengan tujuan pembuatan iklan








Skor maksimal :4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal



a.        Format Penilaian Unjuk kerja (membuat iklan)

No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Ketepatan isi
Penggunaan
       Bahasa
Sikap
Ketrampilan























                                                                                                                                                       
d. Rubrik Diskusi Kelompok
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang materi diskusi
• Keterampilan berbicara dan penggunaan bahasa
• Kerja sama
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Semua pendapat yang diberikan oleh kelompok sangat berkaitan dan masuk diakal
Pendapat yang diberikan oleh kelompok berkaitan dan masuk diakal
Beberapa pendapat yang diberikan oleh kelompok tentang hal - hal sumber mata air dan hanya beberapa yang berkaitan dan masuk diakal
Hanya sedikit pendapat yang diberikan oleh kelompok dan hanya sedikit yang berkaitan dan masuk diakal
Sikap Kerjasama
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi mereka
Beberapa anggota terlihat bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan presentasi mereka
Seluruh anggota terlihat bermain-main namun masih mau memperlihatkan kerja keras mereka sekalipun dalam pengawasan guru
Seluruh anggota terus bermain-main sekalipun sudah berulang kali diperingatkan oleh guru.
Keterampilan berbicara
Pengucapan pendapat secara keseluruhan jelas, tidak menggumam dan dapat dimengerti
Pengucapan pendapat di beberapa bagian jelas dan dapat dimengerti
Pengucapan pendapat tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap maksudnya oleh pendengar
Pengucapan pendapat secara keseluruhan betul-betul tidak jelas, menggumam dan tidak dapat dimengerti
Keterampilan
Mampu menuliskan semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengerti
Mampu menuliskan hampir semua kata kedalam kalimat dengan benar dan tepat serta mudah dimengerti
Mampu menuliskan beberapa kata kedalam kalimat dengan benar namun kurang tepat dan sulit dimengerti
Mampu menuliskan beberapa kata kedalam kalimat namun kurang benar dan tepat serta tidak dapat dimengerti

Skor maksimal :4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal

Format Penilaian Unjuk kerja (diskusi kelompok)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Kerja sama
Ketrampilan



















DOWNLOAD:
DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar