RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/ Semester : 5 / 1
Tema : 1. Benda-benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema :1.2. Perubahan Wujud Benda
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)
Pertemuan ke : 4 (empat)
Waktu Pelaksanaan : .............
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/ Semester : 5 / 1
Tema : 1. Benda-benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema :1.2. Perubahan Wujud Benda
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)
Pertemuan ke : 4 (empat)
Waktu Pelaksanaan : .............
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR 1.1. Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4. Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manus ia, ke seimb angan ekosistem, ser ta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.1.1. Mengenal salah satu contoh perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan (pencemaran udara).
4.1.1. Menuliskan informasi dan data dari bacaan tentang perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia
MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima ajaran agama yang dianutnya.
2.1: Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
3.2.1 Mengenal operasi pembagian berbagai bentuk pecahan
4.1.1 Melakukan operasi pembagian berbagai bentuk pecahan
PPKn
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuh- kan keutuhan nasional.
Indikator
3.6.1 Mengenal cara-cara memenuhi keperluan hidup keluarga
4.6.1 Membuat tabel barang-barang dari daerahnya yang dikirim ke daerah lain
IPS
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
Indikator
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam konektivitas ruang dan waktu di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mencermati teks bacaan pada buku siswa dapat mengetahui beberapa
kondisi alam akibat kekurangan air secara logis dan tepat.
2. Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menanyakan hal - hal lebih jauh yang
ingin mereka ketahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi faktor air dengan
penuh rasa keinginan tahunan.
3. Dengan kerja kelompok, siswa dapat mencari lebih jauh informasi yang berkaitan
dengan faktor-faktor yang mempengaruhi faktor air secara demokratis dan peuh
sikap kerja sama.
4. Dengan kerja kelompok, siswa dapat menyajikan informasi-informasi penting melalui
eksibisi kelas secara logis, sistematis, dan komunikatif.
5. Dengan mengerjakan soal latihan matematika siswa dapat memilih prosedur pemecahan
masalah dengan menganalisis hubungan antarsimbol, informasi yang relevan, dan
mengamati pola secara mandiri.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia : Mengenal salah satu contoh perubahan alam yang terjadi karena kegiatan manusia.
Matematika : Mengenal dan melakukan operasi pembagian berbagai bentuk pecahan
PPKn : Mengenal cara-cara memenuhi keperluan hidup keluarga
IPS : Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Diskusi, ceramah, tanya jawab,demonstrasi dan eksperimen
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media/Alat dan bahan : Buku, teks bacaan tentang informasi teknologi dan komunikasi dan dampaknya terhadap kehidupan manusia
2. Sumber Belajar : Buku tematik kelas 5 tema 1,
Buku tematik kelas 5 tema 1,
G. Langkah – Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran
siswa.
3. Meminta informasi dari siswa mengenai
kegiatan yang berkaitan dengan materi pembelajaran serta mengaitkan dengan
kegiatan pembelajaran sebelumnya.
4.
Menginformasikan
kemampuan yang harus dicapai siswa
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa mangamati gambar yang terdapat
pada buku siswa. (Mengamati)
2.
Diskusikan dengan siswa kegiatan apa
yang mereka lihat pada gambar tersebut. (mencoba,menalar)
3.
Mintalah siswa untuk menemukan
informasi penting dari gambar tersebut yang berkaitan dengan perubahan
perilaku manusia dari waktu ke waktu. (mencoba)
4.
Siswa mengisi lembar jawaban yang
terdapat pada buku siswa dan menjawabnya dengan benar. (mencoba)
5.
Siswa membaca teks bacaan yang
terdapat pada buku siswa. (mengamati)
6.
Siswa mengidentifikasikan perubahan
perilaku manusia yang diakibatkan karena adanya penerapan teknologi.(mengamati)
7.
Siswa mengeksplorasi perubahan perilaku
manusia karena adanya penerapan teknologi sesuai dengan bidang kehidupannya
seperti yang terdapat pada kolom. (menalar)
8.
Siswa mengeksplorasi dengan
menjelaskan masa dulu dan sekarang. (menalar)
9.
Siswa membaca dengan cermat teks
bacaan tentang keuntungan/Efek Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi dan
Kerugian/Efek negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi.(mengamati)
10.
Guru menstimulasi pemahaman siswa
dengan menanyakan informasi penting
yang mereka dapatkan pada bacaan tersebut. (menanya)
11.
Guru meminta siswa untuk mencari
informasi penting dalam bacaan itu yang berkaitan dengan perubahan perilaku
manusia.(mencoba)
12.
Siswa menjawab beberapa pertanyaan
yang terdapat pada buku siswa.(mencoba)
13.
Siswa membaca dan mengamati teks
bacaan dengan topik perilaku manusia yang mempengaruhi lingkungan alam.
(mengamati)
14.
Guru menstimulus siswa dengan
pertanyaan-pertanyaan yang membangkitkan kesadaran siswa terhadap lingkungan
seperti: Apakah akibat dari banyaknya asap kendaraan terhadap lingkungan?
15.
Mintalah
siswa untuk mencari informasi penting dari bacaan tersebut dan menjawab
beberapa pertanyaan yang terdapat pada buku siswa (mencoba)
16.
Mintalah
siswa untuk mengamati kehidupan keluarganya. (mengamati)
17.
Siswa
harus fokus dalam mengamati kebutuhan – kebutuhan anggota keluarga.
18.
Siswa
mengisi pada tabel hasil pengamatannya yang meliputi nama kebutuhan dan cara
mendapatkannya. (mencoba)
19.
Pada
tabel terpisah siswa juga mengamati nama kebutuhan dengan nama daerah asal
barang tersebut. (mengamati)
20.
Guru
menstimulasi pemahaman siswa tentang pecahan.
21.
Siswa
mengerjakan soal cerita yang terdapat pada buku siswa dan menjawabnya dengan
benar dan tepat (mencoba)
|
150
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
dan siswa melakukan refleksi pada pembelajaran yang telah dilakukan, dengan
mengadakan tanya jawab .
2.
Dengan
bimbingan guru siswa menyimpulkan dan mencatat hasil pembelajaran pada buku
siswa .
3.
Siswa
diberi kesempatan bertanya tentang
materi pelajaran yang belum dipahami .
4.
Guru
memberi pesan agar kita selalu bersukur terhadap Tuhan Yang maha Esa
5.
Guru
memberi salam penutup dan memimpin doa penutup sesuai dengan agama/
kepercayaan masing- masing.
|
15
menit
|
1. Teknik Penilaian :
a. Penilaian Sikap
b. Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Bentuk Instrumen Penilaian
................,………. 2014
Mengetahui
Kepala sekolah Guru kelas V
............................................ ..............................................
NIP. NIP.
Lampiran
Rubrik Penilaian
a. Rubrik Eksplorasi Perilaku Manusia
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
Semua informasi tentang
perubahan perilaku manusia karena adanya penerapan teknologi sangat lengkap
dan sesuai dengan bidang–bidang kehidupan
|
Semua informasi
tentang
perubahan
perilaku manusia
karena adanya
penerapan
teknologi
cukup lengkap
dan cukup
sesuai dengan
bidang–bidang
kehidupan
|
Semua
informasi
tentang
perubahan
perilaku
manusia
karena adanya
penerapan
teknologi
kurang lengkap
dan kurang
sesuai dengan
bidang–bidang
kehidupan
|
Semua
informasi
tentang
perubahan
perilaku
manusia
karena adanya
penerapan
teknologi
tidak lengkap
dan tidak
sesuai dengan
bidang–bidang
kehidupan
|
|
Keterampilan
|
Siswa sangat
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel
|
Siswa cukup
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel
|
Siswa kurang
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabe
|
Siswa tidak
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel
|
|
Kemandirian dan Manajemen
Waktu (attitude)
|
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas bahkan
selesai sebelum
waktunya.
|
Mandiri
mengerjakan
tugas l dan
selesai tepat
waktu
|
Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas
|
Tidak
menyelesaikan
tugas tepat
pada waktunya
|
Skor maksimal :4
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
a.
Format Penilaian Unjuk kerja (diskusi kelompok)
b.
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
ketrampilan
|
Kemandirian
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Rubrik Tabel Pengamatan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Pengetahuan
|
Semua informasi nama-nama
kebutuhan sangat lengkap dan sesuai dengan cara mendapatkan serta nama daerah
asalnya
|
Semua
informasi
nama-nama
kebutuhan
cukup
lengkap
dan
cukup
sesuai
dengan
cara
mendapatkan
serta
nama
daerah
asalnya
|
Semua informasi
nama-nama
kebutuhan
kurang
lengkap dan
kurang sesuai
dengan cara
mendapatkan
serta nama
daerah asalnya
|
Semua
informasi
nama-nama
kebutuhan
tidak
lengkap
dan
tidak
sesuai
dengan
cara
mendapatkan
serta
nama
daerah
asalnya
|
|
Ketrampilan
|
Siswa sangat
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel
|
Siswa cukup
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel
|
Siswa kurang
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel
|
Siswa tidak
terampil dalam
mencari dan
menuliskan
informasi ke
dalam tabel
|
|
|
Sangat
mandiri
mengerjakan
tugas
bahkan
selesai
sebelum
waktunya.
|
Mandiri
mengerjakan
tugas l dan
selesai tepat
waktu
|
Masih perlu
diingatkan
sesekali untuk
menyelesaikan
tugas
|
Tidak
menyelesaikan
tugas tepat pada
waktunya
|
Skor maksimal :4
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
a.
Format Penilaian Unjuk kerja (pengamatan)
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
ketrampilan
|
Kemandirian
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Rubrik Matematika
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Butuh Bimbingan
|
|||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||||||
|
|
Dalam
menjawab
semua soal
siswa cukup
teliti dalam
menganalisis
soal cerita
|
Dalam
menjawab
semua soal
siswa kurang
teliti dalam
menganalisis
soal cerita
|
Dalam menjawab
semua soal siswa
tidak teliti dalam
menganalisis soal
cerita
|
|||||||
|
Tidak terdapat
kesalahan dalam
semua hasil
penghitungan
|
terdapat 1
-2 kesalahan
dalam hasil
penghitungan
|
terdapat 2 -
3 kesalahan
dalam hasil
penghitungan
|
Hanya terdapat 1 soal
yang benar dalam
hasil penghitungan
|
|||||||
|
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas bahkan
selesai sebelum
waktunya
|
Mandiri
mengerjakan
tugas dan
selesai tepat
waktu
|
Masih perlu
bimbingan
untuk
menyelesaikan
tugas
|
Tidak dapat
menyelesaikan tugas
dan masih perlu
bimbingan
|
Skor maksimal :4
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
a.
Format Penilaian Unjuk kerja (matematika)
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
mekanisme
|
kemandirian
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai akhir = Jumlah skor perolehan X 100%
15
=……….
Daftar Nilai
No
|
Nama
Siswa
|
Skor
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
Akhir (NA)
|
||
Jumlah
Skor A
|
Jumlah
Skor B
|
Jumlah
Skor C
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi:
* Hal-hal yang perlu
menjadi perhatian
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu
mendapat perhatian khusus
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang
menjadi catatan keberhasilan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
REMEDIAL
1.
Apakah yang dimaksud dengan informasi teknologi dan komunikasi?
2. Apa
keuntungan/ effek positif dari teknologi dan komunikasi?
3. Apa
kerugian/ effek negatif dari teknologi dan komunikasi?
4.
Dalam bidang kehidupan apa sajakah teknologi dapat diterapkan?
5.
Apakah dampak teknologi terhadap lingkungan alam?
PENGAYAAN
1. Apa
sajakan yang termasuk teknologi dalam berkomunikasi?
2.
Jelaskan menurut pendapatmu bahwa teknologi berkomunikasi saat ini merugikan
masyarakat!
3.
Menurutmu, apakah kita dapat menerapkan teknologi di sekolah? Berikan
contohnya!
4.
Apakah upaya yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi dampak negatif teknologi
terhadap lingkungan?
5.
Buatlah satu soal cerita Matematika yang berkaitan dengan kebutuhan dalam
keluargamu, gunakan pembagian pecahan!
LAMPIRAN MATERI
DOWNLOAD:
DOWNLOAD:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar