Selasa, 18 November 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 5



RECANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan : SDN .....................                                                
Kelas /Semester     : V/I                                                                                                        
Tema                       : I    Benda benda di lingkungan sekitar                
Sub Tema                : 1.3 Manusia dan Lingkungan.                              
Pembelajaran         : 5 (lima)                                                                                
Alokasi Waktu         : 1 hari    
Hari,tanggal            : ……………….                                                 
                                                                                                                                                                           
A   KOMPETENSI INTI
1.               Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.               Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.               Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.               Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR                                                                                          
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator
3.4.1 Mendeskripsikan bencana alam yang terdapat pada syair
         4.4.1 Membuat syair berdasarkan teks berita tentang bencana alam
IPA
KOMPETENSI DASAR
1.1        Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.4        Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7  Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
Indikator
3.4.1 Mengenal perubahan-perubahan alam karena penggunaan sumber daya alam
4.7.1 Membuat laporan hasil laporan permasalahan yang terjadi akibat ketidakseimbangan alam karena kegiatan manusia.
SBDP
KOMPETENSI DASAR
1.1    Menerima kekayaan dan ker­agaman karya seni daerah se­bagai anugerah Tuhan.
2.3  Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.1    Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
4.1   Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi
Indikator
3.1.1 Memahami prinsip-prinsip seni dalam berbagai karya seni rupa
4.1.1 Melakukan pengamatan/ observasi terhadap suasana lingkungan sekitar untuk membuat gambar ilustrasi
4.1.2 Menggambar ilustrasi suasana lingkungan sekitar tentang kegiatan manusia sehari-hari dengan proporsi dan komposisi yang baik



C. TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                          
1.        Dengan menceritakan isi pantun, siswa dapat mengetahui makna sebuah pantun secara logis, tepat, dan percaya diri
2.        Dengan menceritakan siswa dapat mengetahui fungsi isi dan sampiran secara logis, tepat, dan percaya diri.
3.        Dengan membaca teks bacaan, siswa dapat mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh secara mandiri.
4.        Dengan membaca teks bacaan siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan tubuh secara mandiri.
5.        Dengan menceritakan, siswa dapat mendeskripsikan isi pantun bertema dengan percaya diri.
6.        Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat mengetahui cara menulis pantun secara cermat dan teliti.
7.        Dengan mengamati, siswa dapat mengetahui cara membuat gambar ilustrasi dengan kreatif.
D .  MATERI PEMBELAJARAN.
1.        Membaca syair .,makna pantun
2.        Mengenal Perubahan-perubahan alam danmembuat laporan.
3.        Menggali informasi padabacaan
4.        Menggambar ilustrasi.
E.   METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran            : ceramah,tanya jawab,pengamatan, diskusi,penugasan.
Pendekatan                             : Saintifik.

F.    MEDIA,ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN.
Media dan alat                        :Teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara,
Konsep   pantun dan syair,
Teks bacaan tentang menjaga kebersihan tubuh.
Sumber pembelajaran            : Buku guru kls v tema 1 hal…..
                                                                Buku guru kls v tema 1 hal…..

G.   LANGKAH –LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
1.        Guru mengajak siswa berdo`a dengan khusuk
        menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.  Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka, bagaimana perasaan mereka hari ini.
3.  Guru melakukan appersepsi dengan tanya jawab materi yang lalu.
4.  Melakukan tanya jawab tentang isi cerita yang telah disajikan.( menanya )
5.  Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
6.  Guru menjelaskan kegiatan yang akan mereka lakukan hari ini
10 menit
2
Kegiatan inti
1.     Siswa diminta membuat gambar ilustrasi dengan memilih salah satu tema pada buku siswa. (mencoba)
2.     Bimbing siswa untuk memanfaatkan lingkungan sekitar menjadi sumber inspirasi dalam gambarnya. (mencoba)
3.     Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang dibahas.
4.     Secara bergiliran siswa diminta membaca syair di depan kelas. (mengamati)
5.     Bimbing siswa untuk memperhatikan informasi-informasi penting dalam syair. (mengamati)
6.      Bimbing siswa untuk memperhatikan teknik-teknik dalam membaca syair dengan baik. (mengamati)
7.      Selesai membaca syair, siswa diminta unruk mendeskripsikan bencana alam ang terdapat pada syair.
8.      Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang dibahas.
9.     Siswa diminta secara hening membaca berita pada buku. (mencoba)
10.       Siswa diminta untuk membaca teks bacaan dengan mandiri. (mengamati)
11.        Siswa diminta menggaris bawahi kata-kata yang tidak dipahami. .(mencoba)
12.        Siswa diminta untuk mengemukakakn pendapatnya tentang teks bacaan tersebut. (mengkonfirmasikan)
13.        Siswa diminta untuk menggali informasi tentang gejala alam yang terjadi. .(mencoba)
14.        Siswa diminta membuat yang terdiri dari 10-15 baris sesuai dengan isi bacaanSiswa diminta untuk mengamati gambar di buku siswa secara mandiri. (mencoba)
15.            Bimbing siswa untuk memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari gambar secara cermat dan teliti. (mengamati)
16.            Siswa diminta untuk mmenjawab pertanyaan pada buku siswa sesuai dengan gambar.
17.             Guru menjelaskan tentang gambar ilustrasi.
18.            Siswa diminta untuk menggali informasi tentang gambar ilustrasi. (mencoba)
19.             Pada kegiatan berikutnya, siswa diminta membuat sebuah keliping. Siswa diminta membuat gambar ilustrasi dengan memilih salah satu tema pada buku siswa. (mencoba)
20.             Bimbing siswa untuk memanfaatkan lingkungan sekitar menjadi sumber inspirasi dalam gambarnya. (mencoba)
21.             Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang dibahasSiswa diminta membuat gambar ilustrasi dengan memilih salah satu tema pada buku siswa.
22.             Bimbing siswa untuk memanfaatkan lingkungan sekitar menjadi sumber inspirasi dalam gambarnya. (mencoba)
23.             Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang dibahas
180 Menit

3

Penutup

1.      Melakukan refleksi atau membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar hari ini dengan melibatkan peserta didik.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Melakukan tindak lanjut, menginformasikan pembelajaran berikutnya dan PR
5.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing ( untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
·       Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·       Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
·        

10 Menit

H. Penilaian.
 1.Jenis/Tehnik Penilaian


Mengetahui
Kepala SekolahSDN


…………………………….
NIP.
,
Guru kelas V


…………………….
NIP.


2. Bentuk instrumen dan instrumen
     Rubrik Presentasi.
Komposisi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang pantun
• Keterampilan mempresentasikan
• Bersungguh-sungguh dalam mempresentasikan pantun
Aspek
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Tata Bahasa
Pantun disampaikan
dengan menggunakan tata bahasa Indonesia
yang baik dan baku
Terdapat satu atau dua kesa lahan dalam tata bahasa Indo nesia yang baik dan baku
Terdapat tiga atau empat kesa lahan dalam tata bhs
Indonesia yang baik dan baku
Terdapat lebih dari empat kesa lahan dalam tata bahasa
Indonesia yang baik dan baku
Sikap
Seluruh anggota
terlihat bersungguh-
sungguh dalam
mempersiapkan
presentasi siswa
Beberapa
anggota terlihat
bersungguh-
sungguh dalam
mempersiapkan
presentasi siswa
Siswa terlihat
bermain namun masih maumem perlihatkan ker ja keras mereka sekali pun dlm pengwasan guru
Siswa terus bermain sekali pun sudah berulang kali
diperingatkan oleh guru.
Isi Pantun
Sampiran dan isi
pantun sesuai
Sampiran dan isi pantun sesuai
Sampiran dan isi pantun agak sesuai
Sampiran dan isi pantun tidak sesuai
Pantun
mengandung pesan
dan sangat mudah
dipahami
Pantun
Mengan dung
pesan dan mu dah dipahami
Pantun mengan dung pesan teta pi sulit Dipaha mi maknanya
Pantun tidak
mengandung pesan
Ketr. berbicara
Pengucapan dialog
secara keseluruhan
jelas, tidak
menggumam dan
dapat dimengerti
Pengucapan dialog di bebe rapa bagian
jelas dan dapat
dimengerti
Pengucapan dia log tidak begitu jelas tapi masih bisa ditangkap Maksudnya oleh pendengar
Pengucapan dialog secara keseluruhan betul,  tidak jelas dan tidak menggumam


 
Skor maksimal :4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal

a.        Format Penilaian Unjuk kerja (presentasi pantun)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Tata bahasa
Sikap
Isi

Ketr.berbicara






















  

b.Rubrik Essay
Komposisi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang materi pada essay
• Keterangan memberikan contoh-contoh yang relevan pada semua jawaban
• Kemandirian dalam mengerjakan tugas
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Butuh Bimbingan
4
3
2
1
Penge tahuan
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam semua jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam hampir semua jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi dalam beberapa jawaban essay
Siswa menunjukkan pemahaman materi hanya jawaban essay
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada semua jawaban
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat hampir disemua jawaban
Siswa mampu memberikan alasan yang tepat pada beberapa jawaban
Siswa mampu memberikan alasan pada beberapa jawaban namun kurang tepat


Kemandirian & Manajemen Waktu
(attitude)

Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.

Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu

Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas

Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
Keteram pilan
Siswa mampu memberikan contoh – contoh yang relevan pada semua jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada hampir semua jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada beberapa jawaban
Siswa mampu memberikan contoh - contoh pada beberapa jawaban namun kurang

Skor maksimal :4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal
                       
b.Format Penilaian Unjuk kerja (essay)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
pengetahuan
kemandirian
ketrampilan




















 DOWNLOAD:
DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar