Selasa, 18 November 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SatuanPendidikan                : SD............................
Kelas/Semester                    : V/ 1
Tema                                      : 1      Benda-benda di lingkungansekitar
Subtema                                : 1.3   ManusiadanLingkungan
AlokasiWaktu                        : 1 hari (6 x 35 menit)
Pertemuanke                        : 1 (satu)
WaktuPelaksanaan              :  …………


A KOMPETENSI INTI (KI)
1.          Menerima, menjalankandanmenghargaiajaran agama yang dianutnya.
2.          Menunjukkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, guru, dantetangganyasertacintatanah air.
3.          Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.          Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelas, sistematisdanlogis, dankritisdalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yangmencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2           Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupanbangsa dan lingkungan alam
2.4           Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4           Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4           Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
3.4.1 Mengidentifikasiciri-ciripantundansyair
3.4.2 Mengidentifikasipersamaandanperbedaanpantundansyair
4.4.1           Menceritakan ciri-ciri pantun dan syair
4.4.2           Menceritakan persamaan dan perbedaan pantun dan syair

IPA
Kompetensi Dasar
1.1.    Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturandan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya


2.2. Menghargaikerjaindividudankelompokdalamaktivitassehari-harisebagaiwujudimplementasimelaksanakanpenelaahanfenomenaalamsecaramandirimaupunberkelompok
3.4.    Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan  penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7      Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.

Indikator
3.4.1 Mengenalkegiatanmanusia yang memengaruhiperubahanwujudbenda
4.7.1 Menjelaskanfaktor yang memengaruhiperubahanwujudbenda
4.7.2 Menyajikanhasillaporanpengamatantentangkegiatanmanusia yang memengaruhiperubahanwujudbenda

MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1           Menjalankan dan menaati aturan-aturan sesuai ajaran agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari
2.3           Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada Matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
1.2           Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
3.2  Memahami berbagai bentuk pecaha(pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangapecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1           Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

Indikator
3.2.1 Mengenaloperasipengurangandanpenjumlahanduapecahan
4.1.1 Melakukanoperasipengurangandanpenjumlahanduapecahan

C TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Dengan kegiatan menceritakan, siswa dapat mengetahui ciri-ciri pantun dan syairdengan percaya diri
2.       Dengan kegiatan menceritakan siswa dapat mengetahui persamaan dan perbedaan pantun dan syair dengan cermat, teliti, dan percaya diri.
3.       Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasikan ciri-ciri pantun dan syair secara logis dan tepat.
4.       Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasikan perbedan dan persamaan pantun dan syair dengan cermat dan teliti.
5.       Dengan mengamati, siswa dapat memahami konsep pecahan.
6.       Dengan berhitung, siswa dapat menyelesaikan persoalan sederhana tentang pecahan secara mandiri, cermat, dan teliti.


D MATERI PEMBELAJARAN

1.  Wujuddansifatbendasertaperubahanwujudnya
 2.  Melindungisumberdayaalamdarikerusakan, mengelolasampahdanlingkungan
 3.  Kerajiantradisionalronce, senikerajinankhastradisional,

C.         METODE PEMBELAJARAN
1.      Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi,Penugasan.
2.      Pendekatan          : Saintifik                     

D.        MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.       Media/alat                             : Buku, Teks bacaan tentang pantun dan syair, konsep pecahan.
2.       Sumber Belajar    :
·         BukuGurukls v tema 1,
·         BukuSiswakls v tema 1
E.         LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
DiskripsiKegiatan
Alokasiwaktu
Pendahuluan
1.           Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
2.          Melakukankomunikasitentangkehadiransiswa
3.          Menyapa siswa dengan menanyakan kabar mereka
4.          Melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melakukan kegiatan inti antara lain ,menanyakan materi yang lalu.
5.          Memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilakukan
6.          Menyampaikan manfaat pembelajaran
7.          Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan
8.           Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai
9.          Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan siswa baik secara individu maupun kelompok.

10 menit
Kegiataninti
1.        Kegiatan pembelajaran diawali dengan mengamati gambar yangada pada buku siswa. (mengamati)
2.        Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang kegiatan yang terjadi pada gambar tersebut tersebut.(menanya)
3.        Guru mengulang kembali pembelajaran tentang kegiatan  manusia terhadap kondisi geografis suatu daerah.
4.        Siswa diminta memberikan dampak–dampak darikerusakan lingkungan akibat kegiatan manusia.(mencoba)
5.        Guru menulis jawaban siswa di papan tulis.
6.        Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada pada  buku siswa (mencoba)
7.        Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang   sedang dibahas.
8.        Siswa dibagi ke dalam kelompok yang beranggotakan 4 orang.
9.        Setiap kelompok mencari contoh – contoh dalam kehidupan sehari – hari mengenai pengembunan (mencoba,menalar)
10.     Mintalah siswa untuk menuangkan hasil pencariannya ke dalam bentuk tabel yang berisi contoh peristiwa pengembunan, faktor yang mempengaruhi, dan penjelasannya. (mencoba)
11.     Segarkan kembali ingatan siswa tentang perubahan wujud benda.
12.     Untuk memperdalam pemahaman siswa tentang itu mintalah siswa untuk melakukan aktivitas – aktivitas yang berkaitan dengan perubahan wujud benda. (mencoba)
13.     Mintalah siswa untuk mengamati setiap kejadian dalam percobaan tersebut selama proses percobaan berlangsung dan catatlah kejadian tersebut dengan teliti. (Mengamati)
14.     Buatlah laporan percobaan tersebut dan presentasikan di hadapan teman dan gurumu. (mengkomunikasikan)
15.     Perhatikan aspek keselamatan diri dan orang lain selama percobaan berlangsung.
16.     Siswa membaca dan mencermati teks yang terdapat pada buku siswa dengan seksama. (mengamati)
17.     Guru mengukur pemahaman siswa dengan menanyakan kepada siswa hal – hal penting apa saja yang terdapat di dalam bacaan tersebut.(menanya)
18.     Guru menerangkan apa yang dimaksud dengan kosakata baku dan tidak baku.
19.     Bimbing siswa untuk menemukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan tersebut lalu menuliskannya pada tabel kosakata baku dan tidak baku, lalu mencari artinya. (mencoba)
20.     Siswa membaca teks bacaan tentang mewabahnya hama ulat bulu.
21.     Mintalah siswa untuk mencari informasi dan data mengenai mewabahnya ulat bulu melalui tulisan, berita, atau laporan. (mengamati)
22.     Siswa juga dapat mencarinya dari surat kabar, majalah, buku, atau internet. (mencoba)
23.     Buatlah ringkasannya dan presentasikan di hadapan guru dan siswa sekelas.(mencoba)
24.     Guru membahas lebih dalam tentang topeng lebih dalam termasuk mengenai karakter dan cara pembuatannya.
25.     Siswa diminta untuk mengamati karakter beberapa topeng yang terdapat pada gambar dan menuliskan karakter dari masing-masing topeng tersebut. (mengamati)
26.     Mintalah siswa untuk mencari gambar berbagai jenis topeng dari berbagai daerah di Indonesia melalui Koran, majalah, buku atau internet.(mengamati)
27.     Siswa harus mengenali karakter, jenis bahan, dan teknik pembuatan topeng–topeng tersebut dan menuangkannya ke dalam tabel.(menalar)
28.     Siswa terampil dalam menyajikan data hasil pencarian.(mengkomunikasikan)
29.     Siswa antusias dalam mengerjakan tugas dan dapat menyelesaikan tepat waktu.

30.     Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari. (mencoba)

190 menit

Penutup

1.      Melakukan refleksi atau membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar hari ini dengan melibatkan peserta didik.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Melakukan tindak lanjut, menginformasikan pembelajaran berikutnya dan PR
5.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
·       Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·       Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah selesai kegiatan berdoa, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan


10menit.

F.         PENILAIAN
1.        Jenis/ Teknik Penilaian
a.        Penilaian Sikap                            : Rasa ingin tahu ,percaya diri ,peduli terhadap lingkungan
b.       Penilaian Pengetahuan              : Tes Tertulis Pengetahuan tentang bentuk-bentuk perubahan
c.        Penilaian Keterampilan             : Unjuk Kerja mencari informasi secara tepat dan akurat
dan menyaksikannya secara baik dan benar
2.        Bentuk Instrumen dan Instrumen (terlampir)

Mengetahui
KepalaSekolah

...................................................
NIP. ...................................
..........................., ............................ 2014
Guru KelasV


...................................................
NIP. ...................................
a.         Penilaian pengetahuan
Lembar penilaian
Rubrik menentukan koordinat (matematika)

Aspek
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Melakukan seluruh prosedur
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan
75% langkah pengerjaan dilakukan.
50% langkah pengerjaan dilakukan
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
Seluruh butir pertanyaan diisi
75% pertanyaan di isi
50% pertanyaan di isi
Sama sekali tidak diisi
Isi  jawaban sesuai pertanyaan.
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
75% jawaban benar sesuaimpertanyaan
50 % jawaban benar sesuai pertanyaan
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
sikap
Percaya diri,mandiri,dan rasa ingin tahu.
Percaya diri,sesekali meminta bantuan guru dan rasa ingin tahu.
Tidak percaya diri,mengandal
kan bimbingan guru .
Menyontek
                                            


Skor maksimal :4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal

a.       Format Penilaian Unjuk kerja (koordinat)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Jawaban lengkap
Isi sesuai

Sikap

























b.    Penilaian Ketrampilan
ASPEK
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
PERLU BIMBINGAN
4
3
2
1
Proses kerja
Sesuai dengan dengan  sebenarnya
Mendekati  dengan sebenarnya
Kurang mendekati sebenarnya
Tidak mendekati sebenarnya.
Hasil  kerja
Sesuai dengan sebenarnya
Mendekati  dengan  sebenarnya
Kurang mendekati sebenarnya
Tidak mendekati sebenarnya.
Penyajian
Penyampaian hasil diskusi  sangan baik
Penyampaian hasil diskusi   baik
Penyampaian hasil diskusi  cukup baik
Penyampaian hasil diskusi  kurang baik

Skor maksimal :4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal
                       
a.       Format Penilaian Unjuk kerja (ketrampilan)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Prosses
Hasil
Penyajian



















Rubrik Penilaian  BI.
ASPEK
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
PERLU BIMBINGAN
4
3
2
1
Pengertian banjir dan tanah longsor
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan
75% langkah pengerjaan dilakukan.
50% langkah pengerjaan dilakukan
Dikerjakan tanpa memperhatikan prose-dur pengerjaan
Penyebab banjir dan tanah longsor
Seluruh butir pertanyaan diisi
75%pertanyaan di isi
50%pertanyaan di isi
Sama sekali tidak diisi
Akibat banjir dan tanh longsor
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
75% jawaban benar sesuaipertanyaan
50 % jawaban benar sesuai pertanyaan
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.
Cara menanggulangi banjir dan tanah longsor
Percaya diri,mandiri,dan rasa ingin tahu.
Percaya diri,sesekali meminta ban-tuan guru dan rasa ingin tahu.
Tidak percaya diri,mengandal
kan bimbingan guru .
Menyontek
                                            
Skor maksimal :4
                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                           X  100
                                        Skor Maksimal

a.       Format Penilaian Unjuk kerja (bhs. Indonesia)
b.        
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengertian
Penyebab
Akibat

Cara penanggulangan























 DOWNLOAD:
DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar