Selasa, 18 November 2014

RPP KELAS 5 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 5



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

            Satuan Pendidikan : SDN .......................                        
            Kelas /  Smt               :V/I                                                                 
            Tema                          :1. Benda-benda di lingkungansekitar
            Sub Tema                  :  1.2  PerubahanWujud                            
            Alokasi Waktu          : 1 Hari (6x35 menit)
            Pertemuanke                        :  5 (lima)
            WaktuPelaksanaan : …………


A.     KOMPETENSI INTI ( KI )
KI.1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI.3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan bendabenda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI.4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam

B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
SBDP
KOMPETENSIDASAR

1.1.  Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerahTuhan
2.2.  Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.4. Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.4. Membuat topeng dari berbagai media dengan menerapkan proporsi dan keseimbangan
Indikator
3.4.1 Mengenal bahan yang sesuai, untuk membuat topeng
4.4.1Bahan yang sesuai untuk membuat topeng

IPA
KOMPETENSIDASAR
1.1.Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secaraman diri maupun berkelompok
3.4.   Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7. Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
Indikator
3.4.1. Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia
4.7.1. Menjelaskan perubahan wujud benda yang terjadi karena pengaruh kegiatan manusia
4.7.2. Menyajikan hasil laporan analisis gambar dan bacaan tentang kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda



BAHASA INDONESIA
KOMPETENSIDASAR

1.1 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4. Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1.Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator

4.1.1     Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan.
4.1.1 Menyimak dan menganalisis bacaan tentang pengaruh kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi alam serta cara

CTUJUAN PEMBELAJARAN.
1.    Dengan mencari tahu bahan-bahan lain dalam pembuatan topeng, siswa dapatmengenal lebihjauh bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan topeng.
2.    Dengan memahami perubahan wujud pada benda, siswa mampu mengidentifikasi perubahan-perubahan wujud pada benda lainnya di sekitar mereka serta penjelasan terjadi perubahan tersebut.
3.    Dengan menyimak bacaan tentang pemanasan global, siswa dapat menemukan hal-hal yang penting mereka ketahui serta mencari cara mencegah pemanasan global lebih lanjut
D MATERI PEMBELAJARAN
1.    Membuattopeng
2.    Perubahan wujud pada benda
3.    Menyimakdanmenganalisisbacaan

DMETODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.    Metode              :Ceramah, Tanya jawab.Percobaan ,Diskusi
2.    Pendekatan     : Saintifik
E. MEDIA,ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

1. Media danAlat      : teks bacaan tentang perubahan wujud benda, kertas bekas
2. SumberBelajar     : Bukuguru  klsv,tema 1,hal………..
                                    Bukusiswakls v tema 1 hal……….



G.LANGKAH –LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN.
NO
Kegiatan
Diskripsi  Kegiatan
Alokasi
Waktu
1
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.      Menyapa siswa dengan menanyakan kabar mereka
4.      Melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melakukan kegiatan inti antara lain ,mengulang materi pelajaran yang lalu.
5.      Memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilakukan
6.      Menyampaikan manfaat pembelajaran
7.      Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan
8.      Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai
9.      Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan siswa baik secara individu maupun kelompok.
10 menit

2

Kegiatan inti

1.     Siswa membaca dan menelaah teks bacaan tentang perubahan kimia dengan seksama. (mengamati)
2.     Guru membahas kembali tentang perubahan kimia seperti yang terjadi dalam teks bacaan.
3.     Mintalah siswa untuk mencari peristiwa-peritiwa
4.     disekitarnya yang menunjukkan perubahan wujud benda yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia. (mencoba)
5.     Guru membacakan teks bacaan tentang perubahanwujud benda pada kendaraan bermotor. (mengamati)
6.     Siswa menyimak bacaan tersebut dan menuliskannya pada kolom pertama. (mengamati)
7.     Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat pada kolom kedua. (mencoba)
8.     Siswa mengadakan percobaan kemudian  menuliskan contoh perubahan wujud benda berikut dengan penjelasannya.(mencoba, menalar)
9.     Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok (mengkomonikasikan)

190 menit

Penutup
10.   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
11.   Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
12.   Menyapa siswa dengan menanyakan kabar mereka
13.   Melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melakukan kegiatan inti antara lain ,mengulang materi pelajaran yang lalu.
14.   Memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilakukan
15.   Menyampaikan manfaat pembelajaran
16.   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan
17.   Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai
18.   Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan siswa baik secara individu maupun kelompok.
10 menit

H.  PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap             : Kecermatan, Ketelitihan, Kemandirian
b.    Penilaian Pengetahuan           : Tes tertulis
c.    Penilaian Keterampilan            : Unjuk kerja
2.    Bentuk Instrumen Penilaian(terlampir)

Mengetahui                                                
Kepala Sekolah SDN


................................
NIP.
            .....................,
            Guru Kelas  V


            ..................................
            NIP.

 


Lampiran


a.    Rubrik Menulis Informasi

Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang materi dari bacaan
• Keterampilan dalam menuliskan kembali materi bacaan sesuai dengan pemahamannya
• Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Butuh Bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswamenunjukanpemahaman materi dalam menuliskan kembali informasi yang dibacakan guru
Siswa cukup menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskan kembali informasi yang dibacakan guru
Siswa kurang menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskan kembali informasi yang dibacakan guru
Siswa tidak menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskan kembali informasi yang dibacakan guru
Siswa mampu memberikan pendapatnya dengan benar dan masuk diakal
Siswa cukup mampumemberikan pendapatnya dengan benar dan masuk diakal
Siswa kurang mampu memberikan pendapatnya dengan benar dan cukup masuk diakal
Siswa tidak mampu memberikan pendapatnya dengan benar dan tidak masuk diakal
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya
Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
Keterampilan
Siswa mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada jawaban
Siswa cukup mampu memberikan contoh  yg relevan pada jawaban
Siswa kurang mampu memberikan contoh  yang relevan pada jawaban
Siswa k tidak mampu memberikan contoh pd jawaban dan kurang relevan

Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (menulis informasi)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
kemandirian
Ketrampilan





















b. Rubrik Tabel Eksplorasi

Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang contoh-contoh perubahan wujud benda
• Keterampilan dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabel
• Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian

Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
Pengetahuan
Semua informasi tentang contoh–contoh perubahan wujud benda sangat lengkap disertai dengan penjelasan yang sangat detil
Informasi tentang contoh–contoh perubahan wujud benda cukup lengkap disertai dengan penjelasan yang cukup detil
Informasi tentang contoh–contoh perubahan wujud benda kurang lengkap disertai dengan beberapa penjelasan yang kurang detil
Informasi tentang contoh-contoh perubahan wujud benda tidak lengkap disertai dengan penjelasan yang tidak detil
Keterampilan
Siswa sangat terampil dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabel
Siswa cukup terampil dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabel
Siswa kurang terampil dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabel
Siswa tidak terampil dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabel
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya

Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (tabel eksplorasi)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Ketrampilan
kemandirian




















c. Rubrik Mencari Bahan–bahan Topeng
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan tentang material yang dapat digunakan sebagai bahan membuat topeng.
• Keterampilan mencari dan memilih bahan untuk membuat topeng
• Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas



Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa sangat mampu mengidentifikasi meterial yang dapat dijadikan bahan pembuatan topeng
Siswa cukup mampu mengidentifikasi meterial yang dapat dijadikan bahan pembuatan topeng
Siswa kurang mampu mengidentifikasi meterial yang dapat dijadikan bahan pembuatan topeng
Siswa tidak mampu mengidentifikasi meterial yang dapat dijadikan bahan pembuatan topeng
Keterampilan
Siswa sangat terampil dalam mencari dan memilih bahan–bahan pembuatan topeng
Siswa cukup terampil dalam mencari dan memilih bahan–bahan pembuatan topeng
Siswa kurang terampil dalam mencari dan memilih bahan–bahan pembuatan topeng
Siswa tidak terampil dalam mencari dan memilih bahan–bahan pembuatan topeng
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya.
Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya



Skor maksimal :4
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

a.    Format Penilaian Unjuk kerja (mencari bahan topeng)
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Nilai
Pengetahuan
Ketrampilan
kemandirian






















Latihan

1 Sebutkan bahan – bahan utama dalam membuat topeng!
2.Mengapa bak sampah dari besi bisa keropos?
3.Apa Perubahan Kimia itu ?.
4. Perubahan apakah yang terjadi pada peristiwa pembakaran sampah?
5. Peristiwa apa sajakah yang menyebabkan keseimbangan alam terganggu?

Jawab :
  1.Kertas dan kayu
   2.karena besi kena air berkarat
3. peristiwa perubahan pada benda (zat) yang menghasilkan zat baru yang berbeda dengan sifat asalnya.
4.Perubahanwujut benda
5. Polusi udara,Pembakaran Hutan,Penambangan pasir.

PENGAYAAN
1. Apakah bahan–bahan utama dalam pembuatan topeng yang sudah kamu pelajari, menurutmu adakah bahan–bahan lain yang dapat digunakan dalam pembuatan topeng? Sebutkan contohnya!
2. Cobalah cari tahu perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi di dapur sewaktu ibumu memasak! Pada kegiatan apa sajakah?
3. Menurutmu apakah yang sebaiknya dilakukan agar keseimbangan alam tidak terganggu
4. Selain kerusakan pada lapisan ozon, kerusakan apa sajakah yang juga menggangu keseimbangan alam?
5. Apakah hubungannya melestarikan hutan dengan keseimbangan alam? Jelaskan!

DOWNLOAD:
DOWNLOAD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar