Selasa, 18 November 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR .....................
Kelas/Semester        : V/ 1
Tema                          : 1Benda-benda di lingkungan sekitar
Subtema                    : 1.2  Perubahan Wujud Benda
Alokasi Waktu          : 1 hari (6 x 35 menit)
Pertemuan ke           : 1 (satu)
Waktu Pelaksanaan            :  …………

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percayadiri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cintatanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dankritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilakuanak beriman dan berakhlak mulia.


B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
IPA
Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksita salam dan jaga drayater hadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
2.4Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumberdaya alam, danpengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
3.4.Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaansum berdayaalam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta mempredik siapa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

Indikator
3.4.1Mengenalperubahan-perubahanalam yang disebabkanpengaruhkegiatanmanusia
4.7.1 Membuat laporan tertulis hasil studi pustaka tentang perubahan-perubahan alam yang disebabkan karena pengaruh kegiatan manusia





BAHASA INDONESIA

Kompetensi Dasar

1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4 Memiliki kepedulian, tanggungjawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1.  Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator
3.1.1Menggaliinformasi dari bacaan tentang keseimbangan  alam karena pengaruh kegiatan manusia
4.1.1 Menemukan bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara pencegahannya

MATEMATIKA
Kompetensi Dasar

1.1.                Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya
2.2.                Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif
3.2.   Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator
3.2.1 Mengenalartipembagianpecahan.
4.1.1Melakukan operasi pembagian pecahan       

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan mencermati gambar peristiwa siswa memahami perubahan yang terjadi pada alam dengan sikap penuh rasa ingin tahu.
2.    Dengan mengamati teks bacaan, siswa mengetahui bentuk perubahan wujud bendayaitu perubahan fisika dan perubahan kimia secara logis dan penuh rasa ingin tahu.
3.    Dengan menggali informasi siswa dapat menalar contoh – contoh perubahan, faktor penyebab,serta dampak yang ditimbulkannya secara logis dan tepat.
4.    Dengan mencermati teks bacaan siswa memahami Dampak Perubahan Lingkunganyang disebabkan Oleh Manusia Terhadap Keseimbangan Ekosistem dengan cermat dan teliti.
5.    Dengan mengerjakan soal latihan Matematika siswa dapat menyusun pecahan ke dalam pembagian pecahan secara mandiri, cermat dan teliti.




C.    Materi Pembelajaran
1.  Wujud dan sifat benda serta perubahan wujudnya
2.  Melindungi sumber daya alam dari kerusakan, mengelola sampah dan lingkungan
3.  Kerajian tradisional ronce, seni kerajinan khas tradisional,

D.    Metode Pembelajaran

1.   Metode          : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi,Penugasan.
2.   Pendekatan  : Seientifik

E.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                                    : Buku, Teks bacaan Dampak Perubahan Lingkungan yang
Disebabkan Oleh Manusia Terhadap Keseimbangan Ekosistem
2.    Alat/ Bahan              : Gambar tumpukan sampah
Gambar Hutan di bakar
Gambar penanaman kembali hutan yang gundul
3.    Sumber Belajar        :
·         Buku Gurukls v tema 1
F.     BukuSiswakls v tema 1

G.    angkah-langkahKegiatanPembelajaran

Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi waktu

Pendahuluan

1.        Guru memberi salam dan mengajak berdo’a.
2.        Guru mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru mengadakan apersepsi.Tanya jawab pelajaran yang lalu, misal : Bagaimana sikapmu kalau melihat temanmu membuang sampah sembarangan ?
4.        Guru memberi motivasi kepada siswa.
5.        Guru menyampaikan yang akan di capai dalam pembelajaran tentang manfaat gerak pemanasan sebelum olah raga,perubahan wujud dan kerajinan tangan.

10 menit

Kegiatan inti

1.     Siswa diminta untuk mengamati gambar pada buku siswa. (mengamati)
2.     Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan seperti : Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar? (menanya)
3.     Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku. (mencoba)
4.     Selesai mengamati gambar dan menjawab pertanyaana jaklah para siswa keperpustakaan sekolah.Memberikan contohnya dalam diagram tabel yangtelah di sediakan.
5.     Ajaklah siswa ke perpustakaan.(mencoba)
6.     Stimulasi pengetahuan siswa dengan menanyakan:aktivitas – aktivitas manusia apasajakah yang dapat menimbulkan perubahan pada alam?(menalar)
7.     Guru meminta siswa mencari informasi dan data tentang contoh perubahan - perubahan alam yang disebabkan karena aktivitas manusia melalui tulisan pada buku, majalah, surat kabar, atau artikel di internet.(mencoba)

8.     Mintalah siswa untuk menuliskan hasilnya pada tabel yang terdapat pada buku siswa (mencoba)
9.     Minta siswa untuk membaca teks bacaan yang terdapat di buku siswa secara mandiri.(mengamati)
10.  Bimbing  siswa untuk memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat danteliti.(mengamati)
11.  Bimbing siswa untuk menemukan kosakata yang baru mereka kenal, dan menuliskannya di tabel kosa kata baku/tidak baku. (mencoba)
12.  Latih siswa untuk menggunakan kamus sebagai rujukan dalam mencari arti dari kosa kata baku/tidak baku yang mereka temukan.(mencoba)
13.  Bimbing siswa untuk melatih keterampilan menggunakan kamus dengan mengikuti petunjuk penggunaan kamus yang ada di bukusiswa.(mencoba)
14.  Bimbing siswa untuk memahami arti dari kosa kata baku/tidak baku tersebut dengan menggunakannya dalam kalimat.(menalar)
15.  Berikan beberapa pertanyaan pancingan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap teks bacaan yang diberikan.(menalar)
16.  Siswa diminta untuk memahami kosakata-kosa kata baku dan tidak baku. (mencoba)
17.  Lalu mintalah siswa untuk menuliskan ke dalam kolom informasi-informasi yang terdapat pada bacaan tersebut yang berkaitan dengan bentuk perubahan alam yang disebabkan oleh aktivitas manusia beserta dampak yang ditimbulkannya . (mencoba,menalar)
18.  Setelah memahami isi bacaan tersebut, mintalah siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengenaitindakan-tindakan pencegahan yang dapat dilakukan sesuai dengan masalah – masalah yang terdapat pada kolom.(mengkonfirmasikan)
19.  Guru membimbing siswa dalam menghubungkan peristiwa - peristiwa yang terdapat pada kolom dengan perubahan wujud benda.(mencoba)
20.  Ajak siswa berdiskusi tentang apa itu perubahan fisika dan perubahan kimia.(mencoba,menalar)
21.  Guru meminta siswa mengamati informasi yang terdapat pada buku siswa.(mengamati)
22.  Ingatkan kembali pemahaman siswa tentang pecahan.(mengamati)
23.  Bimbing siswa dalam menyusun bentuk pecahan menjadi pembagian pecahan.(mencoba,menalar)
24.  Mintalah siswa untuk mengerjakan beberapa soal cerita yang berkaitan dengan pecahan yang telah dipelajari dengan cermat.(mencoba)
25.  Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan perubahan alam dan perubahan wujud benda. (mencoba)
26.  Dengan bantuan orang tuanya, siswa menyebutkan contoh-contoh perubahanlingkunganlaamsekitarnya yang disebabkan karen aktivitas manusia. (mencoba,menalar)




190 menit

Penutup

1.         Guru dan siswa melakukan refleksi pada pembelajaran yang telah dilakukan, dengan mengadakan tanya jawab .
2.         Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan dan mencatat hasil pembelajaran pada buku siswa .
3.         Siswa diberi kesempatan bertanya  tentang materi pelajaran yang belum dipahami .
4.         Guru memberi pesan agar kita selalu bersukur terhadap Tuhan Yang maha Esa
5.         Guru memberi salam penutup dan memimpin doa penutup sesuai dengan agama/ kepercayaan masing- masing.

10menit.




H.    Penilaian
1.    Jenis/ Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap                        : Rasa ingin tahu ,percaya diri ,peduli terhadap lingkungan
b.    Penilaian Pengetahuan          : Tes Tertulis
c.    Penilaian Keterampilan           : Unjuk Kerja
d.    Bentuk Instrumen dan Instrumen



Mengetahui
KepalaSekolah




...................................................
NIP. ...................................
..................., ............................

Guru KelasV





...................................................
NIP. ...................................















Lampiran

                 
Rubrik menentukan koordinat (matematika)

ASPEK
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
PERLU BIMBINGAN
4
3
2
1
Melakukan seluruh prosedur
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan
75% langkah pengerjaan dilakukan.
50% langkah pengerjaan dilakukan
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
Seluruh butir pertanyaan diisi
75% pertanyaan di isi
50% pertanyaan di isi
Sama sekali tidak diisi
Isi  jawaban sesuai pertanyaan.
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
75% jawaban benar sesuaimpertanyaan
50 % jawaban benar sesuai pertanyaan
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
sikap
Percaya diri,mandiri,dan rasa ingin tahu.
Percaya diri,sesekali meminta bantuan guru dan rasa ingin tahu.
Tidak percaya diri,mengandal
kan bimbingan guru .
Menyontek
                                 

Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (koordinat Matematika)
b.     
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Sesuai prosedur
Jawaban lengkap
Isi sesuai
sikap

















































a.  Penilaian Ketrampilan

ASPEK
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
PERLU BIMBINGAN
4
3
2
1
Proses kerja
Sesuai dengan dengan  sebenarnya
Mendekati  dengan sebenarnya
Kurang mendekati sebenarnya
Tidak mendekati sebenarnya.
Hasil  kerja
Sesuai dengan sebenarnya
Mendekati  dengan  sebenarnya
Kurang mendekati sebenarnya
Tidak mendekati sebenarnya.
Penyajian
  Penyampaian hasil diskusi  sangan baik
  Penyampaian hasil diskusi   baik
  Penyampaian hasil diskusi  cukup baik
  Penyampaian hasil diskusi  kurang baik

Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (ketrampilan)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Proses
Hasil
penyajian




















RUBRIK PENILAIAN  BI .
ASPEK
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
PERLU BIMBINGAN
4
3
2
1
Pengertian banjir dan tanah longsor
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan
75% langkah pengerjaan dilakukan.
50% langkah pengerjaan dilakukan
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan
Penyebab banjir dan tanah longsor
Seluruh butir pertanyaan diisi
75% pertanyaan di isi
50% pertanyaan di isi
Sama sekali tidak diisi
Akibat banjir dan tanh longsor
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
75% jawaban benar sesuaimpertanyaan
50 % jawaban benar sesuai pertanyaan
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
 Cara menanggulangi banjir dan tanah longsor
Percaya diri,mandiri,dan rasa ingin tahu.
Percaya diri,sesekali meminta bantuan guru dan rasa ingin tahu.
Tidak percaya diri,mengandal
kan bimbingan guru .
Menyontek
   Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (penilaian Bhs Indonesia)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengertian
Penyebab
Akibat
penanggulangan
























Nilaiakhir =jumlahskorpenilaian   X 100%
                                16
                  = ……………..
 





Daftar nilai

No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai Akhir (NA)
Bhs Ind
Pengetahuan
ketrampilan


1
Amir





2






3






4






5







 DOWNLOAD:
DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar