RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN .......................
Kelas /
Smt :V/I
Tema :1. Benda-benda di
lingkungansekitar
Sub Tema : 1.2 PerubahanWujud
Alokasi Waktu : 1 Hari (6x35 menit)
Pertemuanke : 5 (lima)
WaktuPelaksanaan : …………
A.
KOMPETENSI INTI ( KI )
KI.1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
KI.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI.3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan bendabenda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
KI.4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
SBDP
KOMPETENSIDASAR
1.1. Menerima kekayaan dan keragaman
karya seni daerah sebagai anugerahTuhan
2.2. Menghargai alam dan lingkungan
sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.4. Memahami prosedur dan langkah kerja
dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.4. Membuat topeng dari berbagai media dengan
menerapkan proporsi dan keseimbangan
Indikator
3.4.1 Mengenal bahan yang sesuai, untuk membuat topeng
4.4.1Bahan yang sesuai untuk membuat topeng
IPA
KOMPETENSIDASAR
1.1.Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secaraman
diri maupun berkelompok
3.4. Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam,
dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7. Menyajikan hasil laporan tentang
permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta
memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi.
Indikator
3.4.1. Mengenal perubahan wujud benda yang terjadi
karena kegiatan manusia
4.7.1. Menjelaskan perubahan wujud benda yang terjadi
karena pengaruh kegiatan manusia
4.7.2. Menyajikan hasil laporan analisis gambar dan bacaan tentang
kegiatan manusia yang memengaruhi perubahan wujud benda
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSIDASAR
1.1
Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa
dan lingkungan alam
2.4.
Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana
alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1.Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan
rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan
pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang
makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta
alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
4.1.1
Mengenal perubahan wujud benda
yang terjadi karena kegiatan manusia melalui bacaan.
4.1.1 Menyimak dan menganalisis bacaan tentang pengaruh kegiatan manusia
yang dapat mempengaruhi alam serta cara
CTUJUAN
PEMBELAJARAN.
1. Dengan mencari tahu bahan-bahan lain dalam
pembuatan topeng, siswa dapatmengenal lebihjauh bahan-bahan yang diperlukan
dalam pembuatan topeng.
2. Dengan memahami perubahan wujud pada
benda, siswa mampu mengidentifikasi perubahan-perubahan wujud pada benda
lainnya di sekitar mereka serta penjelasan terjadi perubahan tersebut.
3. Dengan menyimak bacaan tentang pemanasan
global, siswa dapat menemukan hal-hal yang penting mereka ketahui serta mencari
cara mencegah pemanasan global lebih lanjut
D MATERI PEMBELAJARAN
1.
Membuattopeng
2.
Perubahan wujud pada
benda
3. Menyimakdanmenganalisisbacaan
DMETODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1. Metode :Ceramah, Tanya jawab.Percobaan ,Diskusi
2. Pendekatan : Saintifik
E. MEDIA,ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1. Media danAlat : teks bacaan tentang perubahan wujud benda, kertas bekas
2. SumberBelajar : Bukuguru
klsv,tema 1,hal………..
Bukusiswakls
v tema 1 hal……….
G.LANGKAH –LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN.
NO
|
Kegiatan
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Menyapa
siswa dengan menanyakan kabar mereka
4. Melakukan
apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melakukan kegiatan inti antara lain
,mengulang materi pelajaran yang lalu.
5. Memotivasi
siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilakukan
6. Menyampaikan
manfaat pembelajaran
7. Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan
8. Guru
menyampaikan tujuan yang akan dicapai
9. Guru
menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan siswa baik secara individu
maupun kelompok.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
|
1.
Siswa membaca dan
menelaah teks bacaan tentang perubahan kimia dengan seksama. (mengamati)
2.
Guru membahas kembali
tentang perubahan kimia seperti yang terjadi dalam teks bacaan.
3.
Mintalah siswa untuk
mencari peristiwa-peritiwa
4.
disekitarnya
yang menunjukkan perubahan wujud benda yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia.
(mencoba)
5.
Guru membacakan teks bacaan tentang perubahanwujud
benda pada kendaraan bermotor. (mengamati)
6. Siswa
menyimak bacaan tersebut dan menuliskannya pada kolom pertama. (mengamati)
7. Siswa
kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat pada kolom kedua. (mencoba)
8. Siswa
mengadakan percobaan kemudian menuliskan contoh perubahan wujud benda
berikut dengan penjelasannya.(mencoba, menalar)
9. Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompok (mengkomonikasikan)
|
190 menit
|
|
Penutup
|
10. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
11. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
12. Menyapa
siswa dengan menanyakan kabar mereka
13. Melakukan
apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melakukan kegiatan inti antara lain
,mengulang materi pelajaran yang lalu.
14. Memotivasi
siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilakukan
15. Menyampaikan
manfaat pembelajaran
16. Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan
17. Guru
menyampaikan tujuan yang akan dicapai
18. Guru
menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan siswa baik secara individu
maupun kelompok.
|
10 menit
|
H. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap : Kecermatan, Ketelitihan, Kemandirian
b. Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian(terlampir)
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN
................................
NIP.
|
.....................,
Guru Kelas V
..................................
NIP.
|
|
|
Lampiran
a. Rubrik Menulis
Informasi
Kompetensi yang
dinilai:
• Pengetahuan
tentang materi dari bacaan
• Keterampilan dalam
menuliskan kembali materi bacaan sesuai dengan pemahamannya
• Kecermatan,
ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Butuh Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswamenunjukanpemahaman materi dalam menuliskan kembali
informasi yang dibacakan guru
|
Siswa cukup menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskan
kembali informasi yang dibacakan guru
|
Siswa kurang menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskan
kembali informasi yang dibacakan guru
|
Siswa tidak menunjukkan pemahaman materi dalam menuliskan
kembali informasi yang dibacakan guru
|
Siswa mampu memberikan pendapatnya dengan benar dan masuk diakal
|
Siswa cukup mampumemberikan pendapatnya dengan benar dan masuk
diakal
|
Siswa kurang mampu memberikan pendapatnya dengan benar dan cukup
masuk diakal
|
Siswa tidak mampu memberikan pendapatnya dengan benar dan tidak
masuk diakal
|
|
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)
|
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya
|
Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
|
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
|
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
|
Keterampilan
|
Siswa mampu memberikan contoh - contoh yang relevan pada jawaban
|
Siswa cukup mampu memberikan contoh yg relevan pada jawaban
|
Siswa kurang mampu memberikan contoh yang relevan pada jawaban
|
Siswa k tidak mampu memberikan contoh pd jawaban dan kurang
relevan
|
Skor maksimal :4
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
a.
Format Penilaian Unjuk kerja (menulis
informasi)
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
kemandirian
|
Ketrampilan
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Rubrik Tabel Eksplorasi
Kompetensi
yang dinilai:
•
Pengetahuan tentang contoh-contoh perubahan wujud benda
•
Keterampilan dalam mencari dan menuliskan informasi ke dalam tabel
•
Kecermatan, ketelitian, dan kemandirian
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Semua informasi tentang contoh–contoh perubahan wujud benda
sangat lengkap disertai dengan penjelasan yang sangat detil
|
Informasi tentang contoh–contoh perubahan wujud benda cukup
lengkap disertai dengan penjelasan yang cukup detil
|
Informasi tentang contoh–contoh perubahan wujud benda kurang
lengkap disertai dengan beberapa penjelasan yang kurang detil
|
Informasi tentang contoh-contoh perubahan wujud benda tidak
lengkap disertai dengan penjelasan yang tidak detil
|
Keterampilan
|
Siswa sangat terampil dalam mencari dan menuliskan informasi ke
dalam tabel
|
Siswa cukup terampil dalam mencari dan menuliskan informasi ke
dalam tabel
|
Siswa kurang terampil dalam mencari dan menuliskan informasi ke
dalam tabel
|
Siswa tidak terampil dalam mencari dan menuliskan informasi ke
dalam tabel
|
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)
|
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum
waktunya.
|
Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
|
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
|
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
|
Skor maksimal :4
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
a.
Format Penilaian Unjuk kerja (tabel
eksplorasi)
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Ketrampilan
|
kemandirian
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Rubrik Mencari Bahan–bahan Topeng
Kompetensi yang
dinilai:
• Pengetahuan
tentang material yang dapat digunakan sebagai bahan membuat topeng.
• Keterampilan
mencari dan memilih bahan untuk membuat topeng
• Kecermatan,
ketelitian, dan kemandirian dalam mengerjakan tugas
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa sangat mampu mengidentifikasi meterial yang dapat
dijadikan bahan pembuatan topeng
|
Siswa cukup mampu mengidentifikasi meterial yang dapat dijadikan
bahan pembuatan topeng
|
Siswa kurang mampu mengidentifikasi meterial yang dapat
dijadikan bahan pembuatan topeng
|
Siswa tidak mampu mengidentifikasi meterial yang dapat dijadikan
bahan pembuatan topeng
|
Keterampilan
|
Siswa sangat terampil dalam mencari dan memilih bahan–bahan
pembuatan topeng
|
Siswa cukup terampil dalam mencari dan memilih bahan–bahan
pembuatan topeng
|
Siswa kurang terampil dalam mencari dan memilih bahan–bahan
pembuatan topeng
|
Siswa tidak terampil dalam mencari dan memilih bahan–bahan
pembuatan topeng
|
Kemandirian dan Manajemen Waktu
(attitude)
|
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum
waktunya.
|
Mandiri mengerjakan tugas l dan selesai tepat waktu
|
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
|
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya
|
Skor maksimal :4
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
a.
Format Penilaian Unjuk kerja (mencari
bahan topeng)
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Ketrampilan
|
kemandirian
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Latihan
1 Sebutkan bahan – bahan
utama dalam membuat topeng!
2.Mengapa bak
sampah dari besi bisa keropos?
3.Apa Perubahan
Kimia itu ?.
4. Perubahan apakah yang terjadi pada peristiwa
pembakaran sampah?
5. Peristiwa apa sajakah yang menyebabkan keseimbangan
alam terganggu?
Jawab :
1.Kertas dan kayu
2.karena besi kena air berkarat
3. peristiwa
perubahan pada benda (zat) yang menghasilkan zat baru yang berbeda dengan sifat
asalnya.
4.Perubahanwujut
benda
5. Polusi
udara,Pembakaran Hutan,Penambangan pasir.
PENGAYAAN
1. Apakah bahan–bahan utama dalam pembuatan topeng yang
sudah kamu pelajari, menurutmu adakah bahan–bahan lain yang dapat digunakan
dalam pembuatan topeng? Sebutkan contohnya!
2. Cobalah cari tahu
perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi di dapur sewaktu ibumu
memasak! Pada kegiatan apa sajakah?
3. Menurutmu apakah yang
sebaiknya dilakukan agar keseimbangan alam tidak terganggu
4. Selain kerusakan pada lapisan ozon,
kerusakan apa sajakah yang juga menggangu keseimbangan alam?
5. Apakah hubungannya melestarikan hutan
dengan keseimbangan alam? Jelaskan!
DOWNLOAD:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar