RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan :
SD......................
Kelas/Semester : V/ 1
Tema :
1 Benda-benda di lingkungansekitar
Subtema :
1.3 Manusiadanlingkungan
AlokasiWaktu : 1
hari (6 x 35 menit)
Pertemuanke :
2 (dua)
WaktuPelaksanaan : …………
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
1.
Menerima, menjalankandanmenghargaiajaran agama yang
dianutnya.
|
2.
Menunjukkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab,
santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, guru,
dantetangganyasertacintatanah air.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan
mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain.
|
4.
Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelas,
sistematisdanlogis, dankritisdalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang
mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.
|
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
SBDP
KOMPETENSI DASAR
1.1
MenerimakekayaandankeragamankaryasenidaerahsebagaianugerahTuhan.
2.3 Menunjukkanperilakudisiplin, tanggungjawab,
dankepedulianterhadapalamsekitarmelaluiberkaryaseni
3.1 Mengenalprinsipsenidalamberkaryasenirupa
4.1
Menggambarilustrasidenganmenerapkanproporsidankomposisi
Indikator
3.1.1
Menyebutkanprinsip-prinsipsenidalamberkaryasenirupa
3.1.2Memahamimaknagambarilustrasi.
3.1.3Memahamiprinsip-prinsipsenidalamberbagaikaryasenirupa.
4.1.1Melakukanpengamatan/observasiterhadapsuasanalingkungansekitaruntukmembuatgambarilustrasi
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
1.2 Meresapi
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan
lingkungan alam
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa
cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan
berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4
Menggali informasi dari teks pantun
dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana
alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
3.4.1 Mengenalsampirandanisipantun
4.4.1 Menceritakanciri-ciripantundansyair
4.4.2 Menceritakanpersamaandanperbedaanpantundansyair
4.4.3 Menceritakan fungsi sampiran dan isi pantun
4.4.4 Menceritakan informasi bencana alam yang terdapatpadapantunatausyair
IPA
KOMPETENSIDASAR
1.1. Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturandan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2.Menghargaikerjaindividudankelompokdalamaktivitassehari-harisebagaiwujudimplementasimelaksanakanpenelaahanfenomenaalamsecaramandirimaupunberkelompok
3.4.
Mengidentifikasi perubahan yang
terjadi di alam, hubungannya dengan
penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap
keseimbangan lingkungan sekitar
4.7
Menyajikan hasil laporan tentang
permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta
memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
Indikator
3.4.1 Mengenalkegiatanmanusia yang
memengaruhiperubahanwujudbenda
4.7.1 Menjelaskanfaktor yang
memengaruhiperubahanwujudbenda
4.7.2 Menyajikanhasillaporanpengamatantentangkegiatanmanusiayang
memengaruhiperubahanwujudbenda
C TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan kegiatan menceritakan, siswa dapat
memahami makna yang terdapat pada pantun dan syair secara cermat, teliti, dan
percaya diri.
2. Dengankegiatanmenceritakan,
siswadapatmemahamiinformasi yang terdapatpadapantundansyairsecaracermat,
teliti, danpercayadiri.
3. Denganmenggaliinformasidariteksbacaansiswadapatmengetahuijenis-jenissumberdayaalamdanperubahannyasecaralogisdantepat.
4. Denganmenggaliinformasidariteksbacaan,
siswadapatmengetahuiperubahanalam yang
terjadikarenakegiatanmanusiasecaralogisdantepat.
5. Denganmengamatigambar,
siswadapatmengetahuidampakdariperubahanalamsecaracermat.
6. Denganmengamatigambar,
siswadapatmenjelaskangambarilustrasisecaramandiridanpercayadiri.
7.
Denganmengamati, siwadapatmelakukangerakkandasarpermainan bola
kastidenganbenar
D
MATERIPEMBELAJARAN
1.Teksbacaantentangwujud-wujudbenda,
2.Caramelakukangerakkanmenendangdenganbenar,
3.Teksbacaantentangkerajinantanahliat.
C.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Metode : Ceramah, Tanya Jawab,
Diskusi,Penugasan.
2.
Pendekatan : Saintifik
D.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media,alat: Buku, teks bacaan tentang wujud-wujud benda,teks bacaan tentangkerajinan
tanah liat.
2.
Sumber Belajar :
·
Buku
Guru kls 5 Tema 1
·
BukuSiswakkls
5 tema 1
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
DiskripsiKegiatan
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut
agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
2.
Melakukankomunikasitentangkehadiransiswa
3.
Menyapa siswa dengan menanyakan
kabar mereka
4.
Melakukan apersepsi sebagai awal
komunikasi sebelum melakukan kegiatan inti antara lain ,menanyakan materi pembelajaran yang lalu
5.
Memotivasi siswa agar semangat dalam
mengikuti pembelajaran yang akan dilakukan
6.
Menyampaikan manfaat pembelajaran
7.
Menginformasikan tema yang akan diajarkan
8.
Mmenyampaikan
tujuan yang akan dicapai
9.
Guru menyampaikan rencana kegiatan
yang akan dilakukan siswa baik secara individu maupun kelompok.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
1.
Pembelajaran diawali dengan
mengamati gambar pada buku siswa.(mengamati)
2.
Siswa diminta untuk menjelaskan
kegiatan yang terdapat pada gambar yang sedang diamati.(mengkonfirmasikan)
3.
Guru menstimulus pengetahuan siswa
dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan seperti: Apakah kamu suka
bermain bola? Gerakkan apa yang nampak pada gambar?
4.
Siswa diminta pendapatnya tentang
gambar yang diamati.(mengkonfirmasikan)
5.
Siswa diminta untuk mengajukan
pertanyaan.(menanya)
6.
Siswa diminta untuk pro-aktif dalam
diskusi.
7.
Siswa dibagi ke dalam kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
8.
Setiap kelompok mencari
contoh–contoh dalam kehidupan sehari–hari mengenai pengembunan. (mencoba)
9.
Mintalah siswa untuk menuangkan
hasil pencariannya ke dalam bentuk tabel yang berisi contoh peristiwa
pengembunan, faktor yang mempengaruhi, dan penjelasannya. (mencoba)
10. Segarkan
kembali ingatan siswa tentang perubahan wujud benda.
11. Untuk
memperdalam pemahaman siswa tentang itu mintalah siswa untuk melakukan
aktivitas–aktivitas yang berkaitan dengan perubahan wujud benda. (mencoba)
12. Mintalah
siswa untuk mengamati setiap kejadian dalam percobaan tersebut selama proses percobaan
berlangsung dan catatlah kejadian tersebut dengan teliti. (Mengamati,mencoba)
13. Buatlah
laporan percobaan tersebut dan presentasikan di hadapan teman dan gurumu.(mencoba,menalar)
14. Perhatikan
aspek keselamatan diri dan orang lain selama percobaan berlangsung.
15. Siswa
membaca dan mencermati teks yang terdapat pada buku siswa dengan seksama.(mengamati)
16. Guru
mengukur pemahaman siswa dengan menanyakan kepada siswa hal–hal penting apa
saja yang terdapat di dalam bacaan tersebut.
17. Guru
menerangkan apa yang dimaksud dengan kosakata baku dan tidak baku.
18. Bimbing
siswa untuk menemukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan tersebut lalu
menuliskannya pada tabel kosakata baku dan tidak baku, lalu mencari artinya. (mencoba)
19. Mintalah
siswa untuk mencatat informasi penting dari bacaan tersebut pada kolom
informasi.
20. Siswa
membaca teks bacaan tentang mewabahnya hama ulat bulu.(mengamati)
21. Mintalah
siswa untuk mencari informasi dan data mengenai mewabahnya ulat bulu melalui
tulisan, berita, atau laporan. (mencoba)
22. Siswa
juga dapat mencarinya dari surat kabar, majalah, buku, atau internet. (mencoba)
23. Buatlah ringkasannya dan presentasikan di
hadapan guru dan siswa sekelas.(mengkonfirmasikan)
24. Guru
membahas lebih dalam tentang topeng lebih dalam termasuk mengenai karakter
dan cara pembuatannya.
25. Siswa
diminta untuk mengamati karakter beberapa topeng yang terdapat pada gambar
dan menuliskan karakter dari masing– masing topeng tersebut. (mengamati)
26. Mintalah
siswa untuk mencari gambar berbagai jenis topeng dari berbagai daerah di Indonesia
melalui Koran, majalah, buku atau internet.(mencoba)
27. Siswa
harus mengenali karakter, jenis bahan, dan teknik pembuatan topeng–topeng
tersebut dan menuangkannya ke dalam tabel.(menalar)
28. Siswa
terampil dalam menyajikan data hasil pencarian.(mencoba)
29. Siswa
antusias dalam mengerjakan tugas dan dapat menyelesaikan tepat waktu.
30. Siswa
mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari.(mencoba)
|
190 menit
|
Penutup
|
1. Melakukan
refleksi atau membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar hari ini dengan
melibatkan peserta didik.
2. Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari. (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3. Melakukan
penilaian hasil belajar
4. Melakukan
tindak lanjut, menginformasikan pembelajaran berikutnya dan PR
5. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. ( untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
·
Mengamati sikap siswa dalam berdoa. (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya
dsb)
·
Apabila ada siswa yang kurang benar dan
kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung
diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
10menit.
|
F.
PENILAIAN
1.
Jenis/ Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap : Rasa ingin tahu ,percaya diri,peduli terhadap lingkungan
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis Pengetahuan tentang bentuk-
bentuk perubahan
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja mencari informasi secara tepat dan akurat
dan menyaksikannya secara baik dan benar
2.
Bentuk Instrumen dan Instrumen
Mengetahui
KepalaSekolah
...................................................
NIP. ...................................
|
....................., .........................2014
Guru KelasV
...................................................
NIP. ...................................
|
Lampiran
a.
PenilaianRubrik
menentukan koordinat (matematika)
ASPEK
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Melakukan seluruh prosedur
|
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan
|
75% langkah pengerjaan dilakukan.
|
50% langkah pengerjaan dilakukan
|
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur
pengerjaan
|
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
|
Seluruh butir pertanyaan diisi
|
75% pertanyaan di isi
|
50% pertanyaan di isi
|
Sama sekali tidak diisi
|
Isi
jawaban sesuai pertanyaan.
|
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
|
75% jawaban benar sesuaimpertanyaan
|
50 % jawaban benar sesuai pertanyaan
|
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan
pertanyaan.
|
sikap
|
Percaya diri,mandiri,dan rasa ingin tahu.
|
Percaya diri,sesekali meminta bantuan guru
dan rasa ingin tahu.
|
Tidak percaya diri,mengandal
kan bimbingan guru .
|
Menyontek
|
Skor maksimal :4
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
a.
Format
Penilaian Unjuk kerja (koordinat)
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
|||
Sesuai proses
|
Jawaban lengkap
|
Isi sesuai
|
sikap
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Ketrampilan
ASPEK
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Proses kerja
|
Sesuai dengan dengan sebenarnya
|
Mendekati
dengan sebenarnya
|
Kurang mendekati sebenarnya
|
Tidak mendekati sebenarnya.
|
Hasil
kerja
|
Sesuai dengan sebenarnya
|
Mendekati
dengan sebenarnya
|
Kurang mendekati sebenarnya
|
Tidak mendekati sebenarnya.
|
Penyajian
|
Penyampaian hasil diskusi
sangan baik
|
Penyampaian hasil diskusi baik
|
Penyampaian hasil diskusi cukup
baik
|
Penyampaian hasil diskusi
kurang baik
|
Skor maksimal :4
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
a.
Format
Penilaian Unjuk kerja (ketrampilan)
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
||
Prosses
|
Hasil
|
Penyajian
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN BI .
ASPEK
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengertian banjir dan tanah longsor
|
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan
|
75% langkah pengerjaan dilakukan.
|
50% langkah pengerjaan dilakukan
|
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur
pengerjaan
|
Penyebab banjir dan tanah longsor
|
Seluruh butir pertanyaan diisi
|
75% pertanyaan di isi
|
50% pertanyaan di isi
|
Sama sekali tidak diisi
|
Akibat banjir dan tanh longsor
|
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
|
75% jawaban benar sesuaimpertanyaan
|
50 % jawaban benar sesuai pertanyaan
|
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan
pertanyaan.
|
Cara
menanggulangi banjir dan tanah longsor
|
Percaya diri,mandiri,dan rasa ingin tahu.
|
Percaya diri,sesekali meminta bantuan guru
dan rasa ingin tahu.
|
Tidak percaya diri,mengandal
kan bimbingan guru .
|
Menyontek
|
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
a.
Format
Penilaian Unjuk kerja (bhs. Indonesia)
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
|||
Pengertian
|
Penyebab
|
Akibat
|
Cara penanggulangan
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DOWNLOAD:
DOWNLOAD:
Mohon maaf sebentar, cara mengunduh nya gmn ya ?
BalasHapus