Selasa, 18 November 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 2

                                    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                ( RPP )

                        Satuan Pendidikan     : SDN .......................
                        Kelas/Semester         : V/ 1
                        Tema                         : 1     Benda-benda di lingkungan sekitar
                        Subtema                    : 1.2 Perubahan Wujud Benda
                        Alokasi Waktu            : 6 x 35 menit
                        Pertemuan ke             :  2 (dua)
                        Waktu Pelaksanaan    :  ………….


A.     Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

1.  SBDP
KOMPEETENSI DASAR

1.1. Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan
2.2. Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.4. Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan
ciri khas daerah
4.4. Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi
dan keseimbangan

            Indikator
3.4.1 Mengenal berbagai karakter topeng
4.4.1 Mencari berbagai gambar topeng dari berbagai daerah di Indonesia
untukkemudian menganalisanya mengenai karakter, bahan,
dan teknik pembuatannya

2.  IPA
KOMPETENSI DASAR
1.1. Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan
 dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya


2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.4.                Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

Indikator
3.4.1 Mengenal kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda
4.7.1 Menjelaskan faktor yang memengaruhi perubahan wujud benda
4.7.2 Menyajikan hasil laporan pengamatan tentang kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda

3.  BAHASA INDONESIA

KOMPETENSI DASAR
2.1. Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4.                Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1.                Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata bakuterhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

Indikator
3.1.1  Mengenal perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia
4.1.1 Menggali informasi dari bacaan tentang perubahan alam yang terjadi
karena kegiatan manusia
4.1.2 Menuliskan bukti pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara pencegahannya

C.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan membaca dan mengamati sebuah gambar kegiatan siswa dapat mengindentifikasi  perubahan lingkungan di sekitarnya secara cermat dan teliti.
2.    Dengan kerja kelompok siswa mampu mencari contoh – contoh pengembunan dalam kehidupan sehari - hari secara demokrasi dan penuh sikap kerjasama.
3.    Dengan melakukan percobaan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan perubahan wujud benda siswa dapat mengamati perubahan yang terjadi dan mencari faktor penyebabnya secara logis dan tepat.
4.    Dengan membaca dan mengamati teks bacaan siswa dapat mencari informasi atau hal – hal penting dari bacaan tentang proses pengembunan secara mandiri cermat, dan teliti.
5.    Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan kosakata baku dan tidak bakuserta menggunakannya dalam kalimat.
6.    Dengan melakukan studi pustaka siswa dapat mencari informasi tentang wabah ulat bulusecara mandiri dan sikap rasa ingin tahu.
7.    Dengan melakukan eksplorasi siswa mengetahui jenis – jenis karakter topeng, asal daerah, jenis bahan, serta teknik pembuatannya dengan kreatif, inovatif, dan mandiri.

D. Materi Pembelajaran

1.  Wujud dan sifat benda serta perubahan wujudnya
2.  Melindungi sumber daya alam dari kerusakan, mengelola sampah dan lingkungan
 3.  Kerajian tradisional ronce, seni kerajinan khas tradisional,

C.    Metode Pembelajaran
1.   Metode          : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi,Penugasan.
2.   Pendekatan  :Saintifik

D.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1.    Media                                    : Buku, Teks bacaan tentang proses pengembunan
2.    Alat/ Bahan              : Gambar “Perubahan Alam”
                                     Gambar mengamati lingkungan di sekitarnya
Gambar penanaman kembali hutan yang gundul
3.    Sumber Belajar        :

·         Buku Guru kls v tema 1
·         Buku Siswa kls v tema 1

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
                                           Diskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam dan mengajak berdo’a
2.      Guru mengecek kehadiran siswa.
3.      Guru mengadakan apersepsi.Tanya jawab pelajaran yang lalu misal : Apakah anak-anak melihat embun pada waktu pagi hari… ?
4.      Guru memberi mutivasi kepada siswa.
5.      Guru menyampaikan yang akan di capai dalam pembelajaran tentang manfaat gerak pemanasan sebelum olah raga ,perubahan wujud dan kerajinan tangan.

10 menit

Kegiatan inti

1.     Siswa diminta untuk mengamati teks percakapan dan gambar embun yang terdapat pada tumbuhan (mengamati)
2.     Guru menstimulus pengetahuan siswa dengan menanyakan dari mana asal embun? Mengapa muncul hanya dipagi hari?(menanya)
3.     Siswa dibagi ke dalam kelompok yang beranggotakan 4 orang.
4.     Setiap kelompok mencari contoh – contoh dalam kehidupan sehari – hari mengenai pengembunan (mencoba,menalar)
5.     Mintalah siswa untuk menuangkan hasil pencariannya ke dalam bentuk tabel yang berisi contoh peristiwa pengembunan, faktor yang mempengaruhi, dan penjelasannya. (mencoba)
6.     Segarkan kembali ingatan siswa tentang perubahan wujud benda.
7.     Untuk memperdalam pemahaman siswa tentang itu mintalah siswa untuk melakukan aktivitas – aktivitas yang berkaitan dengan perubahan wujud benda. (mencoba)
8.     Mintalah siswa untuk mengamati setiap kejadian dalam percobaan tersebut selama proses percobaan berlangsung dan catatlah kejadian tersebut dengan teliti. (Mengamati)
9.     Buatlah laporan percobaan tersebut dan presentasikan di hadapan teman dan gurumu.(mencoba)
10.  Perhatikan aspek keselamatan diri dan orang lain selama percobaan berlangsung.
11.  Siswa membaca dan mencermati teks yang terdapat pada buku siswa dengan seksama.(mengamati)
12.  Guru mengukur pemahaman siswa dengan menanyakan kepada siswa hal – hal penting apa saja yang terdapat di dalam bacaan tersebut. (menanya)
13.  Guru menerangkan apa yang dimaksud dengan kosakata baku dan tidak baku.
14.  Bimbing siswa untuk memahami arti dari kosakata baku/tidak baku tersebut dengan menggunakannya dalam kalimat. (menalar)
15.  Siswa membaca teks bacaan tentang mewabahnya hama ulat bulu. (mengamati)
16.  Mintalah siswa untuk mencari informasi dan data mengenai mewabahnya ulat bulu melalui tulisan, berita, atau laporan. (mencoba)
17.  Buatlah ringkasannya dan presentasikan di hadapan guru dan siswa sekelas.(mengkonfirmasikan)
18.  Siswa diminta untuk mengamati karakter beberapa topeng yang terdapat pada gambar dan menuliskan karakter dari masing – masing topeng tersebut. (mengamati)
19.  Mintalah siswa untuk mencari gambar berbagai jenis topeng dari berbagai daerah di Indonesia melalui Koran, majalah, buku atau internet.(mencoba)
20.  Siswa harus mengenali karakter, jenis bahan, dan teknik pembuatan topeng – topeng tersebut dan menuangkannya ke dalam tabel. (mencoba)
21.  Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari. (mencoba)

190 menit

Penutup

1.        Guru dan siswa melakukan refleksi pada pembelajaran yang telah dilakukan, dengan mengadakan tanya jawab .
2.        Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan dan mencatat hasil pembelajaran pada buku siswa .
3.        Siswa diberi kesempatan bertanya  tentang materi pelajaran yang belum dipahami .
4.        Guru memberi pesan agar kita selalu bersukur terhadap Tuhan Yang maha Esa
5.        Guru memberi salam penutup dan memimpin doa penutup sesuai dengan agama/ kepercayaan masing- masing.

10menit.

F.     Penilaian
1.    Jenis/ Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap                        : Rasa ingin tahu ,percaya diri ,peduli terhadap lingkungan
b.    Penilaian Pengetahuan          : Tes Tertulis
c.    Penilaian Keterampilan           : Unjuk Kerja mencari informasi secara tepat dan akurat
dan menyaksikannya secara baik dan benar
2.    Bentuk Instrumen dan Instrumen
(terlampir)


                Mengetahui
               Kepala Sekolah





           ...................................................
NIP. ...................................
........................... , ............................

              Guru Kelas V





...................................................
NIP. ...................................



Lampiran
Rubrik menentukan koordinat (matematika)

ASPEK
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
PERLU BIMBINGAN
4
3
2
1
Melakukan seluruh prosedur
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan
75% langkah pengerjaan dilakukan.
50% langkah pengerjaan dilakukan
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
Seluruh butir pertanyaan diisi
75% pertanyaan di isi
50% pertanyaan di isi
Sama sekali tidak diisi
Isi  jawaban sesuai pertanyaan.
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
75% jawaban benar sesuaimpertanyaan
50 % jawaban benar sesuai pertanyaan
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
sikap
Percaya diri,mandiri,dan rasa ingin tahu.
Percaya diri,sesekali meminta bantuan guru dan rasa ingin tahu.
Tidak percaya diri,mengandal
kan bimbingan guru .
Menyontek
                                 

Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (koordinat Matematika)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Sesuai prosedur
Jawaban lengkap
Isi sesuai
sikap
























a.  Penilaian Ketrampilan

ASPEK
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
PERLU BIMBINGAN
4
3
2
1
Proses kerja
Sesuai dengan dengan  sebenarnya
Mendekati  dengan sebenarnya
Kurang mendekati sebenarnya
Tidak mendekati sebenarnya.
Hasil  kerja
Sesuai dengan sebenarnya
Mendekati  dengan  sebenarnya
Kurang mendekati sebenarnya
Tidak mendekati sebenarnya.
Penyajian
  Penyampaian hasil diskusi  sangan baik
  Penyampaian hasil diskusi   baik
  Penyampaian hasil diskusi  cukup baik
  Penyampaian hasil diskusi  kurang baik

    Skor maksimal :4

                                Skor perolehan
    Nilai     =                                           X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (ketrampilan)
 No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Proses
Hasil
Penyajian






































Rubrik penilaian  bi .

ASPEK
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
PERLU BIMBINGAN
4
3
2
1
Pengertian banjir dan tanah longsor
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan
75% langkah pengerjaan dilakukan.
50% langkah pengerjaan dilakukan
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan
Penyebab banjir dan tanah longsor
Seluruh butir pertanyaan diisi
75% pertanyaan di isi
50% pertanyaan di isi
Sama sekali tidak diisi
Akibat banjir dan tanh longsor
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
75% jawaban benar sesuaimpertanyaan
50 % jawaban benar sesuai pertanyaan
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
 Cara menanggulangi banjir dan tanah longsor
Percaya diri,mandiri,dan rasa ingin tahu.
Percaya diri,sesekali meminta bantuan guru dan rasa ingin tahu.
Tidak percaya diri,mengandal
kan bimbingan guru .
Menyontek
                                 
Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (penilaian Bhs Indonesia)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengertian
Penyebab
Akibat
penanggulangan












































DOWNLOAD: DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar