Selasa, 18 November 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan : SD
Kelas/ Semester : 5 / 1
Tema : 1. Benda-benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema :1.2. Perubahan Wujud Benda
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)
Pertemuan ke : 4 (empat)
Waktu Pelaksanaan : .............

A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
1.1. Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4. Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manus ia, ke seimb angan ekosistem, ser ta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator
3.1.1. Mengenal salah satu contoh perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan (pencemaran udara).
4.1.1. Menuliskan informasi dan data dari bacaan tentang perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia

MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima ajaran agama yang dianutnya.
2.1: Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
3.2.1 Mengenal operasi pembagian berbagai bentuk pecahan
4.1.1 Melakukan operasi pembagian berbagai bentuk pecahan

PPKn

KOMPETENSI DASAR

1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat

2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila

3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup

4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuh- kan keutuhan nasional.
Indikator

3.6.1 Mengenal cara-cara memenuhi keperluan hidup keluarga

4.6.1 Membuat tabel barang-barang dari daerahnya yang dikirim ke daerah lain

IPS

KOMPETENSI DASAR

1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya

2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik

3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional

4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia

Indikator

3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional

4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan mencermati teks bacaan pada buku siswa dapat mengetahui beberapa

kondisi alam akibat kekurangan air secara logis dan tepat.

2. Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menanyakan hal - hal lebih jauh yang

ingin mereka ketahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi faktor air dengan

penuh rasa keinginan tahunan.

3. Dengan kerja kelompok, siswa dapat mencari lebih jauh informasi yang berkaitan

dengan faktor-faktor yang mempengaruhi faktor air secara demokratis dan peuh

sikap kerja sama.

4. Dengan kerja kelompok, siswa dapat menyajikan informasi-informasi penting melalui

eksibisi kelas secara logis, sistematis, dan komunikatif.

5. Dengan mengerjakan soal latihan matematika siswa dapat memilih prosedur pemecahan

masalah dengan menganalisis hubungan antarsimbol, informasi yang relevan, dan

mengamati pola secara mandiri.


D. MATERI PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia : Mengenal salah satu contoh perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia.

Matematika : Mengenal dan melakukan operasi pembagian berbagai bentuk pecahan

PPKn : Mengenal cara-cara memenuhi keperluan hidup keluarga

IPS : Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya



E. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan : Saintifik

Metode : Diskusi, ceramah, tanya jawab,demonstrasi dan eksperimen

F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1. Media/Alat dan bahan : Buku, teks bacaan tentang informasi teknologi dan komunikasi dan dampaknya terhadap kehidupan manusia

2. Sumber Belajar : Buku tematik kelas 5 tema 1,

Buku tematik kelas 5 tema 1,

G.   Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.    Siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran
2.    Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.    Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan yang berkaitan dengan materi pembelajaran serta mengaitkan dengan kegiatan pembelajaran sebelumnya.
4.    Menginformasikan kemampuan yang harus dicapai siswa
10 menit
Inti
1.    Siswa mangamati gambar yang terdapat pada buku siswa. (Mengamati)
2.    Diskusikan dengan siswa kegiatan apa yang mereka lihat pada gambar tersebut. (mencoba,menalar)
3.    Mintalah siswa untuk menemukan informasi penting dari gambar tersebut yang berkaitan dengan perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu. (mencoba)
4.    Siswa mengisi lembar jawaban yang terdapat pada buku siswa dan menjawabnya dengan benar. (mencoba)
5.    Siswa membaca teks bacaan yang terdapat pada buku siswa. (mengamati)
6.    Siswa mengidentifikasikan perubahan perilaku manusia yang diakibatkan karena adanya penerapan teknologi.(mengamati)
7.     Siswa mengeksplorasi perubahan perilaku manusia karena adanya penerapan teknologi sesuai dengan bidang kehidupannya seperti yang terdapat pada kolom. (menalar)
8.    Siswa mengeksplorasi dengan menjelaskan masa dulu dan sekarang. (menalar)
9.    Siswa membaca dengan cermat teks bacaan tentang keuntungan/Efek Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Kerugian/Efek negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi.(mengamati)

10.             Guru menstimulasi pemahaman siswa dengan menanyakan  informasi penting yang mereka dapatkan pada bacaan tersebut. (menanya)
11.             Guru meminta siswa untuk mencari informasi penting dalam bacaan itu yang berkaitan dengan perubahan perilaku manusia.(mencoba)
12.             Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.(mencoba)
13.             Siswa membaca dan mengamati teks bacaan dengan topik perilaku manusia yang mempengaruhi lingkungan alam. (mengamati)
14.             Guru menstimulus siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang membangkitkan kesadaran siswa terhadap lingkungan seperti: Apakah akibat dari banyaknya asap kendaraan terhadap lingkungan?
15.             Mintalah siswa untuk mencari informasi penting dari bacaan tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada buku siswa (mencoba)
16.             Mintalah siswa untuk mengamati kehidupan keluarganya. (mengamati)
17.             Siswa harus fokus dalam mengamati kebutuhan – kebutuhan anggota keluarga.
18.             Siswa mengisi pada tabel hasil pengamatannya yang meliputi nama kebutuhan dan cara mendapatkannya. (mencoba)
19.             Pada tabel terpisah siswa juga mengamati nama kebutuhan dengan nama daerah asal barang tersebut. (mengamati)
20.             Guru menstimulasi pemahaman siswa tentang pecahan.
21.             Siswa mengerjakan soal cerita yang terdapat pada buku siswa dan menjawabnya dengan benar dan tepat (mencoba)
150 menit
 Penutup

1.         Guru dan siswa melakukan refleksi pada pembelajaran yang telah dilakukan, dengan mengadakan tanya jawab .
2.         Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan dan mencatat hasil pembelajaran pada buku siswa .
3.         Siswa diberi kesempatan bertanya  tentang materi pelajaran yang belum dipahami .
4.         Guru memberi pesan agar kita selalu bersukur terhadap Tuhan Yang maha Esa
5.         Guru memberi salam penutup dan memimpin doa penutup sesuai dengan agama/ kepercayaan masing- masing.

15 menit

H. Penilaian

1. Teknik Penilaian :

a. Penilaian Sikap

b. Penilaian Pengetahuan

c. Penilaian Ketrampilan

2. Bentuk Instrumen Penilaian


................,………. 2014


Mengetahui


Kepala sekolah                                               Guru kelas V



............................................                 ..............................................
NIP.                                                       NIP.


Lampiran

Rubrik Penilaian

a. Rubrik Eksplorasi Perilaku Manusia

Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1

 Pengetahuan
Semua informasi tentang perubahan perilaku manusia karena adanya penerapan teknologi sangat lengkap dan sesuai dengan bidang–bidang kehidupan
Semua informasi
tentang
perubahan
perilaku manusia
karena adanya
penerapan
teknologi
cukup lengkap
dan cukup
sesuai dengan
bidang–bidang
kehidupan
Semua
informasi
tentang
perubahan
perilaku
manusia
karena adanya
penerapan
teknologi
kurang lengkap
dan kurang
sesuai dengan
bidang–bidang
kehidupan
Semua
informasi
tentang
perubahan
perilaku
manusia
karena adanya
penerapan
teknologi
tidak lengkap
dan tidak
sesuai dengan
bidang–bidang
kehidupan




Keterampilan
Siswa sangat
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel
Siswa cukup
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel

Siswa kurang
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabe
Siswa tidak
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel

Kemandirian dan Manajemen Waktu (attitude)
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas bahkan
selesai sebelum
waktunya.

Mandiri
mengerjakan
tugas l dan
selesai tepat
waktu

Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas

Tidak
menyelesaikan
tugas tepat
pada waktunya

Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (diskusi kelompok)
b.     
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
ketrampilan
Kemandirian














b. Rubrik Tabel Pengamatan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1

Pengetahuan
Semua informasi nama-nama kebutuhan sangat lengkap dan sesuai dengan cara mendapatkan serta nama daerah asalnya
Semua informasi
nama-nama
kebutuhan cukup
lengkap dan
cukup sesuai
dengan cara
mendapatkan
serta nama
daerah asalnya
Semua informasi
nama-nama
kebutuhan
kurang
lengkap dan
kurang sesuai
dengan cara
mendapatkan
serta nama
daerah asalnya

Semua informasi
nama-nama
kebutuhan tidak
lengkap dan
tidak sesuai
dengan cara
mendapatkan
serta nama
daerah asalnya
Ketrampilan
Siswa sangat
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel

Siswa cukup
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel

Siswa kurang
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel

Siswa tidak
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel


Kemandirian
dan Manajemen
Waktu
(attitude)
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas bahkan
selesai sebelum
waktunya.


Mandiri
mengerjakan
tugas l dan
selesai tepat
waktu

Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas

Tidak
menyelesaikan
tugas tepat pada
waktunya


Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
      Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (pengamatan)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
ketrampilan
Kemandirian















c. Rubrik Matematika

Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Butuh Bimbingan
4
3
2
1

Pengetahuan
Dalam
menjawab semua
soal siswa sangat
teliti dalam
menganalisis soal
cerita

Dalam
menjawab
semua soal
siswa cukup
teliti dalam
menganalisis
soal cerita
Dalam
menjawab
semua soal
siswa kurang
teliti dalam
menganalisis
soal cerita
Dalam menjawab
semua soal siswa
tidak teliti dalam
menganalisis soal
cerita

Mekanisme
Tidak terdapat
kesalahan dalam
semua hasil
penghitungan
terdapat 1
-2 kesalahan
dalam hasil
penghitungan


terdapat 2 -
3 kesalahan
dalam hasil
penghitungan


Hanya terdapat 1 soal
yang benar dalam
hasil penghitungan



Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)


Sangat mandiri
mengerjakan
tugas bahkan
selesai sebelum
waktunya


Mandiri
mengerjakan
tugas dan
selesai tepat
waktu

Masih perlu
bimbingan
untuk
menyelesaikan
tugas

Tidak dapat
menyelesaikan tugas
dan masih perlu
bimbingan


Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (matematika)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
mekanisme
kemandirian



















 
Nilai akhir = Jumlah skor perolehan X 100%
                                                   15
                                    =……….

Daftar Nilai

No
Nama Siswa
Skor Penilaian
Jumlah Skor
Nilai Akhir (NA)
Jumlah Skor A
Jumlah Skor B
Jumlah Skor C
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15







Refleksi:
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

REMEDIAL
1. Apakah yang dimaksud dengan informasi teknologi dan komunikasi?
2. Apa keuntungan/ effek positif dari teknologi dan komunikasi?
3. Apa kerugian/ effek negatif dari teknologi dan komunikasi?
4. Dalam bidang kehidupan apa sajakah teknologi dapat diterapkan?
5. Apakah dampak teknologi terhadap lingkungan alam?

PENGAYAAN
1. Apa sajakan yang termasuk teknologi dalam berkomunikasi?
2. Jelaskan menurut pendapatmu bahwa teknologi berkomunikasi saat ini merugikan
    masyarakat!
3. Menurutmu, apakah kita dapat menerapkan teknologi di sekolah? Berikan contohnya!
4. Apakah upaya yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi dampak negatif teknologi
    terhadap lingkungan?
5. Buatlah satu soal cerita Matematika yang berkaitan dengan kebutuhan dalam
    keluargamu, gunakan pembagian pecahan!

LAMPIRAN MATERI

DOWNLOAD:
DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar